Berikut Cara Ampuh Meraih 5 Faktor Penentu Dalam Marketplace

2

Pada ulasan sebelumnya, sudah membahas apa saja yang menjadi faktor-faktor penting dalam dunia marketplace, yaitu ada page one, tampilan toko, pelayanan, harga/kualitas serta promosi dan diskon.

Jika hal tersebut dapat dimanfaatkan, maka kemungkinan bertahan dalam dunia marketplace akan semakin menjanjikan.

Baca Artikel Terkait : Pelajari Cara Saya Menjual Puluhan Ribu Produk Tiap Bulan di MarketPlace

Bagaimanakah cara agar dapat meraih 5 faktor penentu tersebut? Dalam pembahasan ini akan dijelaskan tentang cara yang akan ditempuh untuk mendapatkannya.

Yang pertama bagaimana cara mendapatkan page one, yaitu yang utama harus mempunyai waktu, harus mensisihkan waktu untuk melakukan riset kata kunci.

Selanjutnya yang kedua riset kata kunci, yang dimaksud disini yaitu pilih 5 kata kunci yang memang itu bisa menemukan produk yang di jual, contohnya seperti jualan kaos,

Faktanya konsumen jika ingin beli kaos, kata yang di tuliskan pada pencarian adalah seperti kaos sablon, kaos distro, kaos panjang, atau yang lainnya, riset kata kunci itu terlebih dahulu,

Apakah betul banyak digunakan konsumen dan seberapa banyak konsumen menggunakan, selanjutnya seberapa banyak kompetitor yang juga menggunakan kata kunci tersebut.

Setelah mempunyai waktu dan melakukan riset kata kunci, ditemukanlah 5 kata kunci, langkah selanjutnya bertarung di 5 kata kunci tersebut, jika berhasil maka produk yang di masukkan sudah berada pada page one.

Setelah itu pastikan produk yang ingin difokuskan masuk di page one atau dihalaman pertama. Dapat dikatakan produk yang djual itu adalah sebuah pancingan, artinya jika mempunyai 1000 produk lebih yang dipasarkan, pastikan 1000 produk lebih itu muncul di page one dengan kata kunci yang sudah ditentukan.

Jadi dapat di analogikan seperti ini, mempunyai 1000 produk dan semua nya muncul pada page one, konsumen melakukan searching “hijab” atau “jilbab” dan kata kunci lainnya yang berhubungan, maka yang muncul pada page one adalah semua produk yang berhubungan dengan hal tersebut.

Konversinya akan sangat tinggi, semakin banyak konsumen yang melihat, maka akan semakin banyak konsumen yang berkunjung, jadi hasilnya akan semakin banyak kemungkinan konsumen yang akan membeli produk tersebut.

Hal terpenting, pastikan produk yang difokuskan itu masuk ke page one atau halaman pertama. Ketika konsumen mengetik “sepatu pria” maka produk yang dimasukkan akan muncul di halaman pertama, jadi produk yang dimasukkan akan mudah dilihat konsumen, dan juga berpengaruh pada konsumen untuk mengunjungi toko. Oleh karena itu, pengaruh page one terbukti sangat-sangat penting sekali. Jadi dapat disimpulkan, jika ingin berjualan pada marketplace, page one itu menjadi hal terpenting.

Selanjutnya bagaimana menggunakan tampilan toko menjadi hal yang menarik untuk dilihat, mungkin masih ada beberapa orang yang belum tahu jika tampilan toko itu sangat penting dalam berjualan online seperti contoh men-design­ toko agar menarik pelanggan dan betah melihat berlama-lama di toko.

Kunci nya betah berlama-lama di toko, jadi tampilan toko itu sangat menghipnotis konsumen supaya berlama-lama, desain toko dapat dikatakan sebagai salah satu kunci sukses dalam pemasaran digital, karena seharusnya tidak hanya menjadi tempat memberikan nformasi pelayanan tetapi dapat menjadi sarana yang memudahkan dalam menjual produk dan mengarahkan pelanggan untuk membeli produk.

Adapun langkah yang harus dipastikan yaitu ketika ingin meng-upload produk, maka warnanya harus serasi.

Jadi ketika ingin meng-upload sepatu yang berwarna merah maka warna merah terlebih dahulu yang di tampilkan, kemudian jika ingin menggantinya, seperti ingin mengganti menjadi warna pink  baru mengganti secara berpola atau beraturan, jadi harus sangat dapat dipastikan bahwa konsumen menjadi betah, pastikan konsumen itu teringat atau terhipnotis dengan tampilan toko yang menarik dan nyaman karena hal tersebut sangat penting.

Adapun cara melakukan design toko terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti Photoshop, Canva, Photoscape, Paint dan lain-lain, dapat dikatakan untuk membuat design toko sangatlah mudah karena banyak alat pendukung untuk menjakannya.

Jika ada yang ahli dalam bidang Photoshop itu bisa langsung dipakai, atau jika Photoshop terlalu susah untuk digunakan, bisa memakai aplikasi Photoscape, atau Canva, yang lebih sederhana dalam proses mengerjakannya.

Langkah awalnya masuk dan sudah terdapat template dan memilih ingin seperti apa dan bentuknya seperti apa. Adapaun aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis.

Berikut contoh tampilan salah satu yang dapat dideskripsikan sebagai berikut. Yang pertama memberikan selamat datang kepada pengunjung, dan dilanjutkan dengan memberitahu kelebihan apa saja yang ada ditoko tersebut.

Poin-poin tersebut dilakukan setelah kita berhasil mempraktekkan design toko, poin-poin apa yang akan kita kasih supaya konsumen itu lebih percaya dengan kita, lebih terlihat jika memiliki kredibilitas sebagai seorang seller.

Selanjutnya pesanan akan dikirimkan dihari yang sama, dan harus memberi tahu konsumen kalau ada produk yang terbaru, memberikan produk terbaru yang dipasarkan serta harga yang sudah ditentukan.

Jadi dengan informasi yang jelas seperti ini dengan warna nya yang menarik, warna itu salah satu yang menghipnotis, konsumen akan penasaran dengan product nya seperti apa, contohnya di salah satu marketplace seperti Shopee.

Pastikan tampilan warnanya, warna sangat mempengaruhi konsumen, lakukan langkah seperti identik kan toko dengan salah satu warna, jangan terlalu banyak. Kalau ada yang identik nya biru sama kuning, artinya warna itu yang harus sama seterusnya.

Yang ketiga faktor pelayanan, pelanggan setia tidaklah didapat begitu saja adapun langkah yang harus dilakukan adalah menciptakannya.

Bagaimana cara penjual melayani konsumen yang mampir ke tokonya itu sangat menentukan kesetiaan dari pelanggan, jadi pembeli yang tetap setia meskipun banyak toko lain yang lebih inovatif, karena mendapatkan respon yang baik dan cepat.

Pelayanan sangat penting untuk kepuasan konsumen, karena semakin cepat kita me-response semakin besar kita mendapatkan penjualan, tidak hanya membalas pertanyaan konsumen saja, pelayanan dalam hal lain seperti cepat mengurus order, packing rapi, pengiriman cepat dan lain-lain. Dari ekspedisi juga sangat berpengaruh, sekarang banyak ekspedisi ada JNE, Sicepat, Ninja dan lain-lain. Itu ternyata juga mempengaruhi konsumen, penjual sudah mengirim di hari yang sama, estimasi 3 hari tapi ternyata eskpedisi B sampai nya 5 hari, yang disalahkan dalam hal ini tetap penjual.

Sebelum memilih ekspedisi pastikan kenali dekat dengan salah satu agennya, jadi ketika ada kendala, problem atau apa bisa langsung response dengan cepat, minimal kasih jawaban kepuasan bagi konsumen, supaya konsumen itu bisa balik lagi.

Yang perlu diingat, dalam melakukan pelayanan harus melihat sampai ke hal-hal yang kecil saat berinteraksi dengan konsumen. Penjual harus membuat pembeli nyaman berinteraksi dengannya. Membuat jawaban yang sopan atas pertanyaan yang dilontarkan serta mengucapkan terima kasih sebagai bentuk pelayanan yang baik.

Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kepuasan konsumen, jika konsumen tidak puas dengan pelayanan itu maka kualitas toko akan menurun, dan ulasan konsumen yang negatif bisa berpengaruh kepada konsumen lainnya.

Jadi marketplace itu, yang paling mahal adalah bukan untung, akan tetapi ulasan pelanggan, review pelanggan, karena dari review itu penjual bisa mendatangkan penjualan yang baru dengan konsumen-konsumen yang baru. Sebelum pelanggan itu membeli produk, mereka akan membaca ulasannya, “barangnya bagus, pengiriman nya cepat”, itu akan menarik pelanggan-pelanggan lainnya.

Jadi usahakan pelayanan itu betul-betul baik dan sopan, memanfaatkan waktu 24 jam, karena ada waktu juga konsumen itu melihat-lihat toko. Seperti konsumen melihatnya pada malam hari, transfer nya besok siang, saat konsumen melihat malam dan penjual tidak available, dan ketika transfer penjual juga tidak ada, akan menciptakan kesan buruk untuk konsumen.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penjual harus menjadikan konsumen sebagai barang dagangan paling utama, pengalaman konsumen adalah hal terbesar yang dapat mempengaruhi konsumen akan berbelanja lagi atau tidak.

Selanjutnya harga dan foto, jadi harga dan foto yang paling utama dalam berjualan online jika harga menarik tapi foto nya biasa saja itu percuma, begitupun sebaliknya, maka harga dan foto harus sama-sama menarik.

Yang dimaksud dengan menarik itu adalah harganya sudah murah, terus fotonya jelek, foto resolusi nya kurang bagus, Mungkin konsumen akan berfikir barang tersebut asli atau tidak karena fotonya tidak menarik, atau foto nya sudah bagus, harga nya mahal.

Harga produk harus bersaing dengan pasaran, maksudnya adalah bersaing itu boleh sedikit naik, boleh sedikit turun, dengan segmen yang sama, jika ada penjual yang berjualan sepatu dengan harga 40.000, maka jika ada yang menjual dengan harga 100.000 maka dipastikan barang tersebut tidak laku, tetapi kalau ada penjual yang menjual dengan harga 20.000 maka yang terjadi akan dipukul oleh orang, jadi kesimpulannya adalah harus sesuai dengan segmen nya, dan juga harus tahu bersaing bukan harus perang harga. Bersaing itu tidak harus dengan perang harga, tapi lebih ke intimidasi. Ada penjual misalnya yang menjual dengan harga 45.000 pilihannya adalah menjual barang yang sama dengan harga 46.400, hal tersebut dilakukan agar konsumen melihat dan menarik karena ada 400 nya, memberikan diskon yang awalnya 96.000 diskon menjadi 46.000.

Jika kompetitor melihat produk kita lebih murah, dan memberikan produk nya lebih murah lagi, maka cukup dengan harga yang sudah kita buat sebelumnya.

Cara bersaing selanjutnya cukup dengan menambahkan diskon, foto, tidak cuma harga yang bisa bersaing tapi foto pun bisa bersaing, dari penjelasan sebelumnya foto merupakan cara yang efektif dalam bersaing selain harga, karena konsumen sekarang banyak mencari foto produk yang menarik dan foto asli, yang dimaksud dengan foto asli itu, foto yang penjual foto. Jadi membaca situasi, situasi yang seperti apa penjual harus betul-betul licin masuk ke dalam situasi, jika di harga sudah parah, maka jangan kalah juga di foto, kalah juga di tampilan maka akan selesai.

Promo, seperti yang diketahui bahwa diskon dan promo adalah salah satu hal yang paling disukai, berbagai promo yang diberikan akan membuat toko tersebut ramai dan selalu dikunjungi oleh konsumen yang ingin mendapatkan barang yang murah. Dengan pemaham konsumen tentang harga yang sudah di mark up, tidak mengurungkan niat banyak konsumen yang masih tertarik dengan diskon.

Promo ini bisa di bilang adalah page one, contohnya seperti Shopee sedang mengadakan presale, hal tersebut akan muncul di page one, seperti yang sudah dijelaskan di awal, konsumen masuk karena ingin melihat-lihat terus ditawarkan presale itu bisa jadi promo.

Itu salah satu bagian page one, bagaimana caranya barang yang anda jual harus ada di homepage nya Shopee, anda tidak melakukan apa apa pun anda tetap ada di homepage nya Shopee.

Jadi yang tadinya konsumen ingin berbelanja beras dan melihat sepatu menjadi tertarik ingin membeli sepatu, atau lihat barang yang lain, maka promo penting kalau anda ingin bertarung di marketplace usahakan ikuti campaign-campaign yang mereka punya seperti presale atau apapun karena itu penting sekali untuk menaikkan credit toko, credit pengunjung, kedepannya konsumen akan berbelanja lagi.

Promo dan diskon merupakan faktor penting dalam berjualan online, mengapa demikian? karena faktor tersebut menambah/ menarik produk yang anda jual.

Contoh promo yang sering dilihat selain presale tadi dari marketplace yaitu adalah bundling beli 2 gratis 1, voucher, memberikan voucher juga tidak bisa asal-asalan, harus dilihat dari harga product nya.

Jadi seperti harga 46.000, jika pembeli berbelanja 100.000 dapat voucher 20.000, pembeli akan merasa tanggung karena jika berbelanja 2 artinya masih 80.000, maka pembeli akan berbelanja 3 biar mendapatkan voucher 20.000 tersebut, jadi faktor-faktor seperti itu yang harus dimainkan, atau belanja 50.000 gratis voucher 5.000, 1 nya 46.000 karena tanggung maka pembeli harus belanja 2.

Selanjutnya diskon, diskon juga penting, disaat-saat tertentu yang memang seperti sedang ada event atau moment, contoh nya seperti Asian Games, khusus sepatu yang berwarna merah dan putih mendapatkan promo diskon sampai 20% atau berapa.

Jadi momen nya juga harus tahu sedang dalam momen apa. Ada yang namanya free shipping, gratis ongkos kirim, contohnya seperti memberikan gratis ongkos kirim di wilayah Jawa atau Sumatera, tergantung promonya, tetapi sebisa mungkin harus melakukan perhitungan terlebh dahulu margin nya berapa, pembeli harus malakukan pembelian berapa supaya dapat untung, jadi jangan memberikan hal tersebut dengan asal-asalan.

Produk bersponsor, melakukan pendaftaran atau sponsorin produk itu untuk mengikuti campaign atau apa, jadi nantinya ada fee juga beberapa marketplace ada yang tarif fee dan ada beberapa yang gratis, tinggal mainkan hal tersebut.

Selanjutnya banner yang menarik, adakan yang namanya bundling, voucher, diskon, free shipping, akan tetapi tidak membuat banner dan tidak membuat pengumuman maka hal tersebut akan percuma, konsumen tidak ada yang mengetahui hal itu, dan intensitas penjualan pun tidak akan naik kalau tidak ada pengumuman, pembeli akan berlanja-belanja saja karena memang sudah waktu nya untuk berbelanja.

Jadi penting sekali membutuhkan banner. Itu beberapa contoh promo yang sering muncul, jadi pilih salah satu untuk menjelaskan misalnya bundling beli 2 gratis 1, penjual harus tau apakah bundling itu menarik, ini alasannya ketika orang melihat produk ini akan tertarik dengan ada gratisan nya, jadi maksudnya seperti itu, beli wedges gratis flat.

Harga nya sama jadi tidak di naikkan, itu memang harus di analisis dulu, jadi ketika melihat product apa yang tidak laku, terus pastikan hari ini kira-kira hanya terjual berapa barang, jadi bisa dikatakan kalaupun terjual semua juga akan mendapatkan kerugian, melihat betting ada berapa, hanya tujuannya untuk meningkatkan product yang tidak laku, misalnya flat atau high heels nya, jadi besok “ternyata product nya bagus juga, besok saya beli” tapi harga nya sudah beda, harga nya satuan, memang rugi cuma kedepan nya bisa menghindari kerugian tersebut.

Intinya beri kesan pengalaman yang menarik untuk konsumen pada toko di marketplace. Pengalaman nya itu banyak, silahkan di imajinasikan sebagai konsumen, kira-kira kalau saya belanja itu pengalaman apa yang menarik dan implementasikan di toko masing-masing.

Contoh lain misalnya, banner yang menarik, tampilan banner juga berpengaruh, best selling PT. High heels Wanita, toko ini memberitahu juga gambar model produk dengan penjualan terbaik.

Jadi produk yang memang sudah terjual bagus istilah nya eligible yang laris nya itu terus, jadi di infokan, di siapkan stok yang banyak, ini di tempat saya produk terlaris ini, “kakak tidak mau coba? Kakak tidak mau beli? Tidak mau lihat? Padahal teman-teman banyak yang beli, yasudah coba 1”, contoh bahasa nya seperti itu.

Contoh promosi diskon, ini beberapa contoh promosi diskon, di siapkan slot kategori, di buat banner, diskon campaign 20%, begitu orang meng klik produk nya memang ada diskon semua, kurang lebih seperti itu, harga sebelum diskon, punya persentasi diskon, jadi memang harus sedetail mungkin, jangan sampai punya promosi tapi konsumen tidak tahu bahwa sedang promosi, sia-sia sudah buang harga mahal, buang-buang margin, buang-buang apa.

Kesimpulan nya, jika ingin memaksimalkan penjualan di marketplace maka harus memiliki product dengan harga tangan pertama, jadi dapat bersaing dengan kompetitor yang lain, mengingat pengaruh harga sangat berpengaruh besar dalam hal penjualan, setelah mendapatkan dengan harga tangan pertama jadi bisa memaksimalkan faktor-faktor yang lain seperti yang di atas, jadi kunci nya seperti itu.

Jika anda ingin bertanya kepada Arie Ginsha. Silahkan input pertanyaan pada kolom di bawah

Dan ayo nikmati materi kursus digital marketing yang ada di academy techfor id (Bekerja sama dengan babastudio). cukup klik link di bawah ini :

http://academy.techfor.id

Share.

About Author

2 Komentar

  1. Pingback: Belajar Marketplace dari Ari Ginsha | Techfor.id

Leave A Reply