8 Manfaat Menguasai Program Ruby on Rails Dalam Pengembangan Website!

2

Sudah lebih dari 2 dekade Bahasa Pemrograman Ruby lahir dan menemani perjalanan Para developer website dalam membangun Desain User Interfaceyang baik.

Perpaduan antara HTML, CSS, dan Javascript didalamnya mampu menghasilkan Website yang tidak hanya berkualitas tinggi, Namun juga rapi di mata pengunjungnya.

Satu dekade kemudian setelah perkembangannya, David Heinemeier Hansson membawa bahasa pemrograman Ruby ke tingkat yang lebih tinggi lagi, dengan penambahan library yang canggih ketika ia sedang membangun Basecamp.

Dia menggunakan basis dasar aplikasi untuk membuat blok bangunan untuk digunakan di masa depan dimana Framework Rails berasal.

Dan sekarang, kita tahu bagaimana Ruby on Rails berasal. Versi baru dari Rails dikenal lebih fleksibel, mudah beradaptasi, diperluas, dapat dikembangkan dan menjadi bagian dari industri open-source.

Seiring waktu, Ruby on Rails ditingkatkan dengan fungsi dan fitur baru, menandai kemajuan besar di masa depan pengembangan website.

Baca Juga :

Manfaat Menguasai Program Ruby On Rails

1. Arsitektur Model-View-Controller (MVC)

Framework Rails ini dibangun atas prinsip desain yang paling populer, arsitektur MVC, yang memecah sistem kompleks menjadi struktur yang disederhanakan:

Arsitektur MVC terdiri dari tiga lapisan yang saling berhubungan, dan berbicara tentang Model – termasuk struktur pengkodean yang disusun untuk mengambil data aplikasi.

Sekarang, ia menangkap logika bisnis aplikasi dan memfokuskan semua perhatian pada hal ini bersama dengan aturan untuk menyebarkan data aplikasi.

Berikutnya adalah View yang terdiri dari file HTML. View dalam Rails menyematkan kode Ruby serta menentukan bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi bersama dengan presentasi data kepada pengguna dalam format pilihan mereka, seperti RSS, PDF, HTML, XML, dan lainnya. .

Kemudian, Controller menghubungkan Model dan View – memecah permintaan yang diterima dari browser, dan mengirim permintaan tersebut ke Model untuk memproses permintaan dan akhirnya, ia mencapai View dengan instruksi tentang cara menampilkan informasi yang diminta dengan benar kepada pengguna.

Aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman Ruby On Rails memiliki memiliki struktur yang terdefinisi dengan baik.Bersamaan dengan menciptakan divisi dasar di seluruh lapisan yang menentukan Route, Controller, Model, dan View terikat dalam Framework.

Arsitektur MVC mampu mempertahankan dan memfasilitasi proses decoupling dan pengujian.

Baca Juga : Panduan Cara Menginstall Program Ruby Pada Windows dan Linux

2. Mudah Digunakan

Framework Ruby On Rails cukup intuitif dan tahu betul apa yang pengembang lakukan dan tahu betul bagaimana hal itu harus dilakukan – yang berarti pengembang tidak perlu khawatir tentang detail file konfigurasi.

Sekarang, pengembang dapat fokus pada bagian lain dari aplikasi karena mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu terlalu lama mengkhawatirkan bagian pengkodean. Dengan Ruby On Rails mereka hanya perlu 100% fokus pada tampilan websitedi saja.

3. Tidak Ada Iterasi dalam Prosesnya

Sistem ini sangat cocok untuk proses pengembangan kamu sehingga setiap kali ada pengulangan fungsi atau informasi tertentu, redundansi dihilangkan. Dengan ini, kamu tidak perlu modifikasi dan semua kesalahan dalam siklus pengembangan perangkat lunak dihapus.

Hal Ini terutama bermanfaat untuk website yang kompleks, karena akan sangat membosankan untuk mengulangi fungsi tertentu berulang kali, tetapi dengan fungsi sederhana pada Ruby On Rails, semuanya dapat diurus dengan baik.

Baca Juga : Kelebihan dan Peluang Kerja Jika Kamu Menguasai Program Ruby!

4. Simpel

Ruby on Rails memiliki kelebihan dari bahasa pemrograman Ruby. Sintaksnya dalam bahasa Inggris, dan ini memberikan rasa asli dan logis kepada pengembang karena sebagian besar kode dideklarasikan dalam bahasa Inggris.

Dengan sintaks yang sederhana dan mudah dibaca ini, pengembang Ruby pada kenyataannya dapat melakukan banyak hal dengan kode yang lebih sedikit dan lebih mengeksplorasi programnya.

Ini berarti bahwa pengembang tidak perlu menulis komentar terpisah atau teks bantuan untuk bisa dimengerti. Sekarang, programmer atau siapa pun yang mengerjakan proyek dapat melihat kode satu sama lain dan memahami apa yang sebenarnya terjadi di bagian lain dari proyek tersebut.

Tidak apa-apa jika kamu tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang Ruby saat menggunakan Framework Rails. Namun ada baiknya memahami dasar Ruby terlebih dahulu agar kamu paham betul fitur-fitur dan fungsi yang ada pada Framework Rails.

5. Proses Development Lebih Mudah

Jika kamu dibandingkan dengan Framework populer lainnya, menggunakan Ruby on Rails proses pengembangan dilansir mampu meningkat 25-50%. Seorang Amatir sekalipun akan segera merasakan dampaknya karena dengan bantuan arsitektur MVC.

Bukan hanya karena struktur MVC, Ruby on Rails memiliki komunitas besar yang dapat membantu kamu jika kamu mengalami kesulitan. Dengan berbagai macam plugin bawaan Rails membuat proses pengembangan lebih mudah.

Baca Juga : Cara membuat Login Form

Karena tidak perlu menulis semua kode, dan infrastruktur yang kuat membantu pengembang untuk menghindari upaya yang tidak perlu untuk mengembangkan seluruh aplikasi website dari awal.

6. Menghemat Biaya

Baik kamu seorang developer maupun pemilik bisnis menggunakan Ruby On Rails jelas akan memangkas biaya programming. Karena Ruby bersifat Open-Source, siapa saja bisa menggunakan program ini, dan Secara langsung mempermudah pengembangan website yang developer lakukan.

7. Menghemat Waktu

Sudah kita bahas sebelumnya bagaimana arsitektur MVC mampu menghasilkan Interface yang terlihat rapi yang membuat proses pengembangan aplikasi jauh lebih mudah da menghemat waktu.

Baca Juga : Konsep Arsitektur MVC pada CodeIgniter

Karena tidak membutuhkan keahlian coding tingkat lanjut dan kurva pembelajaran yang mudah, developer bisa menguasai program Ruby dengan cepat serta segera mengimplementasikan Ruby dalam desain yang mereka buat.

8. Code Maintenance dan Update Lebih Mudah

Stabilitas dan prediktabilitas Ruby on Rails jauh lebih mudah daripada proyek lain dan kita telah membahas ini sejak awal. Lebih mudah untuk memodifikasi kode yang ada sambil menambahkan fitur baru ke website. Ini adalah pilihan terbaik untuk proyek yang kompleks tetapi dapat digunakan untuk memulai atau pada proyek kecil.

Berikutnya Baca : Pentingnya Fragment Dalam React JS

Sumber : acodez.in

Share.

About Author

Techfor Id

2 Komentar

  1. Nuke Meyrin on

    Ini artikel yang sangat menarik, selain desainnya yang indah untuk dipandang, artikel ini juga sangat bermanfaat

Leave A Reply