Renewable Energy

Lima Trik Perpanjang Umur Baterai Smartphone

Written by Techfor Id

TechforID – Memperpanjang umur baterai smartphone keinginan yang dimiliki setiap pemiliknya. Lantaran kualitas dan kondisi baterai bisa memengaruhi kinerja samrtphone secara keseluruhan.

Namun, baterai lithium-ion (Li-ion) pada smartphone memiliki masa pakai tertentu. Membuat kondisi baterai akan terus menurun setelah beberapa tahun dipakai.

Kondisi ini bisa diperparah dengan berbagai kebiasaan sepele yang buruk bagi kesehatan baterai. Salah satunya adalah kebiasaan mengisi daya baterai atau nge-charge.

Untuk bisa memperpanjang umur baterai, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Berikut TechforID bagikan dari berbagai sumber lima trik memperpanjang umur baterai smartphone.

1 Jangan Sampai Baterai di Bawah 20 Persen

Membiarkan baterai smartphone di bawah 20 persen sampai mati total tentunya akan mengurangi masa pakai. Jika sering dibiarkan mati total ketahanan baterai perlahan akan menurun.

Sel baterai akan tertidur jika baterai dalam keadaan kosong. Kemungkinan terburuk akan menyebabkan sel baterai kehilangan kemampuan menyerap daya dari charger. Baiknya mengisi baterai saat berada pada angka 20-30 persen.

2. Jangan Menunggu Baterai Penuh

Menurut Cadex Electronics, produsen perangkat penguji baterai smartphone, mengisi baterai Li-ion hingga 100 persen justru akan memperpendek usia baterai dan membuatnya cepat rusak.

Baca juga: Tips Google Jaga Kualitas Baterai Ponsel

Baterai Li-ion modern lebih baik tidak diisi secara penuh, namun dicharge secara reguler. Pengisian baterai secara reguler bagus untuk memperpanjang usia sel baterai yang sensitif dan rentan stres.

3. Jangan Gunakan Powerbank

Powerbank sering jadi penyelamat ketika tidak bisa menemukan stop kontak listrik. Fungsinya ini membuat banyak orang menggunakannya meski bisa mengisi daya lewat charger.

Padahal, terlalu sering menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai berkurang, lantaran tidak mengalirkan arus listrik yang stabil dan sesuai frekuensi samrtphone.

4. Hindari Mengisi Daya Semalaman

Mengisi daya smartphone semalaman tidak baik bagi kesehatan baterai. Arus listrik terus mengaliri meski sudah terisi 100 persen. Akibatnya, smartphone akan mengalami pengurangan kapasitas baterai dan bahkan bisa membuatnya terbakar.

5. Hindari Suhu Tinggi

Sifat kandungan kimia dalam baterai Li-ion dikenal sangat sensitif dan rentan stres. Tak heran jika masa pakai baterai akan cepat menurun jika sering terpapar suhu tinggi atau ekstrem.

Menurut Battery University, situs yang membahas seluk-beluk baterai, Li-ion akan stres saat terkena panas. Untuk itu, sebaiknya hindari HP dari situasi dengan suhu lebih dari 35 derajat celcius.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu