Apa itu Instagram Reels ?
Dalam hal menyaingi TikTok, Instagram baru saja merilis sebuah fitur baru di Amerika yaitu Instagram Reels.
Mirip seperti TikTok, Instagram Reels membuat penggunanya bisa membuat video berdurasi singkat selama 15 detik lengkap dengan audio atau soundtrack musiknya.
Mulanya fitur ini dirilis di Brazil pada November tahun lalu. Diikuti dengan Perancis, Jerman, dan India.
Selain bisa melihat Reels dari akun yang sudah diikuti, pengguna juga bisa melihat Reels dari akun yang sedang trending di Instagram. Isi halaman Explore tiap pengguna akan berbeda, tergantung siapa yang diikuti, jenis konten seperti apa yang dilihat, dan di mana lokasi pengguna berada.
Cara Menggunakan fitur Instagram Reels
Instagram mengatakan bahwa fitur Reels berada dibagian tengah Explore Feed  penggunanya. Untuk menggunakan Audio atau musik, pengguna bisa tap opsi Use Audio yang ada dibagian bawah.
Disamping menambahkan musik, ada sejumlah opsi menarik lainnya yang terdapat pada Instagram Reels. Antara lain :
- Audio untuk menambahkan lagu dari daftar library musik Instagram. Serupa dengan TikTok, jika kamu mengunggah suara sendiri, audio tersebut bakal dilisensikan sesuai dengan pengunggah, untuk kemudian dapat digunakan orang lain.
- AR Effects serupa dengan efek yang ada di Instagram Stories, baik dari Instagram maupun efek kreatif dari para kreator yang bisa dimanfaatkan untuk buat klip-klip menarik.
- Timer and Countdown mempermudah pembuat klip untuk merekam video dengan jeda waktu tiga detik sebelum perekaman, dan dengan durasi yang sudah ditentukan.
- Align berikan panduan tambahan agar transisi dari potongan klip satu dengan yang lain terlihat seamless, seperti konten perubahan kostum baju, atau penambahan orang dalam sebuah klip, misalnya.
- Speed memungkinkan pengguna untuk mempercepat atau perlambat kecepatan video maupun audio yang hendak diunggah.
Alasan Instagram Merilis Fitur Reels
TikTok mengalami perkembangan pesat selama 12 bulan terakhir. Ia bahkan dinominasi sebagai The most downloaded for any app ever pada kuartal pertama tahun 2020.
Jadi bukan hal yang aneh apabila Instagram membuat langkah serupa seperti halnya Tiktok. Nyatanya, ini bukan pertama kalinya Facebook, perusahaan induk Instagram memiliki rencana untuk menyaingi TikTok.
Sebelumnya mereka juga melakukan hal serupa dengan merilis aplikasi Lasso, namun sayangnya hasilnya tidak begitu baik dan membuatnya ditutup dalam waktu cepat.
Disisi lain Reels, dilansir akan memberikan hasil berbeda karena Instagram sebelumnya memang sudah memiliki reputasi dan kemudahan yang ada didalamnya.
Tips Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnis
Kalau sebelumnya kamu sudah menggunakan Instagram Business untuk mengembangkan bisnis, maka Instagram Reels wajib sekali kamu gunakan pula.
Pasalnya seorang fotografer asal Perancis, Janelle Sweeney menggunakan fitur ini selama beberapa minggu dan kini Engagement yang ia dapat meningkat.
Berikut ini adalah 3 tips cara menggunakannya untuk kemajuan bisnis :
1. Buat Konten yang otentik yang mampu ber-resonansi dengan Audiens
Mengupas kesuksesan Instagram Stories ditahun 2016, besar kemungkinan Instagram Reels bisa mencapai kesuksesan yang lebih besar lagi.
Instagram Reels dirancang untuk menjadi cepat dan menyenangkan serta dikemas penuh dengan beragam efek khusus yang membuat si pembuatan konten lebih mudah membuat konten yang otentik
Ini menawarkan peluang besar bagi pebisnis untuk menunjukkan sisi yang lebih manusiawi. Misalnya saja kalau dulu kamu hanya memuat posting tentang foto produk, kini kamu bisa menyajikannya dalam bentuk video singkat dimana ada kamu didalamnya.
2. Bagikan Konten-Konten Yang bersifat Edukatif
Membuat postingan Reels yang bersifat edukatif adalah langkah awal yang bagus. Misalnya saja kamu merupakan bisnis yang bergerak di bidang Travel, maka coba bagikan 5 tips traveling dan kemas kurang dari 15 detik.
Contoh lainnya bisa kamu lihat pada postingan thesocialfood. Akun ini seringkali membagikan video edukatif berupa resep dari produk yang ditawarkan.
Disamping itu, mereka juga menyisipkan resepnya dalam bentuk Caption dan menambahkan hashtags seperti #ReelsFood dan #Recipeformoms.
3. Showcase Produk
Kalau dulu kamu hanya bisa mempromosikan produkmu melalui foto saja, kini kamu bisa lakukan dengan video melalui fitur Reels.
Kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk membuat video singkat yang menggambarkan produkmu secara 3 dimensi. Sehingga audiens kamu mendapatkan gambaran sepenuhnya seperti apa produk yang dijual.