AI & Data Science

Tips Menggunakan Telegram Ad Platform Tingkatkan Penjualan

Avatar photo
Written by Techfor Id

TechforID – Telegram Ad Platform bisa menjadi pilihan untuk mendorong pertumbuhan penjualan, dengan membuat dan mempromosikan produk melalui iklan.

Ad Platform Telegram merupakan sebuah medium untuk membuat pesan bersponsor di channel publik dengan lebih dari 1000 user atau pelanggan.

Fitur ini memudahkan dalam mengelola iklan dan anggaran. Bisa memilih iklan akan ditampilkan di mana, hingga memantau performa iklannya.

Berikut TechforID rangkumkan bagaimana cara menggunakan Telegram Ad Platform, yuk disimak.

1. Logging In (Masuk)

Untuk mulai membuat iklan di Telegram, pengguna harus masuk terlebih dahulu dengan akun yang sudah terdaftar.

Setelah memiliki akun, masukkan nomor telepon akun di halaman login, dan setelah itu akan menerima pesan di Telegram, dari akun layanan terverifikasi, untuk mengonfirmasi login ke platform.

2. Memilih Akun

Setelah masuk ke Telegram, pengguna dapat melanjutkan dengan Akun Pribadi atau dengan membuat sebuah Organisasi.

Organisasi dibangun di sekitar Grup dan Channel Telegram, menghubungkan grup atau channel sebagai sebuah organisasi, memberikan kesempatan semua admin untuk mengelola iklan yang dibuat oleh Organisasi.

Baca juga: Enam Fitur Menarik di Layanan Telegram

3. Membuat Iklan

Klik ‘Buat iklan baru’ untuk memulai membuat iklan. Selanjutnya, pengguna akan melihat template dengan beberapa bidang yang harus diisi, seperti memberi Judul, Teks, dan URL pada iklan.

Semua tautan yang disertakan dalam bidang Teks dan URL harus terhubung ke saluran atau bot di Telegram, menggunakan format t.me/link atau @link. Tautan ke situs eksternal tidak diperbolehkan.

Tautan yang dimasukkan di bidang URL akan ditambahkan ke tombol di bawah pesan sponsor.

Jika menyertakan tautan dalam teks, tautan tersebut harus mengarah ke tujuan yang sama dengan tautan di bidang URL.

4. CPM dan Anggaran Iklan

Setelah teks pesan sponsor selesai, pengguna dapat menetapkan Cost-Per-Mille (CPM) untuk iklan, yang merupakan harga untuk seribu views dalam iklan. CPM minimum untuk pesan bersponsor adalah €2 atau setara dengan Rp 32.634.

Anggaran iklan adalah jumlah dana yang bersedia dialokasikan untuk pesan sponsor tertentu. Pesan sponsor akan terus ditampilkan hingga mencapai jumlah ini.

Untuk meningkatkan anggaran iklan, buka atau klik menu anggaran langsung dari beranda. Sedangkan untuk mengurangi anggaran iklan, hentikan dan hapus iklan, dana yang tersisa akan dikembalikan secara menyeluruh.

5. Menambahkan Dana

Jika membuat iklan untuk pertama kalinya, pengguna mungkin belum memiliki dana di akun.

Saat mencoba membuat iklan, pengguna akan melihat pesan ‘Saldo Anda terlalu rendah’ di bawah menu Anggaran.

Klik ‘Tambah Dana’ untuk memasukkan saldo ke akun, iklan akan disimpan sebagai draf sehingga dengan mudah mempublikasikannya nanti.

Pengguna juga dapat memublikasikan iklan tanpa anggaran, lalu dapat mengklik kembali jika siap untuk meluncurkannya.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu