Apa itu Lead ?
Lead merupakan indikator yang menunjukan bahwa seseorang tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Baik itu karena bentuk atau metode kamu memasarkannya.
Sekilas memang terdengar sederhana, tapi cukup menantang untuk menghasilkan Lead terutama untuk bisnis yang dikelola.
Tapi bukan berarti tidak bisa dicapai. Berikut ini terdapat 7 cara kreatif yang bisa kamu terapkan untuk menghasilkan lebih banyak lead untuk bisnismu :
1. Mengoptimasi Website untuk Konversi
Semua Lead yang dihasilkan secara online selalu diawali dengan proses optimasi website. Kalau websitemu berbasis toko online, tidak ada gunanya sebanyak apapun pengunjung yang datang bila tidak terjadi transaksi pembelian (konversi).
Oleh karena itu penting untuk lebih mengedepankan Konversi dalam membangun website terutama untuk website berbasis E-commerce. Hal ini bisa dilakukan dengan cara :
- Membuat penawaran menarik / terbatas (dalam kurun waktu tertentu) di website
- Memberikan pelanggan diskon pada pembelian mereka selanjutnya bila mereka mau membagikan foto mereka dengan produkmu.
- Memberikan penawaran khusus bagi mereka yang sudah membuat akun atau sudah bergabung di websitemu.
Atau kamu bisa menggunakan tools seperti LeadPages untuk menghasilkan website berkonversi tinggi.
2. Mengadakan Event Giveway atau Kontes
Masih lanjutan dari cara pertama, dengan mengadakan event Giveaway (bagi-bagi hadiah gratis) atau kontes dilansir bisa meningkatkan antusias pelanggan untuk turut serta mempromosikan produk atau jasa yang kamu jual.
Tawarkan kepada pelangganmu beberapa hadiah unik dan hadiah utama agar mereka lebih semangat lagi berpartisipasi.
3. Terhubung Secara Langsung Dengan Pelanggan
Menjalin komunikasi yang lebih intim dengan pelanggan merupakan prioritas utama dalam bisnis. Cara ini bisa kamu capai dengan menghadirkan sesi tanya jawab (FAQ) pada websitemu. Meskipun tidak 100% efektif namun layak dicoba.
Cukup cantumkan jenis-jenis pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan atau pengunjung websitemu lengkap dengan jawabannya.
Menambahkan fitur Live chat pada website juga dikenal efektif dalam menghasilkan lebih banyak lead dan terhubung secara langsung dengan para pelanggan.
4, Menjawab Pertanyaan Yang Ada di Platform Quora
Quora merupakan platform tanya jawab berbasis situs jejaring sosial dengan miliaran pengguna diseluruh dunia. Kalau kamu bisa menjawab pertanyaan seorang user disana, mereka mungkin akan tertarik melihat profilmu dan mengunjungi websitemu.
5. Berkomentar di Blog Orang Lain
Sama halnya seperti menjawab pertanyaan di Platform Quora, Menulis atau menjawab komentar yang ada pada Blog website lain dapat membantu membesarkan namamu atau bisnismu di dunia Digital yang akhirnya menghasilkan lebih banyak lead.
Jadilah dermawan dan suka menolong dengan menjawab pertanyaan yang kamu temukan diblog orang lain.
6. Manfaatkan Platform Guest Blogging
Guest Blogging baru akan efektif menghasilkan Lead apabila kamu mengikut aspek berikut :
- Menulis artikel yang relevan dengan audiens
- Kamu bisa mengirim traffic ke website dari platform Guest Blog terkait
- Postingan yang kamu buat disana memiliki nilai unik
- Situs Guest Blog yang kamu pilih memiliki nilai positif dimata audiens
7. Membagikan Video ke Platform Youtube
Youtube bukan hanya sekedar platform penyedia video saja. Ia juga seperti halnya search engine Google yang memiliki nilai lebih di dunia Digital Marketing. Ia juga sama populernya dengan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
Dengan platform ini kamu bisa membuat kanal video sendiri dimana didalamnya kamu bisa membagikan video perihal tutorial, panduan, atau informasi lainnya terkait produk dan jasa yang kamu tawarkan. Hal ini bisa membuatmu unggul dimata kompetitor lain dan menghasilkan lebih banyak lead untuk bisnismu.
Sumber : https://www.jeffbullas.com/