Fintech

Alasan Mengapa Harus Berinvestasi Bitcoin

Techfor Id
Written by Techfor Id

Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi pertama dan sistem pembayaran digital secara global. Bitcoin diciptakan oleh orang atau kelompok yang tidak dikenal dengan nama samaran Satoshi Nakamoto dan dirilis pada tahun 2009.

Sistem ini bekerja tanpa repositori atau administrator pusat dan bersifat peer-to-peer, yang berarti transaksinya terjadi antara pengguna secara langsung dan tanpa perantara. Transaksi diverifikasi oleh node jaringan dan dicatat dalam blockchain yang disebut Public distributed Ledger atau ledger yang didistribusikan secara publik.

Bitcoin menggunakan teknologi peer-to-peer untuk beroperasi tanpa otoritas pusat atau bank, mengelola transaksi dan penerbitan bitcoin dilakukan secara kolektif oleh jaringan

Sumber : Coinmarketcap

Bagaimana Cara Membeli Bitcoin ?

Bitcoin dapat dibeli di pasar cryptocurrency. Untuk membeli bitcoin, yang harus kamu lakukan adalah login dan memverifikasi identitas kamu pada marketplace crypto tertentu.

Proses verifikasi dapat memakan waktu mulai dari hitungan menit hingga beberapa minggu. Setelah diverifikasi, cukup transfer uang melalui metode pembayaran pilihan kamu untuk membeli bitcoin.

Kalau berada di Indonesia, kamu bisa membeli Bitcoin (BTC) di website:

  1. Triv.co.id: Di website ini, anda bisa membeli Bitcoin atau Ethereum secara real time dan juga bisa membeli pulsa dan membayar berbagai tagihan menggunakan cryptocurrency kamu.
  2. Indodax.com: Exchange aset digital ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara, sehingga memiliki volume trading yang cukup besar. Selain Bitcoin, di website ini kamu juga bisa membeli Ethereum, Litecoin, Ethereum Classic, Dash, Ripple, NEM, Stellar Lumens, Tokenomy, dan lainnya – langsung dengan menggunakan mata uang Rupiah.

5 Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Bitcoin

Verifikasi : Mayoritas marketplace crypto mengharuskan kamu memverifikasi identitas diri (contoh Dengan mengunggah KTP atau SIM) sebelum kamu dapat membeli bitcoin. Proses verifikasi dapat berlangsung mulai dari hitungan menit hingga beberapa minggu.

Wallet Service : Wallet Service adalah Software tempat kamu dapat menyimpan bitcoin. Jika kamu baru mengenal bitcoin, cari pasar yang sudah menyediakan Wallet Service.

Biasanya Wallet service memberikan Private Key kepada penggunanya. Private Key tersebut digunakan sebagai kata kunci untuk mengakses dompet digital. Pastikan kamu mengingat private key anda sendiri dan jangan sampai hilang.

Price & Fees : Harga bitcoin ditentukan berdasarkan tingkat penawaran dan permintaan. Oleh karena itu, harganya akan naik dan turun tergantung pada jumlah orang yang mau menjual dan membeli bitcoin. biasanya, pertukaran (Exchange) memiliki biaya lebih rendah daripada layanan broker.

Selain biaya perdagangan, seringkali ada biaya tambahan apabila kamu ingin melakukan setoran dan penarikan.

Payment Method : Sebelum kamu membeli bitcoin, kamu wajib terlebih dahulu mentransfer uangmu ke marketplace crypto. Dan menggunakan uang tersebut untuk membeli bitcoin sesuai nominal yang diinginkan. Transfer uang menuju marketplace bisa dilakukan melalui Visa, Master Card, atau pelayanan broker lainnya.

Security : Pastikan bahwa kamu tidak terlalu banyak menyimpan uang anda di Wallet atau dompet online marketplace. Karena Hal ini menarik terjadinya cyber attack yang dapat menghilangkan semua uang yang kamu simpan.

Kapan Waktu terbaik Membeli dan Menjual Bitcoin ?

Sumber : Coinmarketcap

Dalam Cryptocurrency, tidak ada yang namanya waktu terbaik dalah hal jual-beli. Parameter antara waktu yang baik dan waktu yang buruk ditentukan sepenuhnya oleh kamu sendiri.

Semisal kamu menentukan menentukan  baru akan menjual bitcoin ketika harganya sedang naik setidaknya 10%, maka hal tersebut sah-sah saja. Namun pastikan untuk rajin mengecek harga bitcoin secara Real-Time Online agar kamu tidak melewati peluang seperti yang kamu harapkan.

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment