AI & Data Science

Bagaimana Otomatisasi Dan AI Dapat Mempengaruhi SEO

COpywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Saat ini, mengoptimalkan hasil penelusuran sama saja dengan mengoptimalkan pengalaman pengunjung situs web kamu.

Ketika seseorang menanyakan suatu informasi , meminta bantuan asisten suara, atau menggunakan GPS perangkat seluler untuk menemukan solusi terdekat, Merek atau brand kamu harus diposisikan muncul dalam kondisi atau moment seperti ini.

Selain itu, mereka juga harus ditempatkan untuk merespon dengan konten yang relevan dan dipersonalisasikan untuk dapat berbicara langsung dengan kebutuhan yang di inginkan oleh pengguna mesin pencari , apa pun perangkat atau platformnya.

Faktanya, pemasaran waktu nyata (65%) dan pengiriman dan keterlibatan omnichannel (52%) di-identifikasi sebagai dua prioritas pemasaran jangka pendek teratas dalam survei Econsultancy / Resulticks terhadap lebih dari 340 merek perusahaan.

Masuknya data pencarian dan interaksi pelanggan yang sangat besar ini tidak mungkin dianalisis dan diaktifkan secara real-time tanpa otomatisasi.

Tapi jangan salah, otomatisasi bukan lagi tentang membuat mesin melakukan tugas yang berlebihan untuk kita.

Kekuatan kecerdasan buatan telah memberi SEO dan pemasar kekuatan untuk menganalisis informasi, membuat keputusan, dan bahkan menjalankan tugas peng-optimalan, sehingga meluangkan waktu bagi SEO untuk fokus pada elemen yang lebih kreatif dan strategis dari setiap kampanye.

Cara Memperoleh wawasan pelanggan dari data penelusuran

Kecerdasan buatan atau AI dapat memungkinkan SEO dengan cepat memperoleh wawasan yang paling berdampak dari kumpulan data yang tidak dapat diatasi.

Karena data penelusuran menjadi semakin kompleks,  data ini menjadi sumber wawasan yang kaya dengan nilai bagi semua jenis industri bisnis :

  • Kueri penelusuran (Search Queries) : dapat memberi tahu kami apa yang dibutuhkan pelanggan, bagaimana perasaan mereka, masalah atau masalah apa yang menyebabkan mereka melakukan penelusuran, dan banyak lagi.
  • Zero Click – perilaku pada halaman hasil pencarian (SERP) dan interaksi dengan listingan lokal dapat memberi tahu kita saat pelanggan dengan cepat menemukan jawaban mereka dan beralih ke panggilan telepon atau kunjungan ke toko.
  • Aktivitas di situs web : dapat memberi tahu kita di tahap mana perjalanan pembelian pelanggan, kesenjangan informasi apa yang masih ada, topik apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut, reservasi apa yang mungkin mereka miliki tentang menyelesaikan transaksi, dan banyak lagi.
  • Demografi : tren, sifat, dan karakteristik tingkat tinggi dapat menambah kedalaman dan warna pada profil pembeli.
  • Transaksi : riwayat pembelian, interaksi dengan suar di dalam toko, penawaran yang ditebus, dan profil pihak ketiga dari kartu kredit, misalnya, membantu mengisi kekosongan dan membangun pemahaman yang lebih kuat tentang pelanggan.
  • Media sosial, email, dan percakapan berkelanjutan lainnya : dapat membantu kita memahami secara spesifik pesan apa yang beresonansi, penawaran atau konten mana yang memicu reaksi konversi.

SEO memegang kunci penting untuk sebagian besar data ini yang digunakan tidak hanya untuk menginformasikan kampanye pemasaran dan penargetan semata,  tetapi untuk meningkatkan produk, layanan pelanggan, dan loyalitas juga.

Selain itu, Wawasan yang didukung AI memastikan pelaporan dengan kecepatan dan presisi tinggi.

Teknologi dapat dilatih untuk mengenali pola dalam data dan bahkan menggali banyak lapisan data, menunjukkan peluang dan tantangan yang tidak akan pernah kamu temukan sebelumnya.

Pasalnya lebih dari 31% responden dalam survei BrightEdge menemukan bahwa AI membantu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan.

Penggunaan Otomatisasi AI Untuk Meningkatkan Perfoma SEO

Selain dapat menghemat waktu dan tenaga, otomatisasi berbasis AI juga dapat meningkatkan Kinerja SEO kamu.

Sebagai contohnya yaitu Smart Bidding yang ada di platform pemasaran Google Ads. Dengannya tim pemasar kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari tahu seberapa tepat anggaran iklan yang harus dikeluarkan.

Otomatisasi yang mereka tawarkan juga sudah berbasis AI, sehingga dari data yang berhasil kamu kumpulkan sebelumnya akan dijadikan pokok pembelajaran untuk Google Ads. Sehingga diiklan kamu selanjutnya jelas akan meningkat perfomanya.

Disamping itu, Kamu juga dapat memanfaatkan tools SEO bertenaga AI yang bisa memicu pengoptimalan situs web berdasarkan :

  • Perilaku Konsumen
  • Interaksi Pengunjung dengan Konten Web
  • Kueri penelusuran spesifik

Misalnya Bot Percakapan (Chat) yang dapat mempelajari dan meningkatkan akurasinya saat memulai interaksi obrolan dengan pengunjung situs web kamu.

Mesin personalisasi dapat mendeteksi pola dan struktur lalu lintas situs web kamu dan mulai memprediksi rekomendasi produk atau konten mana yang mungkin cocok untuk pengunjung. Dan saat interaksi tersebut berlangsung, mereka terus menganalisis, belajar, menyesuaikan, dan menyempurnakan diri mereka.

Manfaat AI dalam strategi SEO amatlah besar meskipun hanya dioperasikan satu orang. Sebab AI merupakan mitra yang terobsesi dengan data, tidak pernah tidur, dan dapat melakukan pekerjaan analitis sekaliber ratusan tim.

Sumber : https://econsultancy.com/how-seos-can-benefit-from-ai-automation/

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment