Mengenal Teknologi Quantum Computer Dan Fungsinya

0

Apa itu Quantum Computer ?

Quantum Computer adalah wujud perhitungan komputer yang menggunakan Qubit (Bit pada komputer normal) untuk menyelesaikan komputasi atau perhitungan kompleks yang tadinya butuh waktu ribuan tahun untuk diselesaikan menjadi hitungan detik saja.

Perusahaan besar seperti Google, IBM, Microsoft, dan Airbus melakukan investasi besar-besaran dalam teknologi ini. Mulai dari menemukan obat untuk penyakit langka, desain pesawat tempur, hingga prakiraan pasar.

Walau memiliki tingkat ketertarikan yang tertinggi, kelangsungan proyek Quantum masih dibilang belum mengalami perkembanganyang besar.

Bagaimana Cara Kerja Quantum Computer ?

Pada komputer normal, ia menggunakan Bits (0 dan 10) untuk memproses data.  Jadi misalnya 4 bits dalam satu baris, maka bisa digambarkan seperti berikut :

Namun beda dengan komputer kuantum, ia menggunakan Qubits (0 dan 1 disaat yang bersamaan). Kalau semisal Bits hanya dilambangkan dengan 0 dan 1 secara terpisah, pada Qubits bisa mewakili keduanya secara bersamaan. Jadi 0 = 1 = 0.

Sekilas memang terlihat membingungkan, namun sebenarnya mudah. Misalnya anggap saja saat ini kamu ingin meretas password akun temanmu yang sama persis seperti daftar bits diatas.

Jika dilakukan pada komputer biasa, kamu harus memasukan semuanya satu persatu hingga menemukan mana kombinasi password yang benar.

Sedangkan pada komputer Quantum yang menggunakan Qubits (0 dan 1 disaat yang sama), kamu hanya perlu menyisipkan 4 digit saja dan secara otomatis komputer akan mencari mana kombinasi yang tepat.

Akan tetapi nantinya hasilnya bisa berarti salah dan benar, karena pada komputasi Quantum menampilkan baik yang jawaban yang benar dan salahnya. Untuk menyingkirkan jawaban yang salah, digunakanlah  tehnik Grover Operator.

Grover Operator

Grover Operator adalah Algoritma pada komputer Quantum yang digunakan untuk menyingkirkan hasil komputasi yang salah dan hanya meninggalkan yang benar saja.

Inilah yang menjadi kelebihan komputer kuantum. Ketimbang mencoba semua kemungkinan password yang tersedia satu persatu, komputer kuantum mencoba semuanya sekaligus dan mencari mana yang benar.

Alhasil, perhitungan yang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencari jawabannya, dengan Quantum hanya butuh waktu yang singkat.

Potensi Quantum Computer Bagi Dunia

Apabila komputer kuantum berhasil dikembangkan lebih jauh lagi, jelas teknologi saat ini akan sangat terbantu dalam mencari solusi masalah untuk suatu industri.

Misalnya saja untuk perusahaan Medis, dengan komputer kuantum mereka bisa mempercepat proses penemuan obat baru untuk beberapa penyakit langka, strategi perdangangan baru,  Optimasi jalur transportasi perusahaan-perusahaan logistik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menurut data tractica, walau pasar Kuantum masih terbilang baru, diramalkan total pendapatan pasar akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan, naik dari USD$ 39,2 juta pada 2017 menjadi USD$ 2,2 miliar per tahun pada 2025.

Firma Intelejen pasar  memproyeksikan bahwa Amerika Utara akan menjadi wilayah terkemuka untuk adopsi sistem komputasi kuantum dengan pendapatan $ 718,3 juta pada tahun 2025, diikuti oleh Eropa ($ 695,8 juta) dan Asia Pasifik ($ 650,9 juta).

Sumber : https://tractica.omdia.com/newsroom/press-releases/enterprise-quantum-computing-market-to-reach-2-2-billion-by-2025/

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply