Artikel

4 Metode Untuk Menulis Artikel Yang Ramah SEO

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

1. Awali Dengan Riset

Kalau kamu benar-benar ingin membuat perbedaan untuk diri kamu sendiri atau untuk klienmu, kamu tidak akan bisa menulis artikel yang ramah SEO tanpa melakukan riset terlebih dahulu,.

Tahapan riset yang dimaksud antara lain :

  • Kata kunci untuk ditargetkan
  • Panjang artikel
  • Jenis artikel
  • Analisis artikel yang ada untuk garis besarnya
  • Manfaatkan Search intent google

Disamping kelima poin riset diatas, kamu juga bisa memanfaatkan tools SEO yang banyak sekali tersebar di internet seperti SEMrush, YoastSEO, atau Dimia.Id

2. Jenis Konten – Kata Kunci Pada Search Intent Google

Kamu juga bisa meletakkan kata kunci yang kamu targetkan di pencarian Google untuk melihat artikel seperti apa yang saat ini diberi peringkat.

Proses Ini adalah bagian dari penelitian dan akan membantu kamu lebih memahami artikel seperti apa yang menurut Google lebih baik untuk queri terkait.

Mungkin kamu juga akan sadar bahwa ada pola dalam hasil pencarian Google. Misalnya saja queri tertentu  yang hanya akan menampilkan listicles seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

3. Memiliki Title dan Description yang Unik disetiap Lamannya

Setiap laman pada website (termasuk Home Page) tentunya masing-masing memiliki judul dan deskripsi yang unik.

Judul yang baik menurut google mengandung antara 60-65 karakter dan untuk deskripsinya sekiranya hingga 150 karakter. Title dan Description secara akurat menggambarkan apa yang ada di suatu laman tanpa terkait keyword stuffed.

4. URL yang Di Format dengan baik

URL yang dikemas dengan baik memudahkan google dalam mengindeks website anda. Sisipkan keyword unggulan dalam URL anda dan gunakan format seperti berikut :

https://www.contohweb.com/SEO/apa-itu-friendly-seo.”

Selain mudah diindeks oleh google, URL yang di format dengan rapi lebih mudah di ingat oleh user ketika mereka ingin mengunjungi kembali salah satu konten atau post di website anda.

5. Kecepatan Loading Website

Baik orang maupun Search Engine sama-sama tidak ingin website yang proses loadnya membutuhkan waktu lama.

Website dengan loading speed yang cepat dikenal mampu meningkatkan ranking pada SERP google dan meningkatkan user experience pengunjung website kamu. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah hal ini yaitu dengan memanfaatkan tools Google Pagespeed Insight.

Disana nanti kamu akan diberi nilai skor seberapa cepat kecepatan memuat websitemu serta langkah optimasi untuk meningkatkannya.

6. Sisipkan gambar yang sudah di Optimasi

Search engine seperti google lebih suka konten yang unik dan kreatif, tetapi kamu juga perlu menyisipkan gambar ke setiap konten maupun postingan kamu, karena pengunjung pasti lebih suka penjelasan informasi yang disertai gambar yang relevan.

Saat kamu menambahkan gambar, pastikan untuk memberi nama gambar tersebut sesuai gambarnya. Berikan juga deskripsi singkat dan ALT tags agar visibilitas website anda meningkat di hasil pencarian gambar.

Sumber :https://www.shoutmeloud.com/write-seo-content.html

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment