Business

Tehnik Facebook Marketing Yang Tepat Sasaran

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Facebook merupakan platform sosial media terbesar di dunia. Facebook marketing sudah menjadi salah satu channel marketing terbesar dalam hal melebarkan bisnis yang sedang kamu kerjakan. Dan disanalah terdapat fitur kuat periklanan Facebook yang disebut Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads ?

Facebook ads adalah metode digital marketing yang disediakan facebook untuk mengiklankan bisnis anda. Facebook ads tampil pada 2 tempat di halaman utama facebook.

Yang pertama, Facebook ads tampil pada beranda (Home) pengguna. Iklan tersebut menampilkan Foto kamu, brand produk, dan beberapa baris konten serta link menuju website kamu.

Iklan yang tampil pada beranda user facebook

Yang kedua yakni iklan tampil pada bagian kanan beranda pengguna. Iklan ini ditampilkan dalam format yang sedikit lebih simpel.

Apa Algortima yang digunakan Facebook Ads ?

Pada bulan Januari tahun 2018, Facebook mengumumkan perubahan besar terhadap algoritma yang mereka gunakan.

Karena banyaknya iklan yang tidak relevan tampil di beranda penggunanya, Facebook kini menerapkan standar iklan yang relevan. Jadi, sekarang Facebook hanya menampilkan suatu iklan kepada penggunanya berdasarkan minat mereka dan komentar yang berkaitan dengan iklan tersebut.


3 Cara Memanfaatkan Facebook untuk Mempromosikan Bisnis

1. Buat iklan yang berbeda untuk Desktop dan Mobile Facebook

User atau pengguna yang menggunakan Facebook via smartphone sering kali memiliki niat dan kebiasaan yang berbeda dengan yang menggunakan PC atau laptop. Kenali apa yang ingin mereka lihat diantara keduanya, dan rencanakan iklan kamu berdasarkan minat mereka.

2. Lakukan Test secara konsisten

Test yang dimaksud seperti Gambar apa yang cocok, kata-kata yang di gunakan, serta target audience anda. Contoh jika produk kamu menargetkan audience berusia remaja, maka kamu diharuskan menggunakan gambar yang penuh warna, serta bahasa anak remaja atau kekinian.

Menyisipkan humor atau meme disela-sela iklanmu juga dilansir jadi metode yang sangat bagus untuk disukai audiens muda.

3. Targetkan dengan tepat Customer kamu

Biasanya banyak marketer menargetkan audience di Facebook berdasarkan ketertarikan mereka atau data demografis, seperti Musik yang mereka sukai, hobi, atau karakter audience ketika belanja online.

Parameter Iklan Facebook Ads Yang Berhasil

Berikut ini adalah daftar metrik untuk mengetahui hal tersebut :

  • Lihat apa yang audience anda lakukan setelah melihat iklan kamu ? berapa banyak yang mengklik iklan tersebut ? Berapa banyak yang menyukai atau meng-share iklan kamu ?
  • Berapa besar biaya untuk setiap Konversi nya ? Biaya yang kamu keluarkan setiap harinya serta biaya setiap kali audience yang meng-klik iklan kamu di Facebook
  • Bagaimana Score yang relevan bagi kamu ? Informasi seperti ini sangat berguna untuk facebook dalam menentukan audience, mahalnya biaya iklan, dan seberapa sering atau di prioritaskannya iklan kamu.

Facebook ads bisa menjadi cara terbaik untuk menarik banyak customer baru di Facebook, meningkatkan jangkauan produk, membuat mereka tertarik membeli produk anda. Tunggu apa lagi, mulailah bereksperimen dengan Facebook Ads untuk mengembangkan bisnis kamu

Cara membangun Brand Awareness di Facebook

Sayangnya, masih banyak pebisnis yang berasumsi bahwa situs sosial media seperti facebook hanya sebagai peluang untuk mengenalkan brand atau produk mereka ke banyak penggunanya. Namun ketika tidak berjalan dengan baik, banyak dari mereka langsung beranggapan bahwa facebook kurang efektif dalam mengembagkan bisnis.

Masalah seperti ini bukan sepenuhnya salah facebook. Karena orang-orang yang menggunakan facebook cenderung lebih ingin bersosialisasi dengan teman mereka daripada melihat promosi penjualan.

Jaman sekarang, mereka lebih suka jika suatu brand yang bertujuan untuk mengenal mereka secara personal daripada hanya mencari keuntungan semata.

Facebook dapat membantu anda dalam membangun brand dengan berperan sebagai platform yang menarik calon audiens kamu, menjawab pertanyaan mereka, dan mencari tau apa yang mereka butuhkan.

Cara membangun Komunitas Bisnis di Facebook

1.         Ajak orang-orang untuk Follow  Page Bisnis kamu di facebook

Iklankan produk kamu kemanapun kamu pergi (Fanspage atau Group), dan buat mereka tertarik agar menyukai produk kamu.Sebagai awal, anda bisa lakukan hal ini kepada teman-teman terdekat anda di facebook.

2. Buat Follower tertarik dengan konten kreatif

Saat follower menyukai atau mengshare konten kamu, secara langsung mereka membagikan konten tersebut kepada teman-teman mereka di Facebook. Dengan demikian jangkauan brand anda menjadi lebih luas lagi dari sebelumnya.

3. Kenali follower  lebih dekat

Inilah yang dimaksud dengan pendekatan lebih personal. Dengan menjawab komentar mereka secara langsung membuktikan bahwa baik kamu maupun bisnismu peduli dengan mereka. Jika anda peduli, mereka pun akan lebih tertarik untuk mengenal dan membeli produk kamu.

Begitu kamu berhasil membuat komunitas di Facebook, maka inilah waktunya untuk mempromosikan brand atau produk. Dibawah ini adalah tips-tips yang bisa kamu terapkan di Iklan facebook kamu.

1. Adakan suatu Event

pemberian kupon atau diskon kepada customer untuk menceritkan pengalaman mereka terhadap produk anda atau memposting foto mereka dengan produk kamu. Dengan begini anda mendorong mereka agar membeli lagi produkmu.

2. Tawarkan Kode Unik

Giveaway (bagi bagi gratis) secara eksklusif kepada follower setiamu. Memberikan sesuatu secara gratis akan secara signifikan meningkatkan loyalitas follower anda.

3. Berikan Tips

kamu bisa jelaskan mengapa mereka harus membeli produk kamu. Buat Page komunitasmu bukan hanya sebagai ajang promosi, melainkan sumber informasi berharga untuk follower kamu. Berikut contohnya jika anda bergerak pada bidang kesehatan atau Pharmacy.

Sumber : https://www.brightedge.com/glossary/facebook-marketing

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment