AI & Data Science

Saingi Popularitas Clubhouse, Facebook Ciptakan Audio Live Rooms

Written by Techfor Id

Guna menyaingi popularitas aplikasi Clubhouse, Facebook meluncurkan Live Audio Rooms dan Podcast di platformnya. Menyikapi Clubhouse berkembang pesat selama pandemi virus.

Sebagai informasi, Clubhouse saat ini sudah berhasil menarik lebih dari 10 juta pengguna dan mengumpulkan valuasi hingga lebih dari 1 milliar dollar. Perkembangan Clubhouse membuat raksasa sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter, Spotify, dan yang lainnya untuk ikut mengembangkan fitur serupa di platform mereka.

Pasar audio pada dasarnya sangat terfragmentasi. Setiap platform melakukan sesuatu yang spesifik, baik komponen audio langsung atau komponen podcast,” ujar Fidji Simo, Head Application di Facebook.

Selain itu, pihak Facebook juga dikabarkan menjalin mitra dengan tokoh masyarakat di Amerika Serikat sebagai Narasumber di Audio Live Rooms mereka. 

Baca juga: Sambut Metaverse, Facebook Bakal Ganti Nama

Di antaranya termasuk artis musik nominasi Grammy TOKiMonsta, Russel Wilson, Rosa Clemente, dan masih banyak lagi.

Pengguna dapat mendengarkan dan bergabung dalam percakapan langsung dengan tokoh masyarakat, pakar, dan lainnya tentang topik yang mereka minati.

Pengguna di iOS dan Android dapat menemukan ruang audio untuk bergabung di tempat-tempat seperti umpan berita Facebook dan melalui notifikasi. Orang juga dapat mendaftar untuk diingatkan saat ruang audio ditayangkan. Saat mendengarkan percakapan, pengguna akan diberi tahu saat teman atau pengikut bergabung.

Untuk berpartisipasi secara real time, pengguna dapat mengaktifkan teks langsung, meminta untuk bergabung dalam percakapan, dan menggunakan reaksi emoticon.

https://asset.kompas.com/crops/hn9hwy_IrNvxpCcqUSyihrQEoas=/105x0:1401x864/750x500/data/photo/2021/06/22/60d12db042153.jpg

Facebook juga turut menyajikan sistem donasi untuk mendukung host alias konten kreator di Live Audio Rooms, layaknya di platform streaming game Twitch. 

Penonton dapat membeli kills uang khusus bernama “Stars” untuk diberikan kepada konten kreator yang mereka sukai.

Foto : Facebook

Untuk menambahkan reputasi Live Audio Rooms, Facebook merencanakan untuk membawa fitur ini ke grup Facebook. Dengan begitu, pemakai Facebook bisa lebih mudah terhubung dengan fitur Live Audio Rooms.

Baca berita selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu