Programming

7 Kunci Perbedaan CLI dan GUI Yang Programer Wajib Tahu

Written by Techfor Id

1. Interaksi

Baik GUI maupun CLI memiliki wujud dan cara berkomunikasi yang berebeda-beda.

Kalau Graphic User Interface (GUI) umumnya menggunakan gambar dan ikon saat berinteraksi dengan penggunanya.

Sedangkan Command Line Interface (CLI) hanya berupa teks dan mayoritas melalui terminal atau perintah di komputer (Seperti Command Prompt & terminal iOS)

2. Navigasi

Baik gambar maupun teks jelas memiliki tingkat navigasi yang berbeda-beda.

Untuk GUI bisa kamu lihat pada smartphone yang kamu genggam. Disana memudahkan penggunanya untuk menjelajahi menu hanya dengan geser atau tap icon / gambar menu tersebut

Sedangkan CLI bisa terbilang cukup rumit, kamu harus mengetahui nama file yang dituju lalu mengetikan nama tersebut pada Terminal / Command Prompt.

Misalnya saja untuk melihat isi direktori Digital_Citizen pertama kamu harus

  • Mengetik cd / d D:\ Digital_Citizen
  • Kemudian \Digital_Citizen>dir

3. Kecepatan

Karena GUI berbasis gambar dan ikon, jelas memakan sumber daya sistem yang lebih besar ketimbang CLI yang hanya berupa teks saja. Ini dapat mempengaruhi kecepatan kinerja keduanya. Lagipula CLI hanya membutuhkan keyboard yang mana membuatnya jauh lebih cepat.

Perbandingan simpelnya bisa kamu lihat pada dokumen Ms.Word. dokumen yang memiliki gambar didalamnya pasti berukuran lebih besar (Mencapai 1-3 Megabyte) daripada yang hanya berupa teks saja (beberapa ratus Kilobyte saja).

4. Fleksibilitas

Dalam hal fleksibel jelas GUI yang menjadi juaranya. Sebab pengguna tidak perlu menghafal baris perintah apa saja yang diperlukan untuk menjalankan perintah di komputer.

5. Tampilan

Berbeda dengan CLI yang hanya berupa teks, tampilan pada GUI bisa diubah-ubah sesuai yang diinginkan. Misalnya saja kamu bisa mengganti icon sebuah folder pada GUI melalui menu properties folder tersebut.

6. Kapasitas Memori

Mirip dengan kecepatan, kapasitas memori merupakan kunci perbedaan penting dalam CLI Vs GUI. GUI umumnya membutuhkan kinerja sistem yang lebih besar terutama jika didalamnya terdapat animasi seperti Flash, atau GIF. Berbeda dengan CLI yang hanya teks berkapasitas sangat kecil.

7. Presisi

GUI umumnya mengalami kendala atau bug dan tidak seakurat CLI. Walau terdapat banyak sekali perintah yang perlu diingat, CLI dikenal memiliki tingkat presisi dan keakuratan yang tinggi dan minim error.

Sumber : educba.com

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]