Panduan Cara Menginstall Program Ruby Pada Windows dan Linux

3

Program Ruby merupakan Bahasa pemrograman yang sedang trending di banyak perusahaan-perusahaan start up. Selain mudah digunakan, dengan framework Ruby on Rails nya membuat kamu bisa membangun aplikasi website yang sangat User friendly dengan Coding yang sedikit.

Jika kamu masih awam dengan apa itu Program Ruby dan penasaran ingin mencobanya, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu. Pada Artikel ini kita akan mempelajari cara menginstall program Ruby di Desktop atau Laptop kamu.

Baca juga :

Langkah-Langkah Menginstall Program Ruby di Windows

1. Download Ruby

Pertama-tama, sebelum kita membangun website dengan framework ampuh Ruby yakni Rails, kita perlu mendownload Program Ruby terlebih dahulu. Kamu bisa Mendownload Programnya di https://rubyinstaller.org/. Ikuti panduan untuk mendowloadnya disana dan mulai jalankan rubyinstaller.exe untuk mulai menginstall.

2. Install Rails

Jika sudah selesai menginstall Ruby, maka langkah selanjutnya yaitu menginstall Rails beserta dengan packages yang ada didalamnya. Kamu hanya perlu mengetikan perintah C:\>gem install rails pada terminal atau Command Line desktop kamu.

Proses installasinya mungkin akan memakan waktu, pastikan bahwa koneksi internet kamu lancar guna menghindari kegagalan installasi.

Baca Juga : Cara membuat Login Form

3. Cek Versi Rails

Kamu bisa memeriksa versi Rails yang sudah kamu download dengan mengetikan perintah C:\ rails – v. Nantinya akan muncul output yang berisi versi Rails yang kamu download.

Selamat, kini Rails sudah berhasil diinstal di komputer kamu. Jika kamu menggunakan komputer dengan OS linux /iOS. Maka kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut.

Proses Installasi Rails di Linux

Kita akan menginstal Ruby On Rails di Linux dengan menggunakan rbenv. rbnev adalah Management Tools Ruby untuk OS linux. Rbenv menyediakan prosedur pemasangan yang mudah untuk mengelola berbagai versi Ruby, dan environtment yang kokoh untuk mengembangkan aplikasi Ruby on Rails.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menginstal Ruby on Rails menggunakan Tool rbenv.

1. Persiapan Installasi

Pertama-tama, kita harus menginstal git-core dan gunakan perintah berikut untuk menginstal dependensi Rails menggunakan yum.

tp> sudo yum install -y git-core zlib zlib-devel gcc-c++ patch readline readline-devel libyaml-devel libffi-devel openssl-devel make bzip2 autoconf automake libtool bison curl sqlite-devel

2. Install rbnev

Sekarang kita akan menginstal rbenv dan mengatur variabel environment yang sesuai. Gunakan perintah berikut untuk mendapatkan rbenv dari repositori git.

tp> git clone git://github.com/sstephenson/rbenv.git .rbenv

tp> echo ‘export PATH = “$HOME/.rbenv/bin:$PATH”‘ >> ~/.bash_profile

tp> echo ‘eval “$(rbenv init -)”‘ >> ~/.bash_profile

tp> exec $SHELL

tp> git clone git://github.com/sstephenson/ruby-build.git ~/.rbenv/plugins/ruby-build

tp> echo ‘export

3. Install Ruby

Sebelum menginstal Ruby, tentukan versi Ruby mana yang ingin kamu instal. Pada tutorial ini Kami menginstal Ruby 2.2.3. Gunakan perintah berikut untuk menginstal Ruby

tp> rbenv install -v 2.2.3

Akan lebih baik untuk menginstal Bundler Gem juga, karena dapat membantu mengelola dependensi aplikasi kamu. Gunakan perintah berikut untuk menginstal permata bundler.

tp> gem install bundler

Baca Juga :

4. Install Rails

Gunakan Perintah Berikut untuk mulai menginstall Rails

tp> install rails -v 4.2.4

Framework Ruby on Rails memerlukan JavaScript Runtime Environment (Node.js) agar dapat mengelola fitur Rails. Selanjutnya, kita akan melihat bagaimana kita dapat menggunakan Node.js untuk mengelola  Asset Pipeline  yang merupakan fitur Rails.

5. Install Javascript Runtime

Mari kita instal Node.js dari repositori Yum. Kita akan mengambil Node.js dari repositori yum EPEL. Gunakan perintah berikut untuk menambahkan paket EPEL ke repositori yum.

tp> sudo yum -y install epel-release

Dan gunakan perintah berikut untuk menginstall package node.js :

tp> sudo yum install nodejs

Selamat, Rails sudah berhasil diinstall di Linux kamu.

Cara Mengupdate Versi Rails

Mari kita asumsikan kamu sudah menginstall Rails di komputer kamu, dengan menjaga versinya tetap up to date merupakan hal penting agar dapat menikmati fitur-fitur yang ada. Kamu bisa mengetikan perintah berikut untuk mengupdate Versi Rails secara otomatis, perintah ini bisa dilakuan baik pada OS windows maupun Linux :

Baca Juga : Fetching Data Application Programming Interface (API) pada React JS

tp> gem update rails

Jika ada versi terbarunya, seperti yang saya bilang, sistem akan secara otomatis memperbarui versi Rails kamu. Namun jika tidak ada maka akan tampil output seperti berikut :

Jika sudah, kamu bisa melihat Ruby on Rails dengan mengetikan perintah :

tp> cd demo

tp> rails server

Nantinya perintah tersebut akan menghasilkan auto-code untuk mulai menjalankan server.

Sekarang, buka browser kamu, dan ketik http://localhost : 3000 dan akan muncul output berikut :

Berikutnya Baca : Cara Membuat ToDo List Dengan React Hooks!

Sumber : tutorialspoint.com

Share.

About Author

Techfor Id

3 Komentar

  1. Pingback: Pengertian Framework Rails Pada Bahasa Pemrograman Ruby |

  2. Pingback: Pengertian Active Record di Dalam Ruby on Rails | TechForID

  3. Pingback: 8 Manfaat Menguasai Program Ruby on Rails Dalam Pengembangan Website! |

Leave A Reply