AI & Data Science

Belajar Memahami Apa Itu Decision Support System (DSS)

Written by Techfor Id

Apa itu Decision Support System ?

Decision Support System (DSS) adalah program komputerisasi yang digunakan untuk mendukung penentuan, penilaian, dan tindakan dalam suatu organisasi atau bisnis.

DSS menyaring dan menganalisis sejumlah besar data, mengumpulkan informasi komprehensif yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan dalam pengambilan keputusan.

Foto : mscisbolouereifidi

Informasi umum yang digunakan oleh DSS mencakup target atau pendapatan yang diproyeksikan, angka penjualan atau masa lalu dari periode waktu yang berbeda, dan data inventaris atau operasi lainnya.

Tugas DSS yakni mengumpulkan dan menganalisis data, mensintesisnya untuk menghasilkan laporan informasi yang komprehensif. Dengan cara ini, sebagai aplikasi informasi, DSS berbeda dari aplikasi operasi biasa, yang fungsinya hanya untuk mengumpulkan data.

DSS dapat sepenuhnya terkomputerisasi atau didukung oleh manusia. Dalam beberapa kasus, mungkin menggabungkan keduanya. Sistem yang ideal menganalisis informasi dan benar-benar membuat keputusan bagi pengguna.

Setidaknya, mereka memungkinkan pengguna manusia untuk membuat keputusan yang lebih tepat dengan kecepatan yang lebih cepat.

Karakteristik Decision Support System (DSS)

Foto : ManagementStudyhq

Tujuan utama penggunaan DSS adalah untuk menyajikan informasi kepada pelanggan dengan cara yang mudah dipahami.

Sistem DSS bermanfaat karena dapat diprogram untuk menghasilkan banyak jenis laporan, semuanya berdasarkan spesifikasi pengguna.

Misalnya, DSS dapat menghasilkan informasi dan mengeluarkan informasinya secara grafis, seperti dalam diagram batang yang mewakili pendapatan yang diproyeksikan atau sebagai laporan tertulis.

Seiring kemajuan teknologi, analisis data tidak lagi terbatas pada komputer mainframe yang besar dan besar.

Karena DSS pada dasarnya adalah sebuah aplikasi, DSS dapat dimuat di sebagian besar sistem komputer, baik di desktop maupun laptop. Aplikasi DSS tertentu juga tersedia melalui perangkat seluler.

Fleksibilitas DSS sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering bepergian.

Ia memberi mereka kesempatan untuk mendapat informasi yang baik setiap saat, memberikan kemampuan untuk membuat keputusan terbaik bagi perusahaan dan pelanggan mereka saat bepergian atau bahkan di tempat.

Secara umum, sistem pendukung keputusan membantu dalam membuat keputusan yang lebih tepat.

Sering digunakan oleh manajemen tingkat atas dan menengah, sistem pendukung keputusan digunakan untuk membuat keputusan yang dapat ditindaklanjuti, atau menghasilkan beberapa hasil yang mungkin berdasarkan data perusahaan saat ini dan historis.

Pada saat yang sama, sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk menghasilkan laporan bagi pelanggan yang mudah dicerna yang dapat disesuaikan berdasarkan spesifikasi pengguna.

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu