Tutorial Membuat GUI sederhana dengan Program Phyton tkinter

1

Python menawarkan beberapa opsi untuk mengembangkan GUI (Graphical User Interface). Dari semua metode GUI, tkinter adalah metode yang paling umum digunakan.

Tkinter adalah adalah salah satu Toolkit yang ada pada bahasa program Phyton. Phyton dengan tkinter adalah kombinasi yang tepat jika kamu ingin membuat GUI dengan cepat dan mudah.

Baca Juga : Contoh User Interface Berbasis GUI

Untuk memuat Toolkit tkinter kamu perlu :

  1. Mengimport Module tkinter
  2. Membuat Main Window (Container)
  3. Menambahkan beberapa widget ke window
  4. Terapkan Event Trigger pada widget

Ada 2 metode utama yang user harus tau jika ingin membangun GUI dengan aplikasi Phyton.

1. Tk(screenName=None,  baseName=None,  className=’Tk’,  useTk=1) : Untuk mengubah nama window, kamu dapat mengubah className sesuai yang diinginkan. Kode dasar yang digunakan untuk membuat window utama aplikasi adalah :

m=tkinter.Tk() dimana m merupakan nama window yang diinginkan

2. Mainloop () : Mainloop ()digunakan ketika aplikasi kamu siap dijalankan. mainloop () adalah loop tak terbatas yang digunakan untuk menjalankan aplikasi, tunggu sampai suatu peristiwa terjadi dan proseskan peristiwa selama jendela tidak ditutup.

kursus website terbaik

m.mainloop()

tkinter juga menawarkan akses ke konfigurasi geometrik widget yang dapat mengatur widget di parent window. Ada tiga class utama dalam Geometri Class manager :

  1. method pack ():  mengatur widget di blok sebelum menempatkan di parent widget.
  2. method grid ():  mengatur widget di grid (struktur seperti tabel) sebelum menempatkan di parent widget.
  3. method place ():  mengatur widget dengan menempatkannya pada posisi tertentu yang diarahkan oleh programmer.

Baca Juga :

Ada beberapa widget yang dapat kamu masukkan ke dalam aplikasi tkinter kamu, antara lain :

1. Button

Untuk menambahkan Button pada widget kamu, kamu bisa menggunakan syntax seperti berikut :

w=Button(master, option=value)

master adalah parameter yang digunakan untuk merepresentasikan parent window nya

Ada sejumlah opsi yang digunakan untuk mengubah format Button. Jumlah opsi dapat diteruskan sebagai parameter yang dipisahkan oleh koma.

  • Activebackground : untuk mengatur warna background saat button berada dibawah kursor
  • Forebackground : untuk mengatur warna foreground saat button berada

Dibawah kursor

  • Bg : untuk mengatur warna background normal
  • Command :  untuk memanggil function
  • Font : untuk mengatur font pada label button
  • Image : untuk menambahkan gambar pada button
  • Width : mengatur lebar button
  • Height : mengatur tinggi button

Output :

2. Canvas

Canvas digunakan untuk membuat gambar dan tata letak kompleks lainnya seperti grafik, teks dan widget. Syntax ialah seperti berikut :

w = Canvas(master, option=value)

master is the parameter used to represent the parent window.

Contoh coding :

  • bd: untuk mengatur lebar border dalam piksel.
  • bg: untuk mengatur warna latar belakang normal.
  • Cursor : untuk mengatur kursor yang digunakan di kanvas.
  • Highlightcolor : untuk mengatur warna yang ditunjukkan dalam sorotan fokus.
  • Width : untuk mengatur lebar widget.
  • Height : untuk mengatur tinggi widget.

Baca Juga : 5 Proses UX Research Populer digunakan Desainer

Output :

3. CheckButton

Untuk memilih sejumlah opsi dengan menampilkan sejumlah opsi kepada pengguna dalam bentuk toggle button. Sintaks umumnya adalah:

w = CheckButton(master, option=value)

Contoh Coding :

  • Title : untuk menentukan judul widget
  • Activebackground : untuk mengatur warna background saat button berada dibawah kursor
  • Forebackground : untuk mengatur warna foreground saat button berada

Dibawah kursor

  • bd: untuk mengatur lebar border dalam piksel.

Output :

4. Frame

Berperan sebagai wadah atau container untuk widget. Frame juga digunakan untuk grouping dan organizing widget. Sintak umumnya adalah :

Contoh coding :

Output :

5. Listbox

Menampilkan sejumlah daftar atau list yang bisa user pilih dalam window.

Contoh coding :

Output :

6. Menu

Digunakan untuk membuat berbagai menu yang biasa digunakan pada program dan aplikasi.

Baca Juga :

Contoh :

Output :

7. RadioButton

Menawarkan opsi layaknya pilihan ganda yang bisa user pilih salah satunya.

Contoh :

Output :

8. Scale

Digunakan untuk membuat Slider grafis seperti yang ada pada pengaturan volume di OS windows.

Contoh :

Output :

9. Scrollbar

Scrollbar mengacu pada slide controller yang digunakan untuk scrolling keatas maupun kebawah pada isi konten di widget.

Contoh :

Output :

10. Spinbox

Ini adalah entri dari widget ‘Entri’. Di sini, nilai dapat dimasukkan dengan memilih nilai yang diinginkan.

Contoh :

Output :

Berikutnya Baca : Macam-Macam GUI pada Berbagai Aplikasi & Sistem Operasi

Sumber : geeksforgeeks.com

Share.

About Author

Techfor Id

1 Komentar

Leave A Reply