Future of farming & medicine

Ilmuwan Amerika Serikat Temukan Robot yang Bisa Berkembang Biak

Written by Techfor Id

TechforID – Ilmuwan Amerika Serikat menemukan sel robot hidup pertama yang bisa menciptakan bentuk kehidupan lain. Robot bernama Xenobot ini memiliki kemampuan untuk bisa berkembang biak.

Mengutip dari The Guardian, Selasa, 30 November 2021, Xenobot dibentuk dari sel induk katak cakar Afrika (Xenopus laevis). Ukuran robot ini sangat kecil, yakni satu milimeter (0,04 inci).

Sejak dibuat pada tahun 2020, Xenobot menunjukkan aktivitas yang sangat pesat. Gumpalan kecil tersebut bisa bergerak, bekerja sama dalam kelompok dan menyembuhkan diri sendiri.

Xenobot dikembangkan dari beberapa universitas, seperti Universitas Vermont, Tufts University, dan Universitas Harvard. Kini, robot tersebut menemukan bentuk lain yang lebih mengagumkan.

Para ilmuwan menemukan bentuk reproduksi biologis sehingga Xenobot bisa berkembang biak.

Baca juga: Pria di Inggris Pasang Mata 3D, Pertama di Dunia

Salah seorang peneliti Xenobot, Michael Levin mengatakan, penemuan ini membuatnya terkejut. Katak memiliki cara bereproduksi yang biasanya mereka gunakan.

“Tetapi ketika Anda membebaskan (sel-sel) dari sisa embrio dan Anda memberi mereka kesempatan untuk mencari tahu bagaimana berada di lingkungan baru,” ucap Levin.

Menurut dia, katak menemukan cara baru untuk bergerak dan bereproduksi.

Untuk informasi, untuk membuat Xenobots, para ilmuwan mengambil sel induk hidup dari embrio katak dan membiarkannya mengerami. Tak ada manipulasi gen yang terlibat.

Ilmuwan mengatakan, kebanyakan orang menganggap robot terbuat dari logam dan mekanik. Tetapi, bukan dilihat dari itu, melainkan dari apa yang bisa dilakukan, yang tampak seperti manusia.

“Jika dalam definisi seperti itu, robot juga jelas merupakan sel organisme yang diambil dari sel katak tanpa dimodifkasi secara genetik,” ucap Ahli Universitas Vermont yang juga penulis utama penelitian, Josh Bongard.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu