Featured

5 Langkah Wajib Tiru Saat Menggunakan Google Ads

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Langkah 1 : Pahami Fungsi dasar dari Google Ads

Sebelum kamu menginvestasikan uang pada iklan online di Google Ads, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Ads.

Google AdWords adalah alat pemasaran yang dikembangkan untuk membantu kamu dalam menampilkan iklan untuk mempromosikan produk atau layanan secara online.

Google memproses ratusan juta pencarian per hari, jadi masuk akal untuk membuat iklan yang sederhana dan efektif dan menampilkannya kepada orang-orang yang sudah mencari secara online informasi yang terkait dengan bisnis kamu saja.

Tidak perlu membuang-buang waktu untuk membuat SEO yang sempurna, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya dan secara ajaib website kamu akan tampil di halaman teratas.

Tetapi perlu juga diingat bahwa Google melihat Quality Score dan relevansi website terhadap keyword yang kamu berikan.. Jadi jangan harap iklan produk baju kamu tampil jika website kamu berisi informasi tentang spare part motor.

Namun Jika dikelola dan diatur dengan benar, Google AdWords dapat membantu meningkatkan traffic online, traffic website, Brand Awareness (pengenalan Merk), dan menghasilkan penjualan optimal atau Return Of Investment yang tinggi pada bisnis kamu.

Langkah 2 : Kenali Target Audiens Bisnis Kamu

Kalau kamu bergerak pada bisnis dengan niche Fashion atau pakaian. Maka tentunya kamu perlu mencari tahu fashion atau jenis pakaian yang sedang trending.

Dengan demikian, kamu sebagai penjual sudah mampu memberikan apa yang audiens kamu harapkan. Kamu bisa menggunakan Tool seperti Google Trend untuk mengetahui jenis pakaian apa yang sedang trending.

Dibawah ini adalah contoh gambar perbandingan antara Jaket jeans dan Sweater rajut pada pencarian Google dengan menggunakan Google Trends.

Bisa kamu lihat dari gambar perbandingan diatas, diketahui bahwa dalam 12 bulan terakhir pencarian Jaket Jeans lebih besar daripada Sweater rajut. Berdasarkan informasi tersebut, pasti anda ingin segera menjual jaket jeans di toko online kamu.

Langkah 3 : Lakukan Riset Keyword atau kata kunci yang efektif

Keyword atau kata kunci merupakan komponen krusial dalam google ads. Karena google ads hanya menampilkan iklan dengan Keyword yang sama, mirip, sesuai dengan Keyword yang kamu tentukan sebelumnya disana.

Berikut ini adalah jenis Keyword yang ada pada Google Ads :

  • Broad match Modifier : Broad Match modifier sama halnya seperti Broad Match namun dengan sedikit modifikasi. Dengan menambahkan simbol “ + ” sebelum keyword,  jadi iklan kamu hanya muncul jika calon pelanggan mengetik keyword setelah “ + ”.
  • Phrase Match : Phrase Match memungkin google untuk menampilkan iklan dengan keyword  pilihan kamu yang memiliki urutan sama.
  • Exact Match : Seperti namanya, opsi ini akan memastikan iklan kamu hanya muncul ketika seseorang mencari dengan istilah pencarian yang identik 100%  dan mirip dengan keyword pilihan kamu.

Langkah 4 : Buat Kampanye Iklan Dengan Variasi Yang Berbeda

Google Ads memberikan penggunanya fitur untuk melakukan banyak kampanye iklan dalam satu waktu, meskipun dengan demikian tentunya semakin besar biaya yang diperlukan.

Tapi dengan hal tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda serta memiliki tujuan iklan yang lebih spesifik

Membuat 2 jenis kampanye iklan dengan produk yang berbeda di setiap iklannya dapat membuat iklan kamu menjadi lebih efisien meskipun dengan biaya lebih.

Tetapi dengan hal ini iklan kamu menjadi lebih spesifik dan tepat sasaran dalam menarik audiens yang relevan dengan produk yang kamu jual.

Step 5 : Lakukan tracking Pada Perfoma Iklan

Lakukan tracking pada setiap iklan yang ada dengan Adwords reporting, analytic, atau dengan tool tracking yang lainnya.

Karena tracking merupakan komponen penting dalam langkah menentukan efektif atau tidaknya iklan kamu. Data yang muncul nanti bisa kamu jadikan refensi dalam membuat iklan seperti apa yang efektif dikemudian hari.

Jadikan juga data tersebut sebagai titik acuan dalam menentukan mana iklan yang memiliki traffic yang tinggi dan mana yg tidak. Lakukan sedikit perubahan pada judul atau deskripsi iklan kamu, buat variasi sebanyak mungkin.

Coba hal ini secara berulang-ulang. Semakin banyak mencoba, semakin banyak pula informasi yang anda dapat agar iklan kamu menjadi lebih efektif.

Sumber : https://digitalmarketinginstitute.com/blog/5-tips-google-adwords-success

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment