Langkah tepat yang harus diketahui untuk menjadi Social Media Marketing

4

Teknologi digital sekarang sudah sangat berkembang, dimana Indonesia juga sedang mempersiapkan diri menjadi negara ekonomi digital.

Dalam hal pemasaran teknologi digital menjadi sarana yang baik dalam membangun hubungan dengan konsumen di seluruh Indonesia maupun seluruh dunia. Teknologi ini sangat membantu dalam mendapatkan feedback dari para konsumen.

Dengan media sosial yang semakin mudah untuk di akses, hal tersebut dapat lebih mudah untuk dilakukan, social marketing dapat memanfaatkan aktifitas media sosial untuk kepentingan pemasaran.

Seorang social marketing bertanggung jawab untuk mempersiapkan konten apa yang menarik untuk di share dan menjaga intensitas pengikut yang mengakses terus meningkat.

Adapun yang menarik perhatian adalah pola kerja social marketing di salah satu platform bisnis online yang sudah besar di Indonesia. Oleh karena itu, team melakukan wawancara eksklusif dengan Putri Nindya – Social Marketing, Shopee.

Berikut hasil wawancara kami :

Ada beberapa pertanyaan seputar pekerjaan untuk Mba Putri. Sebelumnya, Mba Putri berapa lama di Shopee?

Sudah dari Maret 2016, sebagai Social Marketing. Pekerjaannya adalah mulai dari melakukan brainstorming ide – ide. Implementasi dari campaign – campaign yang ada, kita juga diskusi dengan tim yang lain ingin membuat konten apa di social media. Kemudian, membuat briefing , posting, reporting. Pada dasarnya, setiap hari bertugas untuk membuat konten dan menjadwalkan unggahan di social media.

Bagaimana menurut Mba, peluang seorang Social Media Marketing sekarang dan kedepannya?

Secara profesi, Social Media Marketing lumayan diminati. Hampir semua perusahaan membutuhkan media sosial, karena media sosial ini sangat besar pengaruhnya bagi perusahaan-perusahaan yang ada. Tidak hanya perusahaan saja sih,  bisnis atau penjual kecil seperti online shop tetap butuh media sosial. Dari media sosial, kita bisa membentuk sebuah brand yang terpercaya, lebih dikenal sampai bisa dibeli oleh orang banyak. Social Media Marketing ini menjadi suatu hal yang penting dan kedepannya akan semakin berkembang. Karena sekarang media sosial semakin gila sekali, sudah mudah diakses, semakin banyak fiturnya jadi  sangat menjanjikan untuk semua bisnis.

Pada saat bekerja sebagai Social Media Marketing, tantangan apa yang sering dihadapi?

Tantangannya pasti banyak ya. Media sosial kan yang paling penting, dimana kita dapat bertemu langsung dengan user online. Tantangan yang paling susah adalah apabila kita punya target dari perusahaan seperti follower, engagement, dan lain – lain. Jadi interaksi antar kita sebagai perusahaan dengan user tidak boleh menurun tingkatnya. Kita di followers media sosial harus tetap naik, engagement dan komentar juga harus naik, comment harus naik. Share harus tinggi. Itu sih yang menjadi tantangan bekerja di media sosial.

Apakah ada yang menggunakan tools atau aplikasi tidak untuk bekerja di Social Media Marketing?

Banyak sih. Tapi semua media sosialnya dijalankan secara manual. Tapi awalnya kita manual, semuanya dikerjakan sendiri.

Kalau pekerja Social Media Marketing ini, sistem kerjanya remote atau jadwal kantor?

Jadwal kantor. Kita semua pakai jadwal kantor, setiap hari Senin sampai Jumat, mulai dari pukul 09.30-18.30 WIB. Walaupun Sabtu Minggu juga kadang remote. Karena kan kita ada kebutuhan untuk diskusi dengan tim lain jadi kita remote.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Masalah yang paling sering dihadapi selama bekerja disini?

Setiap pekerjaan pasti ada masalah. Bukan masalah sih, tetapi hal yang harus selalu diperhatikan lebih tepatnya yaitu untuk selalu teliti dan meniadakan kesalahan. Karena apabila ada kesalahan sedikit pada pekerjaan di media sosial, maka akan cepat dilihat oleh semua orang. Jadi itu sih yang harus dijaga dan cukup sulit. Contohnya seperti menjaga akun Instagram, ada kesulitan untuk manage akun media sosial ini dalam satu gadget seperti handphone misalnya. Ketika kita mengunggah sesuatu untuk akun pribadi dengan akun Shopee, maka itu menjadi sebuah kesalahan. Oleh karenanya, kita harus selalu cek kembali sebelum update, apakah ini sudah di akun Shopee atau justru akun pribadi. Ditambah lagi, Shopee juga tidak hanya memiliki satu akun. Ada banyak channel akun media sosial Shopee, jadi kita punya tugas untuk memperhatikan hal tersebut lebih jeli.

Problem lainnya adalah up to date akan trend terkini. Kita benar benar memantau terus apa yang sedang trending di media sosial. Misalnya, sekarang ini ada 10 Year Challenge viral, Shopee juga bikin.

Untuk menjadi Social Media Marketing, harus belajar apa sih?

Saya justru juga enggak punya basic untuk social media marketing. Jadi saya benar benar belajar di Shopee saat pertama kali bekerja disini. Sebenarnya gampang gampang susah. Karena bicara soal media sosial, siapa sih yang tidak mengenal media sosial sekarang ini? Media sosial sendiri sudah menjadi hal yang sangat dekat dengan kita. Tetapi, bagaimana cara kita bisa mengoptimalkan fungsi media untuk dapat mendatangkan keuntungan kembali pada kita. Kita harus tau bagaimana target market kita, konten seperti apa sih yang sesuai dengan market kita. Sementara, untuk bahasa penulisan caption saja sudah banyak yang berbeda beda, jadi kita harus paham betul basic marketing mengenai target segment kita. Lebih lagi, kita juga harus mampu menganalisa data dari sebuah postingan. Bukan hanya sekedar memilih postingan yang bagus, upload, kemudian selesai. Tetapi, kita juga harus bisa belajar menganalisa data. Dari data tersebut kita dapat tentukan, mana yang bagus dan buruk. Mana yang tidak perlu kita lakukan lagi, mana yang dapat kita gunakan dan kita adaptasi dengan perubahan-perubahan tertentu.

Bisa kasih gambaran, nama industri yang berpeluang untuk bekerja sebagai Social Media Marketing?

Semua industri yang bergerak dibidang teknologi pasti butuh social media marketing. Seperti E-Commerce terutama yang butuh pengelolaan media sosial yang baik. Kemudian, brand – brand seperti smartphone Oppo, Vivo, dll. Industri kreatif juga, hampir semua sih.

Ini sedikit privasi. Rata-rata range pendapatan/gaji seorang Social Media Marketing berapa ya? Ada perbedaan junior atau senior begitu tidak?

Ada, saat pertama kali masuk. Untuk range gajinya, mungkin mulai dari 4,5 juta kali ya. Kalau yang paling tinggi, biasanya tergantung dia nya sudah berada di level pekerjaan apa. Biasanya kalau selevel manager, dia sudah tidak hanya bahas unggahan media sosialnya saja. Mungkin, gajinya sekitar ±15 juta.

Untuk menjadi Social Media Marketing, perlu menjadi lulusan IT ga sih?

Oh tidak. Saya justru lulusan Broadcasting. Tapi rekan saya yang lain umumnya lulusan Ilmu Komunikasi dan ada juga yang DKV. Media sosial itu kan juga berhubungan dengan visual.

Pengalaman kerja yang paling susah?

Yang paling susah adalah buat konten yang viral. Karena kalauviral itu justru yang tidak kita rencanakan itu yang akan meledak. Contohnya seperti jingle Shopee Shark, kalau ada yang pernah dengar ya. Jingle itu lumayan meledak dan di media sosial juga banyak yang bahas.

Ada saran tidak Mba untuk pekerja Social Media Marketing ketika buntu atau kehabisan ide?

Sebenarnya kalau membicarakan creative work, di semua divisi pasti pernah mengalami kehabisan ide. Saran saya adalah lebih mencari referensi-referensi baru, termasuk di media sosial. Karena di media sosial, banyak sekali akun-akun yang dapat dijadikan bahan referensi. Jangan sampai dalam mencari ide, kita hanya terpaku pada satu atau dua akun saja. Tidak. Kita harus mencari referensi sebanyak mungkin. Pokoknya kita harus senang melihat, senang memperhatikan dan senang mencari hal-hal yang unik, asalkan bisa dirubah sedemikian rupa agar menjadi lebih orisinil. Kita harus pintar-pintar mengimplementasikan ide tersebut sehingga terlihat seperti ide itu adalah milik kita.

Kalau kembali ke masa kuliah, training atau semacamnya, keahlian apa sih yang diharapkan lebih dikuasai untuk bidang Social Media Marketing?

Saya mau belajar bagaimana caranya membuat akun media sosial yang sesuai dengan target. Kita, pada dasarnya, harus tau cara menyesuaikan antara konten dengan target sasaran. Karena dalam media sosial itu banyak sekali percobaan, segala trial and error sering banget terjadi. Kemauan untuk melakukan berbagai macam percobaan itulah yang harusnya saya punyai sejak dulu. Sama halnya, cara membuat konten dan mengerti bagaimana sebuah postingan akan terlihat lebih optimal seperti hal yang teknis semacam jumlah tulisan dalam unggahan dan seperti Instagram dan Facebook, yang kalau di Shopee itu online marketing kita terpisah dengan media sosialnya, sebenarnya saya kurang mengerti bagaimana Aplikasi itu berjalan. Itu sih yang saya harapkan untuk saya kuasai.

Apa yang Mba Putri harapkan untuk diajarkan di kuliah mengenai Social Media Marketing?

Belajar membuat konten. Bagaimana cara membuat konten yang baik untuk media sosial.

Jika Mba Putri bisa memilih partner, apa 3 hal yang diharapkan dimiliki oleh partner Mba dalam bekerja sebagai Social Media Marketing?

Pertama adalah teliti. Karena media sosial itu benar benar akan dilihat banyak orang. Pengalaman saya saat ada ketidaktelitian, justru yang menyadarinya bukan saya. Tetapi orang lain yang diluar Shopee yang mengingatkan saya seperti kesalahan ketik (typo). Kesalahan kecil apapun di media sosial akan cepat disaksikan orang lain. Walaupun kita cepat menghapusnya, tetap saja mungkin ada yang lebih cepat screenshot kesalahan tersebut, itu sangat riskan. Oleh karenanya, kita harus cek berulang-ulang kali dan teliti.

Kedua adalah inisiatif, orang kalau tidak punya keinginan sendiri untuk belajar dan mencari hal baru, kontennya akan membosankan dan itu-itu melulu.

Ketiga harus punya rasa ingin tahu yang besar, seorang social media marketing harus selalu mengikuti hal-hal baru dan selalu penasaran dengan apa yang sedang trending dan viral agar dapat kita implementasikan ke perusahaan.

Ada sisi lain tidak dari Mba Putri sebagai seorang social media marketer, mungkin ada hobi lain?

Sebenarnya saya justru suka menulis blog dan suka baca buku. Menulis blog sudah lumayan lama dan juga pernah ikut gabung ke komunitas blogger. Blog saya isinya seputar daily life sih, tentang keseharian saya bagaimana bekerja di Shopee, pengalaman kuliah juga pernah saya tulis. Saya juga sering jadi freelance penulis artikel atau jadi admin online shop juga.

Share.

About Author

Putri Nindya

Social Media Marketing at Shopee

4 Komentar

  1. Dino Wiratman on

    Mba cara untuk akun jualan kita itu bisa menghasilkan feedback yang baik untuk usaha kita

  2. Natasya Laili on

    Kalau terkait marketing satu hal yang paling penting itu harus komunikatif sama daya tarik yang menjual ya mba hehe

  3. Pingback: 10 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui ! – Asosiasi Digital Marketing

  4. Pingback: Apa yang Dimaksud Search Engine Marketing (SEM) dan Cara Menggunakannya

Leave A Reply