Business

5 Metode Mendapatkan Uang Dari Bermain Game

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Bisnis Video Games adalah mesin pencetak uang besar seiring berkembangnya teknologi. Bagaimana tidak, industri tersebut diramalkan mampu menghasilkan valuasi tertingginya sekitar USD$ 300 Milliar pada tahun 2025.

Apabila seorang Gamers tahu cara memposisikan diri mereka di angka tersebut. Maka mendapatkan uang dari bermain Game bukan lagi hal yang mustahil.

1. Mulai Karir Sebagai Developer Game

Kalau kamu tipikal orang yang pemalu atau tidak percaya diri tampil dilayar kaca, maka memulai karir sebagai pengembang game merupakan solusi jitu.

Pasalnya saja industri Game besar seperti Blizzard, atau Ubisoft menyewa jasa developer dengan rata-rata gaji USD$83.000 Dollar.

Hanya saja untuk ini kamu harus bersedia bekerja ekstra keras, overtime, bahkan tetap bekerja pada tanggal merah ataupun hari libur Nasional terutama saat mendekati perilisan suatu  game.

Untuk kamu yang masih awam mengembangkan atau menciptakan suatu game, tenang saja. Kamu bisa belajar di Udemy sebagai batu loncatan.

Mereka menyediakan berbagai topik populer perihal dunia game. Misalnya saja seperti Unreal Engine, atau pengembangan game 3D

2. Membuat Website Berita Seputar Game

Selain untuk berjualan online, sebuah website bisa juga dimanfaatkan bagi para Gamer untuk mencari penghasilan tambahan. Untuk kamu yang hobi bermain game dan suka menulis maka ini adalah opsi terbaikmu.

Membangun website gaming membuka peluang untuk game gratis dan berbagai sponsor lainnya.

Sebagai referensi kamu bisa melihat seperti apa tampilan website gaming yang sudah ada dan menerapkannya di website, tentunya dengan ciri khas kamu sendiri.

Usahakan untuk mengulas genre yang kamu kuasai pada tahap awal (Misal RPG, Action, FPS). Lalu kemudian ekspansi ke berbagai genre lain.

3. Streaming Gaming di Youtube

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak gamers mencari uang dari kanal Youtube. Misalnya saja PewDiePie, ia merupakan seorang streamer gaming sukses yang mampu menghasilkan profit hingga USD$ 500.000 setiap bulannya dari iklan di Channel-nya.

Akan tetapi untuk kamu yang baru ingin mencoba, terdapat aturan baru di youtube sebelum nantinya kamu bisa menghasilkan uang disana. Aturan tersebut diantaranya :

  • Memiliki lebih dari 1.000 Subscriber di Channel yang dibuat
  • Memiliki total view  time 4.000 jam di video kamu selama 12 bulan terakhir

Ketika Channel game kamu berkembang, kemungkinan pihak perusahaan game akan menghubungi kamu dan memintamu memasarkan produk mereka.

4. Video Game Tester (Beta Tester)

Beberapa perusahaan game biasanya menyewa jasa seorang gamer sebagai Tester atau menguji sebuah game sebelum akhirnya dirilis kepasaran.

Umumnya pekerjaan seorang Tester  mencoba suatu game dan mencari tahu ada tidaknya kendala di dalam game tersebut. Misalnya saja seperti Bug, Glitch, atau error. Nantinya tester melaporkan hal tersebut kepada developer untuk perbaikan.

Jangan salah, pekerjaan seorang tester bisa dibilang cukup menggiurkan. Pasalnya gaji mereka rata-rata berkisar USD$65.000 per tahunnya.

5. Facebook Gaming

Facebook menjadi sarana gamer untuk mendapatkan uang, bukan hanya sekadar memainkan game dan disiarkan secara langsung saja.  Ia juga opsi yang tepat untuk para streaming yang baru saja menjajahi dunia gaming.

Ada 3 cara untuk memperoleh penghasilan dari Facebook Gaming, yaitu :

  • Iklan (Ads)
  • Stars (Mata Uang di Facebook Gaming)
  • Dan Fans Subscription

Berbeda dengan iklan di Youtube, Iklan pada Facebook Gaming tidak akan menggangu pengalaman pengguna. Iklan tersebut hanya muncul namun pada tab yang berbeda, sehingga mereka yang melihat streaming game kamu merasa nyaman.

Menariknya, viewer kamu bisa membeli mata uang di platform tersebut yang disebut Stars. Penikmat video bisa menyumbangkan Stars tersebut jika konten game yang mereka lihat menarik dan menghibur. Sebagai pihak streamer, kamu nantinya bisa menukarkan Stars tersebut dengan mata uang asli.

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment