IOT

4 Cara Unik Youtube Meningkatkan Alur Kerja Kreator Video

Written by Techfor Id

1. Peningkatan fitur Upload Default

Foto : thelandscapeoflearning

Upload Default ialah settingan atau pengaturan yang bisa diterapkan seorang kreator video ke semua hasil upload video mereka, meliputi pengaturan :

  • Privasi
  • Kategori
  • Judul
  • Deskripsi
  • Tag

Dan masih banyak lagi. Seorang kreator video bisa memakai opsi ini jika tidak suka atau enggan mengetik ulang deskripsi yang sama setiap kali mengupload video.

Katanya nih, diam-diam Youtube sedang mencari cara untuk membuat fitur Upload Default lebih canggih lagi.

Saat ini memang kreator tidak bisa memilih lebih dari satu set pengaturan default untuk semua video namun kedepannya opsi ini akan segera dimungkinkan. Dan lagi ada kabar juga kalau kreator bisa menyesuaikan beberapa template unggahan video mereka.

Adapun peningkatan lain seperti memungkinkan cloning untuk pengaturan yang sama dari video sebelumnya, dan menerapkan template default untuk upload versi seluler (mobile).

2. Penambahan Fitur Upload Via Google Drive

Youtube berharap dengan update ini para kreator nanti bisa lebih menghemat waktu, bandwith, dan ruang penyimpanan di perangkat mereka. Caranya dengan memungkinkan opsi upload video dari folder Cloud Google Drive mereka masing-masing.

Foto : Skysoft

Sekarang, Youtube hanya menyediakan opsi upload langsung dari penyimpanan internal perangkat, atau dari drive eksternal yang terhubung ke desktop. Tapi kedepannya bakal ada opsi upload via Google Drive.

Sebab, meng-upload video dari Drive akan memungkinkan kreator untuk menghemat ruang penyimpanan fisik dan, bisa menyelesaikan lebih banyak video dari perangkat apapun yag mereka gunakan.

3. Fitur Pre-Publish via Mobile

Mungkin terdengar baru ditelinga banyak kreator, tapi baru-baru ini Youtube merilis opsi Pre-Publish khusus untuk upload video via smartphone atau mobile.

Foto : Hootsuite.com

Ketika mereka mau upload video di desktop, tentu akan ada serangkaian pemeriksaan pra-publikasi yang menganalisis konten apakah melanggar ketentuan Youtube atau tidak.

Nah, sedangkan tools Pre-publish untuk mobile pun punya cara kerja yang sama namun khusus dari perangkat Mobile saja.

Nantinya fitur ini akan memeriksa ada tidaknya pelanggaran hak cipta, dan memastikan video yang kamu upload sudah memenuhi syarat monetisasi serta cocok untuk pemasangan iklan.

4. Fitur Futuristik

Sayangnya, Youtube sedikit bermain rahasia untuk apa itu fitur futuristik yang dimaksud, namun ada kabar yang beredar kalau pihak perusahaan saat ini sedang mengembangkan fitur ini.

Salah satu fitur tersebut adalah pembuatan otomatis untuk judul dan deskripsi video. Yang mana memungkinkan kreator  mengupload video tanpa harus mengatur judul maupun deskripsinya (sudah otomatis diurus oleh Youtube)

Selain itu, YouTube sedang mengerjakan teknologi yang dapat meningkatkan thumbnail berdasarkan model AI.

Waktu rilisnya masih belum bisa dipastikan, tetapi pihak Youtube sudah memastikan kalau hal ini sedang dalam pengembangan.

foto : IG/@jessnolimit

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu