Digital Marketing

4 Faktor Penentu Brand B2B Berhasil Sukses Berkat Instagram!

instagram
Avatar photo
Written by Techfor Id

Baru saja mencapai 150 juta pengguna aktif, Instagram telah menjadi saluran pemasaran yang terlalu signifikan untuk diabaikan.

Namun, banyak merek Business to Business (B2B) tetap ragu untuk menggunakan platform yang didominasi oleh gen Z, dan generasi Millenial ini.

Meskipun didominasi oleh merek Business to Customer(B2C), perusahaan yang berorientasi bisnis juga menemukan banyak kesuksesan di Instagram. Keduanya memiliki taktik yang konsisten digunakan yang terbukti berhasil.

Membangun Komunitas dan Budaya

Salah satu alasan utama sebuah merek atau brand masuk ke Instagram yakni untuk membangun saluran komunitas maupun budaya,

di mana didalamnya sebuah merek menunjukan bagaimana rasanya bekerja di perusahaan mereka.

Oracle adalah contoh yang bagus untuk hal ini, karena ia memposting segala sesuatu mulai dari gambar tim berlayarnya hingga snapshot karyawannya yang terlibat dalam pekerjaan sukarela.

Intinya, Oracle memamerkan sisi kemanusiaan mereka. Aktivitas ini mendorong keterlibatan (Engagement) yang kuat untuk mereka, karena secara konsisten menangkap rata-rata 25 interaksi per 1.000 pengikut.

Taktik ini penting bagi banyak perusahaan, karena program tanggung jawab sosial perusahaan telah menyebar luas namun seringkali sulit untuk dipromosikan.

Karena ini adalah media visual, Instagram menyediakan saluran yang sempurna untuk mempromosikan kerja sukarela perusahaan kamu.

Brand Marketing

Merek B2B tidak hanya menggunakan Instagram sebagai pusat kulturisasi dan perekrutan, tetapi ada juga perusahaan seperti CBRE, General Electric, dan Cisco yang berhasil menggunakannya untuk pemasaran merek yang lebih umum.

CBRE, sebuah perusahaan jasa real estat komersial, telah mendapatkan keterlibatan yang kuat dengan memposting gambar berbagai bangunannya di seluruh negeri Paman Sam.

GE juga  telah mengunggah foto berbagai mesin jetnya dalam berbagai tahap konstruksi – dari lantai pabrik hingga dipasang dan beraksi di 747. Bagaimana dengan Cisco ? Perusahaan memposting konten yang mempromosikan dirinya sendiri dengan berbagai cara secara teratur.

Misalnya, CBRE memposting gambar Menara Chase (di bawah) dengan komentar: “Gedung tertinggi #ChaseTower #Chicago #downtown di dalam trek lingkaran #el.”

Penggunaan beberapa tagar membantu memperluas jangkauan perusahaan di Instagram (dan foto struktur yang menarik juga membantu).

Cisco juga telah menunjukkan pemahamannya tentang penggunaan tagar / Hashtags, termasuk yang bertema liburan, yang dapat menarik banyak perhatian.

Misalnya, perusahaan memposting ini pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat: ” Here’s to staying connected this holiday! Happy#4thofJuly!”

Pentingnya Penggunaan Hashtags

Guna mempelajari lebih dalam tentang Hashtags, hubspot melakukan analisis tentang bagaimana hashtag dikaitkan dengan efektivitas di Instagram.

Untuk melakukan ini, mereka membandingkan keterlibatan (interaksi per 1.000 pengikut) dengan jumlah tagar untuk semua konten yang telah kami kumpulkan.

Yang mengejutkan adalah yang muncul yakni korelasi yang jelas antara jumlah tag dan tingkat keterlibatan.

Namun, pola ini berkurang menjadi lima tag, mungkin karena konten mulai terlihat seperti tag spam.

Jadi mengapa hashtag begitu penting ? Apa yang tidak disadari merek adalah bahwa Instagram adalah platform penemuan social, bukan blog visual.

Seorang Pengguna akan terus-menerus mencari konten baru.

Tidak seperti platform lain, penelusuran Instagram hanya untuk hashtag, jadi jika Anda tidak memberi tag pada kontenmu,

konten kamu mungkin akan terkubur dan tidak ditemukan follower kamu.

Merek perlu memikirkan cara terbaik untuk menyiapkan konten mereka agar berhasil, dan di Instagram, itu berarti tag yang konsisten dan relevan.

Instagram Sebagai Kanal

Merek B2B harus menggunakan Instagram sebagai alat untuk menampilkan budaya mereka kepada audiens yang lebih besar atau sebagai cara agar orang baru menemukan merek mereka melalui fitur penemuan sosial Instagram.

Saluran mungkin menjadi tempat yang tepat untuk memamerkan apa yang bisnis kamu tawarkan dan bagaimana manfaatnya untuk target audiens kamu.

Dengan 150 juta pengguna aktif, Instagram juga merupakan tempat yang penting untuk memamerkan budaya dan merek perusahaan kamu.

Sumber : https://blog.hubspot.com/marketing/b2b-brands-driving-results-instagram-ht?_ga=2.167751230.1284014750.1613384903-104650131.1613384903

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu