13 Contoh Bagaimana Teknologi Blockchain Membantu Kehidupan di Dunia Nyata

0

1. Proses Pembayaran & Transfer Uang

Blockchain berperan sebagai sarana untuk mempercepat transfer dana dari satu pihak ke pihak lain.

Blockchain Memvalidasi transaksi selama 24 jam sehari selama seminggu. Bisa dibilang blockchain bekerja terus menerus tanpa henti. Dan Proses transaksi yang dilakukan dengan blockchain akan selesai hanya dalam hitungan detik.

2. Monitoring Rantai pasokan

Blockchain juga sangat berguna untuk memonitor rantai pasokan. Dengan menghapus jalur berbasis kertas, bisnis harus dapat menunjukkan inefisiensi dalam rantai pasokan mereka dengan cepat, serta menemukan barang secara real time atau waktu nyata.

Selanjutnya, blockchain akan memungkinkan bisnis, dan bahkan mungkin konsumen, untuk melihat bagaimana produk tampil dari perspektif kontrol kualitas saat mereka melakukan perjalanan dari tempat asal mereka ke pengecer.

3. Program penghargaan loyalitas pada bisnis retail

Blockchain dapat merevolusi pengalaman ritel dengan menghadirkan reward bagi pelanggan setia.

Dengan membuat sistem berbasis token yang memberikan penghargaan kepada konsumen, dan menyimpan token ini dalam blockchain, hal itu akan mendorong konsumen untuk kembali ke toko anda dan melakukan pembelian lagi.

Metode ini juga akan menghilangkan tindakan penipuan dan pemborosan yang biasanya terkait dengan program penghargaan loyalitas berbasis kertas dan kartu

4. Digital ID

Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menghadapi tantangan identitas. Microsoft (NASDAQ: MSFT) ingin mengubahnya.

Microsoft membuat ID digital dalam aplikasi Authenticator  mereka yang  saat ini digunakan oleh jutaan orang – yang akan memberi pengguna cara untuk mengontrol identitas digital mereka sendiri.

Hal Ini akan memungkinkan orang-orang di daerah miskin untuk mendapatkan akses ke layanan keuangan, atau memulai bisnis mereka sendiri.

5. Sharing Data

Cryptocurrency IOTA meluncurkan versi beta dari Data Marketplace pada November, menunjukkan bahwa blockchain dapat digunakan sebagai pasar untuk sharing atau menjual data yang tidak digunakan.

Karena sebagian besar data perusahaan tidak digunakan, blockchain dapat bertindak sebagai perantara untuk menyimpan dan memindahkan data ini untuk meningkatkan sejumlah industri.

Namun saat masih dalam tahap awal, IOTA memiliki lebih dari 35 peserta bermerek (dengan Microsoft menjadi satu satunya) yang menawarkan feedback.

6. Copyright dan Royalty Protection

Di dunia dengan akses internet yang berkembang, undang-undang hak cipta dan kepemilikan musik dan konten lainnya semakin rentan dengan Pembajakan atau Piracy.

Dengan blockchain, undang-undang hak cipta tersebut akan ditingkatkan secara signifikan untuk pengunduhan konten digital, memastikan artis atau si pembuat konten yang dibeli mendapat bagian dari hasil penjualan digitalnya.

Blockchain juga akan menyediakan data distribusi royalty secara  real-time dan transparan kepada musisi dan pembuat konten.

7. Voting Digital

Kamu tentunya khawatir tentang penipuan dalam sistem voting. Nah, dengan blockhain anda tidak perlu khawatir lagi.

Blockchain menawarkan kemampuan untuk memilih secara digital, tetapi cukup transparan sehingga regulator mana pun dapat melihat apakah ada sesuatu yang berubah di jaringan kamu.

Blockchain menggabungkan kemudahan pemungutan suara digital dengan imunitas dari blockchain untuk membuat vote anda benar-benar diperhitungkan.

8. Transfer Real Estate, Tanah, dan Kepemilikan Secara Otomatis

Salah satu tujuan utama blockchain adalah menghilangkan jejak data berbasis kertas, karena jalur kertas sering menjadi sumber kebingungan.

Kalau kamu membeli atau menjual tanah, rumah, atau mobil, kamu memberikan surat kepemilikan yang jelas.

Untuk mengatasi masalah ini, blockchain dapat menyimpan bukti kepemilikan tersebut di jaringannya, menyajikan bukti transfer yang transparan, serta memberikan gambar kepemilikan hukum yang jelas.

9. Food Safety

Kegunaan ajaib lainnya dari Blockchain yakni Karena data blockchain tidak dapat diubah, kamu dapat melacak pengiriman produk makanan dari tempat asalnya hingga ke supermarket.

Terlebih lagi, jika ada penyakit yang ditularkan melalui makanan tersebut, blockchain akan memungkinkan sumber kontaminasi ditemukan jauh lebih cepat.

10.  Hak-Hak Pekerja

Hal menarik lainnya dalam menggunakan Blockchain adalah Blockchain berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan hak-hak pekerja di seluruh dunia.

Menurut Organisasi Perburuhan Internasional, 25 juta orang di seluruh dunia bekerja dalam kondisi kerja paksa.

Coca-Cola, bersama dengan Departemen Luar Negeri AS dan mitra lainnya, sedang mengerjakan registrasi blockchain lengkap dengan Smart Contract – protokol yang memverifikasi, memfasilitasi, atau menegakkan kontrak – untuk meningkatkan kebijakan tenaga kerja dan memaksa pengusaha untuk menghormati kontrak digital dengan pekerja mereka.

11. Rekam Jejak Medis

Blockchain menawarkan lebih banyak keamanan dan kenyamanan dalam hal data medis. Selain menyimpan catatan pasien, pasien yang memiliki private key untuk mengakses catatan digital medisnya bisa menentukan sendiri siapa saja yang mendapatkan akses ke data medisnya dan dapat menjaga privasi data medisnya.

Blockchain berfungsi sebagai sarana untuk memperkuat hukum HIPAA yang dirancang untuk melindungi privasi pasien.

12. Weapons tracking

Salah satu trending topik di jejaring sosial berita saat ini adalah pengendalian senjata dan / atau pertanggungjawaban senjata api.Banyaknya kasus pembunuhan yang diakibatkan senjata api illegal.

Blockchain dapat membuat jaringan registrasi yang transparan dan tidak berubah, yang memungkinkan penegak hukum dan pemerintah federal untuk melacak kepemilikan senjata serta menyimpan catatan senjata yang dijual secara pribadi.

13. Wasiat dan Warisan

Blockchain mampu membuat masa tua kamu lebih berwarna. Daripada membuat surat wasiat pada secarik kertas yang bisa saja dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  

Kamu mungkin tertarik untuk membuat surat wasiat digital dan menyimpannya di jaringan Blockchain. Ketika dipadukan dengan Smart Contract, kamu dapat membagikan asetmu berdasarkan kondisi yang harus dipenuhi (Contoh warisan baru bisa diambil ketika cucu kamu mencapai usia tertentu).

Surat wasiat haruslah jelas dan terikat secara hukum, tidak meninggalkan pertanyaan mengenai siapa yang harus menerima warisan ketika kamu meninggal

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply