Digital Marketing

5 Tips Dan Trik Terbaru Facebook Ads 2021

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Alangkah percuma memiliki produk atau layanan jasa terbaik dipasar yang kamu tekuni apabila tidak tahu cara meng-iklankannya. Ketika membahas masalah bisnis, iklan (Ads) adalah elemen yang sangat penting supaya brand kamu dikenal masyarakat luas.

Facebook Ads merupakan satu dari serangkaian opsi platform per-iklanan yang bisa kamu coba. Ia memiliki 3 keunggulan diantaranya :

  • 26% pengguna Facebook yang telah mengklik iklan pasti membeli sesuatu.
  • 93% pemasar media sosial bersikeras menggunakan iklan Facebook berbayar, diikuti oleh 73% di antaranya menekankan pentingnya Instagram.
  • Pengeluaran iklan kasar untuk Facebook mencapai $ 25,56 miliar Dollar pada tahun 2019.

Tetapi sebelum menjalankan iklan di Facebook, kamu pertama-tama harus punya Facebook page terlebih dahulu. Ia merupakan laman (page) yang cocok untuk memasarkan bisnismu.

Setelah itu, barulah kamu bisa ber-iklan di Facebook. Tapi jangan terburu-buru, luangkan waktumu untuk membaca kelima tips dan trik berikut supaya iklanmu efektif di tahun 2021.

1. Lakukan Analisa Sebelum Menentukan Tujuan Kampanye

Sebelum mulai berkampanye iklan di facebook, melakukan analisa kompetitor, ini adalah cara terbaik dan merupakan tips terbesar ber-iklan disana.

Terutama menyangkut hal kreatifitas, coba lihat seperti apa tampilan iklan kompetitor kamu ? dan jenis promosi apa yang mereka jalankan ?

Kemudian cari tahu iklan seperti apa yang kamu suka, lihat lagi apa yang bisa produk atau jasa kamu tingkatkan, dan barulah menentukan target audiens seperti apa yang sesuai untuk kriteria kamu.

Sebagai contoh, anggaplah kamu disini ingin meningkatkan penjualan produk baru kamu. Maka navigasi ke Facebook Campaign Objective (opsi untuk menentukan tujuan kampanye Facebook) lalu pilih opsi Increase Conversion, Get People Claim Your Offer, Atau Boost Your Page.

Ketiga opsi tersebut sangat cocok untuk mendorong penjualan pada produk atau layanan jasa yang baru saja rilis.

Semisal kamu masih bingung menentukan tujuan kampanye, kamu bisa menggunakan tools Facebook yang disebut Facebook Ads Library. Kamu bisa mengunjunginya pada link berikut :

https://web.facebook.com/ads/library/

Disini kamu bisa menganalisis materi iklan serta cara kompetitor memasarkan iklan mereka. Kamu juga bisa mendapatkan pemahaman lebih baik tentang promosi dan kampanye yang berhasil untuk industri kamu.

2. Lacak Penjualan, Berhenti Fokus Pada Metrik Yang Tidak Perlu

Klik, Share, dan Like adalah bentuk bukti sosial yang memang amat penting. Tetapi pada akhirnya tidak akan berarti apa-apa kalau tidak membawa profit untuk bisnis kamu.

Ketiga hal tersebut memang penting, tetapi tidak perlu difokuskan 100% kesana, melainkan kepada penjualan yang kamu hasilkan dari iklan.

Semisal iklan Facebook kamu tidak memberikan keuntungan, coba lihat kembali iklan kamu. Periksa bagaimana tampilan visual, pesan teks, maupun waktu penayangannya. Apakah sudah cocok ? Apakah pelanggan suka ? Apakah penawaran yang ditawarkan sudah menarik ?

Jadikan jenis pertanyaan seperti itu sebagai referensi untuk membuat iklan kamu selanjutnya lebih baik lagi.

3. Video Ads

Tahukah kamu bahwa konten iklan berbasis video mendapatkan Leads sebesar 66% setiap tahunnya ? Video Ads merupakan iklan yang sangat efektif bila dibandingkan dengan jenis media iklan lainnya.

Jadi mulai sekarang, saat akan membuat sebuah iklan, jangan lupa untuk memikirkan pula seperti apa tampilannya dalam format video. Proses ini tidak terlalu sulit, cara melakukannya sama halnya seperti saat kamu membuat iklan bergambar.

Durasi video untuk iklan kamu tidaklah harus panjang hingga 10-20 menit. Cukup buat sesingkat dan sesimpel mungkin. Apapun itu selama pesan kamu tersampaikan maka iklanmu sudah siap tayang.

4. Optimasi Peletakan Iklan (Ads Placement)

Faktanya hanya sedikit orang saja yang tahu pentingnya menentukan letak iklan di Facebook. Di Facebook Ads, terdapat 3 jenis peletakan iklan dengan fungsi dan tampilan yang berbeda-beda. Lengkapnya yaitu :

Desktop News Feed

Merupakan opsi yang paling cocok misalkankan ini pertama kalinya kamu memasang iklan di Facebook. Digunakan untuk tujuan konversi dan menarik engagement yang tinggi.

Dekstop Right Column

Dibuat untuk tujuan pemasaran Retargeting atau Remarketing. Sangat cocok untuk membuat orang-orang yang pernah terlibat dengan bisnismu agar lebih mengenal produkmu.

Mobile

Umumnya difokuskan untuk pengguna seluler (Mobile) dengan tujuan memperkenalkan hal-hal baru dan produk kamu supaya lebih dikenal.

5. Lakukan A /B Testing

A/B Testing yaitu kegiatan menguji coba 2 versi iklan yang berbeda dan melihat mana yang memiliki performa paling bagus.

Dalam beriklan di Facebook Ads maupun platform lain, A/B testing sangatlah penting. Sebab dengannya kita menjadi tahu mana versi iklan yang benar-benar disukai pelanggan dan membawa konversi penjualan.

Untuk melakukannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu merilis 2 iklan namun kedua iklan tersebut memiliki gambar, teks iklan, jenis media yang digunakan yang berbeda beda. Apapun itu buat sebeda mungkin antara satu versi dengan yang lainnya.

Sumber : https://smequest.com/top-5-tips-for-facebook-ads-marketing-2021/

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment