Featured

Panduan Dasar Bahasa Program Kotlin Dan Cara Installasinya

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Apa itu Kotlin ?

Kotlin adalah bahasa pemrograman untuk tujuan umum, diketik secara statis, dan bersifat Open Source alias gratis. Program kotlin berjalan di JVM dan dapat digunakan di mana saja Java digunakan saat ini.

Bahasa program Kotlin bisa kamu gunakan untuk mengembangkan aplikasi android, aplikasi sisi server, dan masih banyak lagi.

Kotlin dikembangkan oleh tim JetBrains. Sebuah proyek dimulai pada tahun 2010 untuk mengembangkan bahasa dan secara resmi dirilis pertama kali pada Februari 2016. Kotlin dikembangkan di bawah lisensi Apache 2.0.

Fitur Unik Pada Bahasa Program Kotlin

  • Ringkas: Kotlin mengurangi penulisan kode tambahan yang tidak diperlukan, sehingga program aplikasi yang dibangun dengan ini hanya membutuhkan lebih sedikit kode.
  • Null Safety : Kotlin adalah bahasa yang bersifat Null Safety. Kotlin bertujuan untuk menghilangkan NullPointerException (referensi null) dari kode.
  • Interoperable : Kotlin dengan mudah memanggil kode Java dengan cara yang alami serta kode Kotlin dapat digunakan oleh Java.
  • Smart cast: secara eksplisit memasukkan nilai yang tidak dapat diubah dan memasukkan nilai ke dalam safe cast secara otomatis.
  • Waktu Kompilasi cepat : Memiliki kinerja yang lebih baik dan waktu kompilasi yang cepat.
  • Tool – Friendly : Program Kotlin dibuat menggunakan baris perintah serta semua IDE Java. Membuatnya bisa bersinergi dengan tools-tools java lainnya dengat amat baik
  • Fungsi ekstensi yang luas  : Kotlin mendukung fungsi ekstensi dan properti ekstensi yang berarti membantu memperluas fungsionalitas kelas tanpa menyentuh kodenya.

Cara Installasi Bahasa Program Kotlin

Karena Kotlin berjalan di JVM, maka perlu menginstal JDK dan menyiapkan jalur (path) JDK dan JRE di variabel lingkungan sistem lokal.

Untuk menyiapkan Kotlin untuk baris perintah, kamu harus menginstal JDK 1.6+ atau yang lebih baru.

Langkah – Langkah Setting Command Line Kotlin

1. Download Compiler Kotlin  dari Link Github ini :

https://github.com/JetBrains/kotlin/releases/tag/v1.2.21

2. Ekstrak folder Zip yang kamu unduh di lokasi mana saja

3. Salin path ke direktori bin kotlinc

4. Buka Properti Computer kamu dan Klik Environtment Variable

5. Kemudian klik path edit

6. Paste path direktori kotlinc bin yang tadi kamu copy di Variable value

Dan selesai.

Sumber : https://www.javatpoint.com/kotlin-environment-setup-command-line

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment