IOT

Mau Tahu Tujuh Teknologi IoT Terpopuler pada Tahun 2021?

Written by Techfor Id

Internet of Things (IoT )telah menjadi Buzzword yang sering diucapkan para pengguna Internet di Indonesia akhir-akhir ini. IoT mempunyai pengertian internet telah berintegrasi ke komputer, ponsel, dan peralatan elektronik lainnya.

Berikut techforID rangkumkan tujuh teknologi IoT terpopuler pada tahun 2021. Apa saja?

  1. Sensor IoT

Sensor IoT merupakan komponen yang terdiri dari sensor manual atau digital yang terhubung ke papan sirkuit seperti misalnya Arduino Uno atau Raspberry Pi 2.

https://www.circuitbasics.com/wp-content/uploads/2016/03/Raspberry-Pi-I2C-LCD-Set-Up-and-Programming-DHT11-I2C-LCD-Output.jpg
Contoh Sensor IoT yang dihubungkan ke Raspberry Pi 2. Foto : circuitbasics

Papan Sirkuit tersebut bisa di program untuk mengukur berbagai data yang dikumpulkan dari perangkat sensor seperti karbon monoksida, suhu, kelembapan, tekanan, getaran, dan gerakan.

Pembeda sensor IoT dengan yang lainnya adalah tak hanya bisa mengumpulkan data di lingkungan fisik yang berbeda, tetapi juga mengirim data ke perangkat yang terhubung.

Sensor IoT memungkinkan kontrol data tanpa batas melalui otomatisasi yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Mereka bisa dipakai oleh berbagai jenis bisnis untuk pemeliharaan prediktif, peningkatan efisiensi, dan pengurangan biaya.

  1. Data Analytics IoT

Pada tahun 2021, semakin banyak bisnis yang menggunakan analisis data berbasis IoT untuk menentukan trend dan pola pasar dengan cara menganalisa data besar dan kecil.

Data analytics IoT bisa dipakai untuk menganalisis data terstruktur, non-terstruktur, dan semi terstruktur untuk mengestrak insight yang berbeda.

https://iot.electronicsforu.com/wp-content/uploads/2020/11/1-800x452.jpg
Contoh implementasi IoT pada bidang analisis data. Foto : electronicsforu

IoT dapat diterapkan pada analitik data untuk menyelidiki berbagai jenis data termasuk kumpulan data gerak, data geografis, dan data perawatan kesehatan dan yang lainnya. 

Baca juga: Permulus Jaringan Komunikasi 5G dan IoT, Nokia Perkenalkan Integrated SIM (iSIM)

IoT dapat digunakan oleh bisnis untuk analisis prediktif dan deskriptif untuk meningkatkan pengetahuan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan nilai bisnis.

  1. Tracking dan Sistem Monitoring
https://miro.medium.com/max/1600/0*uU_YQkHoaO2ijThg.jpg
Foto : medium

Banyak bisnis menggunakan sistem IoT untuk pelacakan aset. Perangkat pelacakan aset IoT menggunakan GPS atau frekuensi radio (RF) untuk melacak dan memantau properti. 

Seringkali device tersebut juga dipakai untuk memantau jalur pengiriman barang medis selama pandemi. Perangkat pintar ini juga dapat digunakan untuk identifikasi jangka panjang dan verifikasi aset.

  1. Pabrik Terhubung (Connected Factory)

Bisnis juga dapat menggunakan solusi pabrik yang terhubung dengan IoT seperti Azure IoT untuk pengelolaan perangkat IoT industri. Perangkat lunak cloud yang terhubung dapat diisi dengan sumber daya berbeda yang memungkinkan kontrol berbagai perangkat.

https://www.softwaretestinghelp.com/wp-content/qa/uploads/2019/04/IoT-Connected-Factory1.png
Foto : Microsoft

Solusi pabrik yang terhubung dapat melaporkan data metrik utama termasuk efisiensi peralatan dan data telemetri.

Suatu data bisa dikumpulkan dari aset yang terletak di lokasi geografis yang berbeda dan dapat menggunakan solusi pabrik untuk menghubungkan, memantau, dan mengontrol perangkat industri jarak jauh.

  1. Manajemen Rantai Supplai

Manajer rantai pasokan dapat membuat prediksi yang lebih baik melalui perutean cerdas dan algoritme perutean ulang. 

Perangkat IoT pintar yang terhubung ke paket dapat memberikan fakta instan setelah kejadian melalui sinyal GPS dan RFID yang dapat membantu membuat keputusan rantai pasokan yang terinformasi.

https://www.softwaretestinghelp.com/wp-content/qa/uploads/2019/04/Smart-Supply-Chain-Management.jpg
Foto : softwaretestinghelp

Aplikasi IoT dapat membantu mengurangi risiko ketidakpastian dalam manajemen rantai pasokan. 

Manajer rantai pasokan dapat menggunakan program manajemen rantai pasokan yang cerdas untuk meminimalkan varians, mengurangi biaya, dan meningkatkan profitabilitas.

Program-program tersebut dapat membantu dalam manajemen inventaris, hubungan vendor, manajemen armada, dan pemeliharaan terjadwal. 

  1. Barcode Reader

Pembaca kode batang atau barcode berbasis IoT dapat membantu dalam manajemen inventaris yang lebih baik untuk pengecer. Pembaca mendukung pemrosesan sinyal digital berbasis AI. 

Perangkat ini dapat mengoptimalkan operasi banyak sektor termasuk ritel, logistik, gudang, dan banyak lagi.

https://community.onion.io/assets/uploads/files/1533036508782-20180731_1306132-resized.jpg

Foto : Onion.io

Barcode Reader berbasis IoT menampilkan koneksi data cloud untuk terhubung dengan sistem lain. Menggunakan pembaca kode batang yang terhubung akan memudahkan proses pengelolaan inventaris.

  1. Smart Grid

Smart Grid atau Jaringan pintar adalah aplikasi industri IoT lainnya. Jaringan jenis ini memungkinkan pemantauan data secara real-time mengenai pasokan dan permintaan listrik. Ia melibatkan penerapan kecerdasan komputer untuk pengelolaan sumber daya yang efisien.

https://www.softwaretestinghelp.com/wp-content/qa/uploads/2019/04/Smart-Grids.jpg

Foto : softwaretestinghelp

Perusahaan utilitas dapat menggunakan teknologi jaringan pintar IoT untuk manajemen pemadaman yang lebih efisien. Mereka dapat menggunakan teknologi untuk mengidentifikasi distribusi beban dan meningkatkan keandalan. Teknologi ini juga dapat membantu dalam deteksi kesalahan dan perbaikan.

Dengan jaringan pintar, utilitas dapat menghubungkan semua aset mereka termasuk meter dan gardu induk. 

Menerapkan teknologi IoT ke ekosistem jaringan memungkinkan perusahaan utilitas untuk melakukan kontrol yang lebih besar atas infrastruktur dan sumber daya listrik. Selain itu, mereka memungkinkan konsumen dengan akses kualitas energi yang lebih baik.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu