Artikel Programming

5 Cara Mudah Memenuhi Permintaan Pelanggan Baru di Tahun 2021

Copywriting
Written by Techfor Id

Kita semua sama-sama merasakan bagaimana hebohnya tahun 2020 lalu dimana pandemik virus melanda dan berbagai sektor bisnis amat terganggu operasionalnya.

Bahkan tidak sedikit yang lebih memilih untuk mengurangi karyawan mereka sampai menutup bisnisnya karena sulit bertahan.

Akan tetapi bukan berarti tidak ada jalan keluarnya, ditahun baru ini di 2021 kita harus memulai pola pikir dan strategi baru untuk memastikan bisnis tetap berjalan dengan semestinya.

Oleh sebab itu, ditahun 2021 kamu harus lebih berfokus pada pengalaman pelanggan sesederhana dan senyaman mungkin. Dipostingan ini kita akan membahas 5 caranya, yaitu :

  1. Kustomisasi Peletakan Iklan (Ads Placement)
  2. Adaptasi pengguna Mobile yang responsif
  3. Menyesuaikan pengalaman pengguna (User Experience)
  4. Mulai bermain diberbagai platform
  5. Memberikan pelanggan Informasi yang mereka butuhkan.

1. Kustomisasi Peletakan Iklan (Ads Placement)

Meskipun kini proses pembuatan iklan sudah menjadi lebih mudah, bukan berarti kinerjanya akan menjadi lebih mudah juga. Mari kita ambil contoh.

Bergantung pada perangkat yang kamu gunakan, iklan gambar dapat terlihat sangat besar atau sangat kecil tergantung layar yang digunakan (baik versi desktop maupun mobile).

Hal ini sangat mempengaruhi  jenis gambar apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk iklanmu nanti.

Namun seiring semakin mudahnya kreasi membuat iklan, disini kamu hanya perlu mencari satu gambar saja dan sistem iklan seperti Google Ads atau Facebook Ads akan menyesuaikan gambar tersebut di berbagai tempat di platform mereka maupun mitranya.

2. Adaptasi pengguna Mobile yang responsif

Sebagai pemasar, mungkin kamu menggunakan Laptop atau PC untuk bekerja sehari-hari, tetapi tidak untuk beberapa orang. Perangkat lain yang mereka gunakan tidak lain yaitu perangkat mobile seperti Smartphone pintar. Buktinya yaitu sebagai berikut :

  • 79,9% pengguna Facebook mengakses platform hanya dari perangkat seluler.
  • 61% penelusuran organik di Google berasal dari perangkat seluler.
  • Secara keseluruhan, 50,8% lalu lintas situs web berasal dari perangkat seluler.

Statistik tersebut jelas bukan main-main besarnya. Dari sana jelas bisa diambil kesimpulan bahwa mulai mengadaptasi website untuk perangkat mobile jelas menjadi pilihan yang sangat wajib dilakukan semua pemilik bisnis.

Seiring dengan optimasi website untuk mobile, pastikan juga bahwa kecepatan websitemu setelah dioptimasi masih tetap dalam perfoma terbaiknya (usahakan selesai memuat kurang dari 3 detik).

Kamu bisa memanfaatkan tools seperti Google Pagespeed Insight untuk mencari tahu seberapa cepat websitemu (baik untuk versi PC maupun mobile) dan nantinya akan muncul opsi optimasi disana yang menerangkan langkah apa saja untuk membuat websitemu lebih cepat.

3. Menyesuaikan Iklan Dengan Pengalaman pengguna (User Experience)

Setiap orang punya dan kemungkinan besar kamu melakukan hal yang sama kepada target audiens kamu.

Ada banyak cara berbeda untuk men-segmentasikan audiens untuk pemasaran ulang yang lebih baik dan lebih bermakna apakah itu membuat daftar pembeli sebelumnya, mengecualikan pengguna yang hanya menghabiskan 10 detik atau kurang di halaman kamu, atau menyesuaikan pesan iklan kepada seseorang yang menambahkan produk ke mereka tetapi tidak check out.

Untungnya Kontrol yang kita miliki atas kreasi audiens amat canggih. Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa video yang kamu lihat untuk membuat opsi penargetan diberbagai platform agar iklanmu tepat sasaran :

4. Mulai Bermain di Berbagai Platform

Kamu memiliki peluang yang lebih baik untuk menjangkau audiens yang lebih besar jika menggunakan lebih banyak platform. Pasalnya setiap platform memiliki pengguna dengan rentan usia dan jenis kelamin yang berbeda-beda. Perhatikan statistik berikut :

  • YouTube menayangkan iklan untuk segmen yang lebih tua, 18-24 dan 60% laki-laki.
  • Facebook / Instagram adalah 60% wanita dan terbagi rata antara Usia 13-17 dan 18-24 tahun.
  • Snapchat menjangkau 99% usia 13-17 tahun dan memiliki pembagian yang merata antara pria dan wanita.

Setiap platform memiliki peranannya masing-masing untuk menyampaikan pesan bisnis kamu, tetapi tidak ada yang tepat 100%. Tanpa adanya strategi multi platform kamu tidak akan bisa menjangkau audiens yang lebih besar lagi.

Oleh karena itu, mulai kini beranikan diri kamu untuk bermain di area lain untuk menguji, mengoptimalkan, dan memaksimalkan profit bisnismu.

5. Memberikan pelanggan Informasi yang mereka butuhkan

Terakhir tetapi seringkali diabaikan oleh sebagian pemilik bisinis, Jika kamu bisa membantu seseorang mempelajari sesuatu, maka mereka akan cenderung membeli produkmu atau menggunakan layanan jasamu dikemudian hari.

Memang tidak mengarah pada penjualan langsung, tetapi disini kamu menumbuhkan basis pelanggan yang lebih berpendidikan yang akan mengingatkan kamu karena sudah mengajari mereka ketika tiba saatnya untuk membeli solusi

Sumber : https://www.wordstream.com/blog/ws/2021/01/06/cater-to-your-customers

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]