5 Tempat Terbaik Untuk Belajar Membuat Game 3D

0

Membuat game sederhana berbasis 2D memang kini bukan lagi hal yang sulit dan mustahil bahkan untuk pemula sekalipun. Namun bagaimana dengan game 3D ? jelas tidaklah mudah karena akan ada banyak sekali hal-hal rumit yang harus dipelajari dahulu.

Kabar baiknya adalah diinternet kini sudah banyak panduan yang menerangkan cara merancang game 3D. Kebanyakan Panduan tersebut berfokus pada Unity karena popularitasnya di industri game dan menyertakan bahasa pemrograman Java dan beberapa alat pemrograman lainnya juga.

Panduan ini berisi tentang dimana saja kamu bisa belajar mendesain game 3D versimu sendiri. Berikut adalah daftarnya :

1. Unity 3D Tutorial : How To Make A Game

Tutorial ini disusun oleh YouTuber Jimmy Vegas. Setelah ksmu menguasai dasar-dasarnya dengan tutorial pemula, ksmu dapat melanjutkan ke tutorial game khusus genre.

Sekilas melihat halaman YouTube-nya akan menunjukkan banyak sekali genre game seperti  “Bagaimana Membuat Sebuah RPG” l dan “Bagaimana Membuat Sebuah FPS” seri tutorial. Kedua tutorial ini berlangsung di Unity 5 dan juga disesuaikan untuk pemula.

Panduan video darinya dikenal amat mudah dipelajari dan dipahami. Hanya saja karena berbahasa inggris, kamu mungkin harus memahami terlebih dahulu bahasa inggris sebelum mulai melihat videonya.

2. 3D Game Programming : Episode 1 – Window

Untuk kamu yang hobi bermain game dan suka dengan bahasa pemrograman Java, maka serial video Youtube ini sama saja seperti jodoh yang sudah lama kamu nanti-nantikan. Sebab ia berisi tentang cara memprogram game 3D dengan bahasa program Java.

Serial ini disusun oleh YouTuber theChernoProject. Dia merekomendasikan mengunduh eclipse dalam project gamenya.  ini bukan hanya karena IDE pilihannya, tetapi juga karena  IDE Notch yang digunakan untuk merancang Minecraft.

Seri tutorial lengkap berisi 39 video. Mulai dari yang berdurasi pendek sekitar 15 menit, hingga yang berdurasi panjang sekitar 45 menit.

TheChernoProject juga mengajari kamu cara membuat game Java 3D dari awal. Channel tersebut menganggap bahwa kamu tidak harus bisa menulis program sendiri melainkan terbiasa dahulu dengan alat pemrogramannya.

3. Open GL 3D Game Tutorial 1 : The Display

Ini adalah tutorial lain untuk penggemar Java. Video YouTube ini cocok untuk kamu yang memiliki sedikit lebih banyak pengalaman di Java. Tutorial ini mengandalkan OpenGL 3.0 dan yang lebih baru, serta perpustakaan game java yang ringan.

Menurut pembuatnya, dia akan mengajari kamu cara membuat “mesin game yang sederhana namun sangat mengagumkan dari awal”. Serial ini disusun oleh YouTuber ThinMatrix.

Tutorial ini mencakup pelajaran tentang pembuatan medan, pencahayaan, kamera orang ketiga, dukungan multipemain, berbagai sumber cahaya, dan banyak lagi.

Jika kamu mencari seri yang dengan jelas menjelaskan pemrograman OpenGL, tidak ada yang lebih baik dari ThinMatrix. ThinMatrix menawarkan penjelasan yang lebih menyeluruh dan menyertakan diagram relevan supaya kamu tidak bingung selama proses melihat videonya.

Walau tidak direkomendasikan bagi pemula didunia game programming serta bahasa pemrograman Java, tetapi ini adalah salah satu tempat dan sumber yang bagus untuk membuat game 3D.

4. 3D Game Design 1

Kursus desain game ini ditawarkan oleh Apex Learning. Apex Learning adalah perusahaan online yang mengadakan kursus dengan target audiens yang lebih muda.

3D Game Design 1 dirancang untuk audiens berusia 8 hingga 14 tahun. Kursus ini memungkinkan pesertanya mendesain game di mesin game OWL.

Seperti judulnya, kursus ini sangat berfokus pada konsep desain game. Ia berfokus pada perancangan tema, tata letak, dan lingkungan 3D untuk game kamu.

Walau biaya kursusnya tidak murah, fitur yang ditawarkan amatlah banyak dan juga terdapat layanan bantuan live dengan para pakar. Sehingga masalah yang timbul bisa segera diselesaikan.

5. Unity 3D Game Development

Di era digital saat ini, game merupakan salah satu sarana hiburan yang sangat mudah untuk diakses oleh segala kalangan.

Dalam kelas ini kamu akan mengenal kemudahan membuat game dengan Unity Engine dan bagaimana cara memonetisasinya, didampingi oleh lead game developer bertaraf internasional secara semi privat.

Keutamaan yang dimiliki Unity antara lain :

  • Menggunakan bahasa C# yang merupakan high-level language
  • Dokumentasi, support community dan third party libraries banyak dan sangat mudah dicari
  • Support Multi-platform

Info untukmu juga, banyak game terkenal seperti Pokemon Go, Final Fantasy Mobius, Serta Ragnarok yang dibangun menggunakan Unity. Jadi kamu tidak perlu ragu-ragu lagi belajar disana.

Sumber : www.gamedesigning.org

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply