Mau jadi Programmer? Berikut Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang PHP

4

cara belajar progammer, progamming, progammer, bagaimana menjadi progammer

Apa itu IT manager? IT manager memiliki peran penting  dalam sebuah perusahaan, yang pada dasarnya bekerja di bidang teknologi.

Yang menjadi tugas dari IT manager adalah melakukan pengawasan dan bertanggung jawab dengan halnya data center, staf management, website development and maintenance, firewall, servers, bahkan telco berbasis IT.

Bukan hanya itu, IT manager juga bekerjasama dengan keseluruhan aspek perusahaan baik internal maupun eksternal, seperti halnya accounting, HRD, audit dan lain lain.

Baca Artikel Terkait : Programmer PHP Indonesia, Peter Jack Kambey

Bisa dikatakan pekerjaan ini menarik sekaligus tertantang, karena setiap keputusan yang di yang dilakukan akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan tempat anda menjadi IT Manager.

Menjadi seorang IT Manager tentu harus dapat menguasai segala hal dalam bidang IT, dasarnya seperti Pemograman.

Pemograman adalah sebuah seni dalam menggunakan beberapa algoritma yang saling terhubung dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu yang hasilnya menjadi suatu program komputer.

Programmer menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan dalam dunia IT, karena programmer itu bisa membuat apa saja, jadi peran itu sangat menguntungkan seseorang untuk bekerja dimana saja dan bekerja apa saja.

Perkembangan dunia IT pada era revolusi 4.0 berkembang sangat cepat, hal itu berdampak pada seluruh perusahaan yang mengakomodir kebutuhan teknologi dan juga sudah merambah ke sektor industry lainnya.

Hal inilah yang dapat menghasilkan keuntungan kepada para programmer dalam menyalurkan kemampuan yang dimiliki.

Hal ini menarik perhatian TechforID untuk mengupas tentang Programmer lebih jauh bersama seorang yang expert pada profesi tersebut.

Melihat bagaimana expert mengatasi kesulitan dalam bekerja, serta hal apa yang bisa memperbaiki mood supaya kembali bisa bekerja dengan baik.

Oleh karena itu tim menghubungi Peter Jack Kambey untuk melakukan wawancara eksklusif terkait profesi Programmer.

Berikut cuplikan hasil wawancara kami dengan Peter.

Perkenalkan Nama?

Nama Peter Jack Kambey, Tapi kebanyakan orang memanngil Peter saja

Kegiatannya sekarang apa?

Oke, Kegiatannya sekarang sebenarnya jadi karyawan, jadi karyawan di PT. Titan Baking, perusahaan retail yang spesialis jalan bahan baku kue dan saya disana dipercaya sebagai IT Manager. Kebetulan untuk sekarang timnya masih sedikit, baru 5

Jadi sebagai seorang programmer expert, sekarang kan banyak programmer, peluang untuk menjadi seorang progamer sekarang ke depannya, bagaimana?

Kalo menurut pendapat pribadi saya, sebenarnya, programmer itu profesi yang paling dibutuhkan dalam dunia IT itu sendiri. Kenapa saya bilang begitu?, karena programmer itu adalah orang yang membuat sesuatu yang dibutuhkan sama orang.

Ada sebuah solusi yang mereka buat untuk masyarakat umum. Jadi kalau kita bicara kebutuhan seperti ini, kebutuhannya biasa bermacam-macam.

Jadi kalau kita bicara kebutuhan, programmer bisa membat apa saja, karena programmer bisa membuat apa saja, otomatis programmer ini profesi yang paling menguntungkan yang paling berpotensi.

Karena bisa masuk kemana saja, kalau menurut saya begitu, dia bisa bekerja dimana saja, dia bisa bekerja apa saja, dia sebagai programmer,  dan dia bisa membuat apa saja.

Jadi itu profesi yang sangat menguntungkan, yang mempunyai potensi yang sangat besar, menurut saya begitu.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Kemudian, untuk menjadi seorang programmer ini, tantangan seperti apa saja yang harus dihadapi?

Sebenarnya tantangan terbesar kalau orang menjadi programmer adalah kemampuan problem solving. Tadi saya sudah bercerita bahwa programmer itu untuk menyelesaikan sebuah masalah kan.

Sekarang bagaimana seorang programmer itu menjadi problem solver. Ada sebuah masalah bisinis, ada atau masalah pendidikan atau bisnis.

Programmer itu datang dengan kemampuan sebagai problem solver. Jadi algoritma nya itu mesti jalan, algoritma sebenarnya akan jadi lebih mudah.

Jadi sebenarnya tantangan seorang programmer itu adalah kemampuan dia bagaimana menyelesaikan sebuah problem, intinya adalah bagaimana dia dapat menyelesaikan sebuah problem

Saat menjadi programmer  kan menggunakan tools. Bisa disebutin lima tools yang sering digunakan??

Sebenarnya tools yang dipakai programmer itu, tergantung bahas programming yang digunakan. Tapi kalau seperti saya, programmer PhP pakai yang paling populer vscode buatan Microsoft. Itu sekarang yang lagi populer, banyak orang yang lagi pakai.

Tapi selain vscode ada juga Atom, Netbin, ada banyak sih namanya jadi Integrated Desain Infirement. Yang paling populer it ya vscode.

Boleh kasih gambaran tidak, kerjaan  programmer itu apa saja?

Technically,  jam 9 sudah di kantor, programming sebentar sampai jam 12. Dilanjutkan makan siang. Tapi pagi lebih susah programing itu, maksudnya untuk berpikir susah kalau pagi.

Kalau dulu masih programing, pekerjaan masih banyak, tapi karena dah jadi IT Manager kan, otomatis banyak anak buah yang harus dikontrol pekerjaannya, paling siang lebih banyak koordinasi. Biasanya saya ‘tempur’ it sampai jam 8 malam. Pulang kemdian tidur.

Begitulah cycle kehidpan nya. Tapi itu sekarang, kalau dulu sewaktu programmer pulang ke rumah lanjut pekerjaan lagi sampai jam 2 pagi.

Saya sudah tanya ke teman-teman banyak yang senang kerja malam, karena programmer itu kalau kerja malam, gangguan nya lebih sedikit. Jadi saya lebih fokus, lebih tenang, lebih hening, dan konsentrasi lebih bagus. Jadi banyak yang lebih senang bekerja malam.

Kebanyakan programmer itu kerjaaannya ke kantor ata remote?

Tergantung personality orang, karena programmer itu sebenarnya artist. Programmer itu tidak suka diatur, senang berkreasi dan bebas, kalau saya lihat sebagian orang lebih senang bekerja remote.

Tapi bukan berarti tidak ada yang senang bekerja kantoran. Tapi, mostly programmer itu senangnya bekerja flexible hour, tidak diatur dengan jam kantor. Karena ide bisa datang kapan saja.

Problem yang sering muncul ketika menjadi programmer itu apa?

Mood, kala mood nya lagi tidak dapat, terkadang masalah kecil saja tidak dapat penyelesaiannya. Tapi kalau mood nya lagi bagus, yang susah pun bisa diselesaikan lebih cepat dari jadwal, ya namanya seniman, kalau lagi dapat ide otaknya cemerlang.

Kalau lagi tidak mood, biasanya apa yang dilakukan?

Paling dengar lagu ataualan-jalan berkeliling. Mencari kesibukan, bangkitkan mood dengan mengobrol sama orang. Jadi maksudnya mengobrol itu sesatu yang penting juga.

Memang ada programmer yang istilahnya di depan komputer saja, tidak mau diganggu orang lain. Tapi saya bukan seperti itu, senang bersosial.

Programmer itu dibutuhkan di indsutri yang mana saja? Bisa disebutin?

Menurut saya, perusahaan dalam perspektif saya cuman ada dua, perusahaan teknologi dan non teknologi. Mau jualan rumah, itu perusahaan non teknologi, mau jualan makanan , itu persahaan non teknologi.

Yang termasuk persahaaan teknologi adalah perushaan yang memang meggunakan teknologi, seperi Go-jek. Dia memang perusahaan transportasi, tapi sebenarnya dia merupakan perusahaan teknologi.

Bicara potensi, sebenarnya, programmer itu lebih senang bekerja di perusahaan teknologi. Perusahaan yang berbasis teknologi yang berbasis menyelesaikan sesatu. Contoh Go-jek merupakan transportasi, tapi dia sebenarnya persahaan teknologi.

Kalau bicara interest, programmer lebih senang bekerja di perusahaan teknologi. Karena saya tidak terlalu handal di perusahaan teknologi, saya lebih ke perusahaan non teknologi.

PT. Titan Baking itu bukan perusahaan teknologi, tapi kita sudah offline. Tanpa teknologi pun kita sudah bisa berjalan. Dengan menggunakan teknologi, harapannya lebih cepat.

Perusahaan yang dulu awal nya mempnyai tiga bisa menjadi sepuluh dalam waktu singkat dengan menggunakan teknologi. Saya lebih suka bekerja di persahaan yang seperti itu.

Range gaji untuk programmer itu berapa? Mngkin ada level-levelnya?

Karena saya Manager, jadi saya tahu sedikit angka-angkanya. Sebenarnya kalau fresh graduate umumnya itu tidak mempunyai kemampan apa-apa.

Skill yang mereka dapat di perkuliahaan itu belum memenuhi standart market. Oleh karena itu akan berefek sama gaji. Umumnya mereka akan start berdasarkan UMR.

Sudah bagus sekali kalau mereka dapat 4 jutaan. Tapi kalau sudah punya pengalaman sekitar 3-4 tahun, rata-rata dapat 5-8 jutaan. Dan kalau sudah mahir biasanya dapat 2 digit keatas. Tapi itu lebih ke programmer Php.

Sedangkan programmer android atau iphone pasti diatas 10 jutaan. Disebabkan karena bahannya  sudah mahal, belajarnya susah.

Bikin apa kemarin di Podomoro ?

HRIS (Human Resource Informaition System) aplikasi pendataan karyawan, sekitar 6500 karyawan.

Kalau seandainya, ada alien yang menyerang bumi terus kita itu lupa ingatan, skill yang kita punya itu hilang semua, terus kita ingin mengembalikan skill yang kita punya itu tahapannya itu seperti apa sih? Kita harus belajarnya apa? Memulainya darimana?

Buat saya, kekuatan sesungguhnya itu di baca, dari pengalaman yang sudah-sudah modal awal orang yang mau jadi programming itu adalah membaca.

Bacanya itu bisa bermacam-macam, bisa buku, bisa e-book, bisa tutorial dan bisa juga dokumentasi. Kenapa itu penting, karena dari membaca itu kita bisa mendapatkan ide.

Pengalaman saya, saya sebenarnya bukan programmer tapi networking. Mulai dari tahun 2010 saya mulai dari nol, saya tiba-tiba ingin menjadi programmer, apa yang saya lakukan? Baca.

Baca, pahami, dan praktek. Yang penting aplikasi jadi dulu, biarpun berantakan codding nya, yang penting sesuai apa yang diharapkan costumer.

Singkatnya, sambil baca, sambil belajar, saya banyak terima project waktu itu. Singkatnya dengan ada project saya mau belajar, karena saya belajar dan ada yang bayarin. Jadi kalau mau mengembalikan ingatan kalau ada alien ya seperti itu, baca dan terima project.

Adakah rekomendasi baca? Misalnya untuk meningkatkan skil harus baca yang ini?

Google sudah pasti nomor satu, searching. Lalu apabila bingung kan ada W3School itu biasanya, website untuk orang belajar online. Kalau perlu bayar, jangan pelit karena itu adalah investasi, investasi ilmu.

Saya sudah diskusi dengan penyedia layanan itu, katanya kalaupun mahal tetap ada yang mau bayar, setelah bayar tinggal diikuti tahapan belajarnya, yakin saya langsung bisa.

Karena belajar online tanggung jawabnya dengan diri sendiri, jadi kita pasti serius belajarnya. Justru yang gratisan itu bisa bikin kita malas untuk belajar itu yang saya lihat di komunitas.

Justru yang saya lihat di komunitas, pertanyaan-pertanyaannya itu adalah word, word itu bisa dibaca, justru karena malas membaca itu bisa bikin pertanyaan-pertanyaan yang seharusnya bisa dia cari sendiri dengan membaca.

Sebagai seorang programmer punya tidak sisi lainnya, misalnya hobby masak, touring naik motor, atau nonton anime gitu?

saya pemusik, itu untuk nge balance kiri-kanan sebenarnya. Saya sering main musik di gereja lebih tepatnya.

Jadi itu adalah sarana saya untuk mengcounter, karena programmer kan otak kiri pasti lebih dominan, tapi dimusik ini kan lebih ke seni yang abstrak, dan saya memang mepunyai bakat di dunia musik, jadi lengkap otak kiri dan otak kanan.

Kira-kira Genre musiknya apa?

saya lebih ke Vunk, saya pemain bass, jadi ketika main musik dengan rhytem itu, skill bass nya lebih terasa, karena di Vunk itu lebih asik lebih mainnya. Lagu-lagu rohani banyaknya, datanglah ke baikNya misalnya, terus ada lagu Franky Sihombing.

(Promosi Tech For ID)…..

Membaca adalah pintu gerbang untuk membuka jendela dunia, menjadi seorang prorammer atau menjadi apapun yang kita harapkan. Baca Tech For ID atau teknologi untuk Indonesia untuk masa depan yang lebih baik.

Ayo Dapatkan materi gratis Progamming. Bisa di cek pada link di bawah ini :
http://academy.techfor.id

Share.

About Author

Peter Jack Kambey

President PHP Indonesia. IT Manager at Titan Baking. HRIS System Analyst at Pt Agung Podomoro Land, Tbk (2011 - 2018).

4 Komentar

  1. Pingback: 10 Alasan PHP Laravel dianggap PHP Framework Terbaik 2019 | TechForID

  2. Pingback: 5 Content Management System (CMS) Terbaik di Tahun 2019! | TechForID

Leave A Reply