Ringkasan 5 Core Update Google Pada Bulan Desember 2020

0

Untuk Pembaruan Inti (Core Update) Desember 2020, Google belum memberikan informasi apa pun yang belum kami ketahui, dan saran untuk pembaruan inti tetap sama seperti sebelumnya.

Seperti biasa, semuanya bermuara pada relevansi konten. Topik ngetren kemungkinan akan naik keatas, dan konten yang baru diterbitkan akan dinilai ulang terhadap bagian sebelumnya.

Poin utamanya disini  adalah :

  • Penurunan peringkat tidak selalu berarti halaman “salah” atau perlu diperbaiki.
  • Tidak banyak yang dapat kamu lakukan jika situs kamu tiba-tiba mengalami penurunan peringkat.
  • Berfokuslah untuk menawarkan konten terbaik semampumu, dan kamu akan mendapatkan imbalan setimpal.

Seperti halnya pembaruan ini, tidak semuanya berita buruk. Sementara beberapa situs pasti akan melihat penurunan pada halaman hasil mesin pencari (SERP), yang lain akan naik peringkatnya.

Kalau selama beberapa bulan terakhir kamu bekerja dengan rajin dalam meningkatkan SEO juga kontenmu, maka kali ini kamu akan melihat hasil positifnya.

5 Core Update Google Desember 2020

Anchor Text  adalah Faktor Peringkat Google

Dan Anchor Text  yang lebih panjang memberi lebih banyak konteks kepada perayap web. Kedua fakta ini berasal dari Google John Mueller, Seorang pakar Analis SEO.

Mueller menjelaskan bahwa Google membaca dan memproses semua Anchor Text (teks tautan), dan teks tautan yang lebih panjang dan lebih rinci memungkinkan mesin pencari untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang ada di halaman itu.

Meski begitu, disini bukan berarti Anchor text secara langsung mempengaruhi peringkat. Dampak yang diberikan tergantung dari bagaimana kamu memanfaatkannya untuk memberi Google wawasan tambahan tentang apa yang ada di balik Anchor text tersebut.

Update Page Experience Khusus Versi Mobile

Masihkah kamu ingat pembaruan Page Experience  yang ditetapkan untuk Mei 2021? Nah, ternyata page experience sebagai sinyal ranking hanya akan berlaku untuk Penelusuran pada versi seluler saja.

Artinya pengaruhnya akan terasa di hasil Penelusuran seluler, bukan desktop. Sesuai dengan fokus Google pada pengalaman pengguna seluler (UX), pembaruan ini tidak akan merusak SERP desktop.

2 Update Baru untuk Google MyBussiness dan Google Maps

Pembaruan, yang diumumkan di hub Google Small Bussines adalah yang terbaru dari banyak peningkatan untuk Maps dan penelusuran lokal.

Sekarang, saat pelanggan mengajukan pertanyaan, bisnis yang terverifikasi dapat membalas pesan langsung dari aplikasi Google Maps melalui Profil Bisnis mereka. Dan, jika penelusur menelepon suatu bisnis dan tidak mendapatkan jawaban, mereka akan diminta untuk mengirim pesan.

Pembaruan kedua memberikan bisnis metrik lokal tambahan di Google MyBussiness, memberikan lebih banyak wawasan tentang kueri penelusuran sebenarnya yang digunakan untuk menemukan bisnis mereka dan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana pelanggan menemukan Profil Bisnis mereka.

Youtube Membagikan Detail Tentang Cara Kerja Algoritmanya

Tim Penelusuran & Penemuan YouTube merilis video dengan banyak informasi tentang cara mengoptimalkan video di platform. Kuncinya?

Pelanggan tidak aktif tidak memengaruhi peringkat; mengubah judul dan gambar mini dapat membuat perbedaan besar; dua faktor peringkat YouTube yang paling penting adalah relevansi dan kinerja.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa sistem rekomendasi YouTube memberi peringkat berdasarkan apa yang kemungkinan besar ditonton oleh pengguna.

Google Mengungkap Mitos dibalik Crawl Budget

Dari semua istilah SEO, Crawl Budget atau anggaran penelusuran yakni  jumlah halaman situs web yang di-crawl dan diindeks Googlebot dalam jangka waktu tertentu.  Akhir-akhir ini telah terjadi kesalahpahaman terkait hal itu dan Google memutuskan untuk menghapus beberapa hal dalam dokumen bantuan praktis.

Di antara info berguna tentang praktik terbaik dan pemantauan, dokumen tersebut juga menyertakan bagian tentang mitos anggaran crawl. Perlu diingat bahwa perayapan bukanlah faktor peringkat, situs kecil dirayapi sesering situs besar dan mengompresi peta situs tidak akan meningkatkan anggaran perayapan pemilik website.

Sumber : https://www.seoblog.com/seo-news-you-can-use-googles-december-2020-core-update-is-here/

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply