Programming

Saham Tambang Bitcoin Turun? Apa Alasannya?

Mengapa Saham Tambang Bitcoin Turun ?

Mata uang kripto popular Bitcoin (CRYPTO:BTC) tiba-tiba mengalami penurunan saham tambang di pasarnya. Pasalnya harga mereka kini turun menjadi USD$ 46.200, 21% lebih kecil ketimbang harga tertingginya yang dicapai beberapa hari lalu.

Akibat kejadian ini banyak yang beranggapan bahwa penurunan 20% tersebut layak diberi label bear market / pasar beruang.

Karena penurunan Bitcoin, saham untuk perusahaan penambangan Bitcoin jatuh bebas hari ini. Saham Grup Paten Marathon (NASDAQ: MARA), Riot Blockchain (NASDAQ: RIOT), Bit Digital (NASDAQ: BTBT), CleanSpark (NASDAQ: CLSK), dan Canaan (NASDAQ: CAN) semuanya turun setidaknya 25% pada pukul 10.00 EST.

Lalu Apa Dampak Dari Turunnya Bitcoin ?

Tidak mungkin untuk secara pasti mengatakan apa yang menyebabkan pasar beruang Bitcoin. Namun, beberapa tokoh terkemuka sudah memperingati beberapa investor dalam  beberapa hari terakhir, termasuk Janet Yellen, menteri keuangan AS yang baru.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

Di New York Times DealBook Conference, Yellen dilaporkan mengatakan bahwa Bitcoin adalah “cara yang tidak efisien untuk melakukan transaksi.”

Memang apa yang dikatakan Yellen bisa dibilang benar, sebab transaksi dapat diproses jauh lebih cepat oleh jaringan pembayaran tradisional ketimbang dengan blokchain Bitcoin.

Bahkan mata uang kripto lainnya, seperti Dash, dapat berkinerja lebih cepat daripada Bitcoin. Selain itu, Bitcoin membutuhkan banyak energi.

Menurut Statista, lebih banyak listrik digunakan pada satu transaksi Bitcoin daripada 100.000 transaksi Visa. Jadi, wajar untuk mengatakan Bitcoin tidak efisien untuk transaksi.

Lalu ada CEO Tesla Elon Musk. Musk kemungkinan tidak terlalu berpengaruh dalam peraturan pemerintah untuk cryptocurrency. Tapi dia memang menarik banyak perhatian di antara beberapa pendukung Bitcoin akibat langkah investasinya.

Karena Tesla menjadi berita utama dalam beberapa minggu terakhir ketika menggunakan $ 1,5 miliar dollar US miliknya untuk membeli token Bitcoin.

Namun, Musk mengirimkan pesan yang beragam dengan menggunakan platform media sosialnya untuk mengatakan “BTC & ETH memang terlihat tinggi lol.” Ini mengacu pada harga Bitcoin dan Ether, token asli dari blockchain Ethereum.

Apakah Bitcoin akan diatur ? Apakah harga Bitcoin terlalu tinggi ? Faktor-faktor ini kemungkinan membebani pikiran investor dan mengirimkan harga lebih rendah hari ini.

Dan saat Bitcoin memasuki pasar beruang, ia juga menyeret turun saham pada lembaga lain seperti Marathon, Riot Blockchain, Bit Digital, CleanSpark, dan Canaan.

Bagaimana Nasib Bitcoin Kedepannya ?

Saat berinvestasi di saham, bisa dilihat dari bisnis yang mendasarinya. Dan penambangan Bitcoin adalah bisnis mendasar yang sulit untuk diinvestasikan bagi banyak orang.

Perusahaan yang secara langsung menambang Bitcoin seperti Marathon, Riot Blockchain, Bit Digital, dan CleanSpark memiliki hal-hal yang dapat mereka kendalikan.

Mereka dapat mencoba menjadi efisien dengan konsumsi daya, mengamankan peralatan penambangan dengan harga yang wajar, dan manajemen dapat menjadi pengalokasi modal yang cerdas. Sebagai investor, wajib bisa melacak semua hal-hal tersebut.

Baca Juga :

7 Aplikasi Bisnis Baru Yang Terintegrasi Dengan Teknologi Blockchain

Tetapi ada satu hal yang tidak dikendalikan oleh penambang Bitcoin: harga Bitcoin. Pada akhirnya, operasi penambangan yang berjalan paling baik bisa menjadi investasi yang buruk jika harga Bitcoin turun.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang Kanaan. Permintaan untuk peralatan penambangannya tinggi saat ini, mengingat lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini.

Tetapi jika harga berbalik, perusahaan dapat menemukan dirinya dengan banyak persediaan dan tidak ada pembeli yang mana sempat terjadi di masa lalu.

Karena Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sangat tidak stabil, pemegang saham penambangan masih belum jelas nasibnya selama beberapa bulan kedepan.

Selama enam bulan terakhir, memang berjalan dengan baik. Tapi bukan berarti untuk 6 bulan berikutnya akan sama baiknya atau bahkan bisa lebih turun lagi.

Sumber : www.fool.com

Baca Selanjutnya….

Mengenal Sejarah Bitcoin Dan Nilainya Dari Masa Ke Masa

About the author

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]