TechforID – Youtube kabarnya baru merilis fitur baru yang dirancang khusus untuk menyederhanakan proses penelitian kata kunci. Supaya para pembuat konten bisa membuat karyanya sesuai dengan topik-topik yang paling dicari orang lain.
Lewat fitur Search Insight Ini, para pembuat konten nantinya bisa mencari kata kunci apa yang paling sering diketik para penonton (Subscriber) mereka di kolom pencarian.
Fitur ini juga bisa dipakai untuk meriset para penonton di kanal atau channel lain yang memiliki topik relevan.
Lebih lengkapnya fitur ini memungkinkan pengguna mengumpulkan data tentang :
- Apa yang dicari audiens
- Apa yang ditelusuri pemirsa YouTube secara umum
- Perkiraan volume pencarian untuk setiap kueri
- Apakah ada “celah konten” untuk istilah pencarian tertentu
Wawasan Penelusuran dapat membantu perencanaan konten karena data merupakan indikasi kuat tentang jenis video yang ingin ditonton orang.
Baca Juga : Kreatif !! Youtuber Ini Bikin Tambang Bitcoin Dari Konsol Nintendo Gameboy
Cara Pakai Fitur Youtube Search Insight
Untuk bisa menggunakan fitur Youtube Search Insight, pertama-tama penggunah arus login ke Youtube Studio dan navigasi ke menu Analytics yang ada di sebelah kiri layar.
Sesampainya di sana, navigasikan ke bagian Penelitian (Research) dan cari tab berjudul Your viewers’ searches atau”Pencarian pemirsa Anda”.

Di sini kamu akan menemukan penelusuran teratas dari pemirsa / Viewer kamu, atau dari pemirsa saluran yang serupa dengan milikmu.
Data untuk setiap istilah penelusuran dipisahkan menjadi beberapa kolom.
Kolom pertama menampilkan perkiraan volume pencarian kata kunci yang berkisar dari tinggi, sedang, hingga rendah.
Kolom lain menunjukkan jumlah penayangan yang diterima saluran Anda dari penelusuran kata kunci tersebut dalam 28 hari terakhir.
Selanjutnya, pengguna dapat menjelajahi apa yang dicari oleh pemirsa YouTube yang lebih luas dengan mengeklik tab Searches across YouTube atau “Penelusuran di seluruh YouTube”.
Ketik nama topik atau kata kunci tertentu ke dalam bilah pencarian untuk mendapatkan data.

Fitur ini bisa jadi titik awal yang bagus untuk penelitian tentang ide potensial untuk video apa yang ingin dibuat selanjutnya.
Namun disini perlu diingat kalau fitur Youtube Search Insight masih dalam tahap percobaan, dan kuota penggunaannya hanya dibatasi beberapa orang saja.
Pihak Youtube nantinya akan membuat pengumuman lain ketika fitur ini bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna.
Baca Artikel Selanjutnya :