1. Modifikasi Link Di Bio Profil
Tahukah kamu, selain untuk memberikan informasi pribadi, Bio juga bisa digunakan untuk mengarahkan traffic pengunjung dari instagram. Cara hanya perlu menambahkan URL link disana ke situs web atau laman lain yang kamu mau.
Kalau kamu punya bisnis online, maka ini adalah cara bagus mendatangkan sumber traffic baru dari Instagram. Misalnya saja kamu arahkan link tersebut ke :
- Laman Kampanye
- Peluncuran koleksi produk baru
- Featured Story
Dan masih banyak lagi yang lain. Selain itu, tambahkan juga kata ajakan atau tombol CTA yang bisa menarik minat follower kamu seperti “Klik link berikut untuk info lengkapnya” atau sejenisnya.
2. Tag Produk Dengan Fitur Instagram Shopping
Dengan fitur Instagram shopping, kamu bisa mengubah tampilan akun instagram kamu layaknya etalase toko. Ia memberikan kamu opsi untuk tag suatu produk untuk membuat postingan jual-beli hingga:
- Maksimal 5 tag dalam postingan standar atau video
- Maksimal 20 postingan carousel yang mana bisa berfungsi layaknya katalog produk
- Satu stiker produk untuk Instagram Stories kamu
Nantinya kamu juga akan melihat tab Shopping muncul di profil yang menunjukan rangkaian produkmu yang diberi tag melalui fitur ini. Semua fitur ini adalah peluang bagi audiens kamu untuk mengklik produk di toko online kamu.
3. Hubungkan Dengan Postingan IGTV
Postingan IGTV dapat berisi tautan atau link yang dapat diklik dalam deskripsinya.
Namun untuk melihat deskripsinya, pengguna harus menge-tap judul postingan. Untuk mendapatkan lalu lintas terbanyak, dorong audiens kamu untuk membuka deskripsi video kamu dengan menambahkan tombol CTA pada bagian judul IGTV atau beri tahu mereka tentang tautan didalam video itu sendiri.
4. Manfaatkan fitur Highlight untuk Instagram Stories
Supaya mengarahkan traffic dari instagram stories lebih dari 24 jam secara konsisten, manfaatkan fitur Highlight pada Instagram Stories kamu.
Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelompokkan cerita dan menampilkannya secara permanen di profil kamu sendiri.
Tetapi sayangnya tidak setiap cerita bisa diterima fitur Highlight. Jadi coba Susun cerita yang menarik secara strategis yang ingin kamu tonjolkan di fitur ini. Atau tetap sederhana dan gunakan satu cerita per sorotan sebagai navigasi ke kategori utama situs web kamu.
5. Aktifkan Push Notification
Perkuat jangkauan kamu dari semua metode tautan ini dengan meminta follower kamu mengaktifkan pemberitahuan push Instagram di pengaturan mereka untuk posting, IGTV, dan Stories.
Tehnik Ini adalah fitur yang agak tersembunyi. Audiens kamu harus mengklik tombol ikuti, lalu ke notifikasi, dan kemudian ikut serta. Setelah itu, mereka akan menerima notifikasi di ponselnya setiap kali kamu memposting konten baru di akun Instagram kamu.
Sumber : https://www.searchenginejournal.com/traffic-from-instagram/383699/