Penerapan Blockchain di Indonesia

6

Perlu kamu ketahui, blockchain telah memberikan beragam manfaat bagi setiap proses bisnis. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang begitu desentralisasi mampu untuk memperluas beragam akses keuangan yang ada. Sehingga hal tersebut dapat menghadirkan efisiensi karena tidak adanya batas terhadap tempat dan juga waktu pada setiap operasinya.

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan untuk adanya sebuah solusi keuangan dengan menggunakan biaya-biaya yang jauh lebih murah jika penggunaan pada sektor konvensional. Tentunya hal tersebut dengan tetap berpacu pada keamanan transaksi yang sudah digunakan.

Teknologi ini juga menggunakan mata uang crypt yang disusun dari algoritma-algoritma yang sangat rumit atau terenkripsi yang kemudian juga tervalidasi oleh jaringan yang membuat sebuah blockhain bernilai sangat aman.

Tentunya dengan keunggulan yang ada itu maka besar harapannya pada bisnis perbankan yang akan benar-benar menjadi hal yang paling banyak dirasakan disrupsi blockchain.

Baca Juga : Apa sih Blockchain itu? Yuk Mengenal Definisi Blockchain dari sekarang!

Salah satu penerapan teknologi ini di Indonesia adalah pada Bank Central Asia (BCA) yang telah benar-benar melakukan klaimnya telah mempergunakan teknologi ini. Bank ini menggunakan blockchain sebagai aktivitas yang terdapat dalam internal perusahaan itu sendiri.

Adapun visi dari bank ini adalah untuk mempercepat penggunaan transaksi pembayaran, pengurangan kompleksitas transaksi pada bagian back officenya.

Selain BCA ada juga BUMN lain yang menggunakan teknologi ini seperti POS Indonesia. Telah berhasil dikembangkan pada sistem yang diberi nama digiro.in yang bermakna penerapan blockchain untuk dipergunakan pada layanan multicurrency atau bisa disebut juga sebagai evolusi layanan giro yang tentunya akan juga menjadi salah satu model bisnis yang banyak diterapkan di POS indonesia.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Penerapan blockchain lainnya adalah pada perusahaan fintech-enabler, digital artha media corporation atau DAM corp, yang mana ia telah menjadi sebuah solusi dari white label blockchain untuk melakukan pembantuan perusahaan tersebut di bidang finansial.

Nyatanya memang solusi yang ditawarkan telah mampu dapat membantu perusahaan dalam melakukan sebuah transisi-transisi yang terdapat pada model bisnis tersentralisasi berubah menjadi desentralisasi.

Perusahaan asing yang bermukim di indonesia seperti veiris juga menggunakan teknologi visual komputer dari blockchain yang sangat berguna sekali dalam membantu korporasi ketika menyelesaikan proses-proses know your customer guna peningkatan sebuah engagement dengan berbagai mitra yang ada.

Untuk di Indonesia sendiri memang terdapat beberapa yang bisa dioptimalkan dengan penggunaan blockchain salah satunya adalah pada bidang supply chain.

Baca Juga : Teknologi Blockchain Siap Bantu UMKM Mengolah Data Bisnis Secara Mudah dan Gratis

Blockchain sendiri memang akan sangat terasa beragam manfaatnya jika diterapkan pada perusahaan supply chain dimana keuntungannya sendiri ialah pengurangan biaya dan risik yang ada melalui serangkaian otomasi, sebuah palacakan yang kemudian diukur dan sangat aman terhadap risiko-risiko dan kejadian yang terdapat pada rantai pasokan. Sehingga nantinya dapat memungkinkan terdapat model bisnis baru.

Bank Indonesia Dinilai Sebagai Regulator

Tentunya sebagai langkah yang sangat preventif tersebut Indonesia harus segera melakukan penyusunan kebijakan baku mengenai blockchain. Tentunya perkembangannya tidak akan terlihat tapi jika anda melihat tren-tren yang ada saat ini (sebelumnya) yang terkesan sangat cepat maka komponen yang disebut sebagai kunci di sini adalah Bank Indonesia.

Mengapa?
Hal yang pertama adalah sangat terkait dengan perlindungan konsumen, harus adanya sebuah solusi pengaduan, transparansi serta penanganan pada tiap-tiap proses dalam sebuah bisnis yang ada.

Baca Juga : Yuk, Bermain – main Dengan Blockchain

Selain itu juga Bank Indonesia wajib menjadi sebuah trigger akan terjadi sebuah kolaborasi-kolaborasi lintas otoritas, yang dalam hal ini termasuk ke dalam pembangunan kemitraan dengan pihak international, Mengapa?

Mengingat adanya cakupan blockchain yang tidak terbatas pada sebuah negara. Sehingga untuk pencegahan dampak negatif sendiri maka penyelenggaraan sistem pembayaran wajib menetapkan adanya kesetaraan pada sebuah sistem pembayaran guna menjamin kesetaraan pada sistem pembayaran yang nantinya akan di aplikasikan.

Bank Indonesia juga harus menjadi penentu dari skala prioritas dari teknologi yang mana boleh saja nantinya maju dengan mempertimbangkan adanya stabilitas, perkembangan serta integritas dalam ekonomi negara.

Sinergi Blockchain di Indonesia

Menyusul perkembangan dari blockchain yang terdapat seantero dunia dan juga di Indonesia maka enam perusahaan besar layaknya blockchain zoo, IndoDAX, Blocktech indonesia, Indonesia Blockchain Network, Luno dan Pundi X telah berhasil mendirikan asosiasi blockchain indonesia.

Asosiasi ini sendiri diketuai oleh Oscar darmawan, visi salah satunya adalah dengan melakukan pendorongan terhadap pemangku kebijakan dengan pelaku usaha yang menggunakan blockchain dan cryptocurrency sebagai sebuah landasan dari sebuah teknologi yang ada.

Baca Juga Artikel Terkait : 7 Manfaat Yang Membuat Block Chain Istimewa (Nomor 4 Sedang Ramai Diperbincangkan)

Nah tentunya sebagai langkah awal maka asosiasi ini juga sudah menjadi bagian daripada kamar dagang indonesia atau KADIN untuk kemudian bersama-sama dalam merumuskan program-program keselarasan terhadap perkembangan blockchain yang terdapat pada regulasi yang terdapat di Indonesia.

Teknologi di blockchain dalam sektor layanan publik indonesia, adapun memang sektor layanan publik merupakan sebuah sektor yang mempunyai data dengan berbagai karakteristik yang sangat berubah-ubah dan tidak dapat di edit.

Manfaat Lain Blockchain

Tentunya memang masih banyak lagi beberapa fungsi yang terdapat pada blockchain lain yang akan sangat bermanfaat yang digunakan untuk indonesia seperti :

Baca Juga :

  1. Ada banyaknya pelaku-pelaku digital advert yang butuh dengan adanya transparansi yang berkaitan dengan spening budget dengan beragam media online. Tentunya hal ini dapat dibangun pada blockchain dan smart contract guna dapat untuk tingkatkan sebuah transparansi digital advert.
  2. Negara Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang melalui sebuah garis khatulistiwa yang memang sebenarnya dapat memanfaatkan sebuah panel surya untuk dapat melakukan transaksi jual beli daya listrik yang mana proses tersebut dapat ditingkatkan lagi melalui teknologi blockchain.

Baca Juga Artikel Blockchain Lainnya : Srikandi Blockchain Indonesia Blak-Blak-an di TechforID

Sumber : Manfaat Blockchain untuk Indonesia

Share.

About Author

Techfor Id