cryptocurrency LIBRARY (BELAJAR CRYPTO)

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin Exchange ?

Written by Techfor Id

Bitcoin exchange atau pertukaran Bitcoin merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam jual beli Bitcoin.

Bitcoin exchange sendiri adalah pasar digital yang ditempati oleh para pedagang yang bisa membeli dan menjual Bitcoin mereka dengan menggunakan mata uang fiat atau altcoin yang berbeda.

Bitcoin exchange ini berbentuk platform online yang betugas menjadi pihak ketiga atau perantara si penjual dan pembeli, atau dapat dikatakan sebagai marketplace.

Adapun layanan pada Bitcoin exchange pada umumnya adalah untuk jual, beli, simpan dan transfer aset kripto.

Seperti halnya dalam bursa saham konvensional, dalam Bitcoin exchange ini juga si pembeli dan penjual dapat memilih – milih kepada produk mana mereka akan ajukan transaksi.

Foto : altcoin.id

Pedagang juga bisa menjual produknya dengan harga terbaik yang tersedia di pasar online.

Cara Transaksi di Bitcoin Exchange

Untuk melakukan transaksi, baik seorang yang ingin menjual atau membeli Bitcoin, diharuskan untuk memiliki sebuah akun di exchange cryptocurrency. Saat ini ada 13 perusahaan exchange yang telah resmi terdaftar di Bappeti.

Seanjutnya, diharuskan untuk verifikasi KYC, isi data, ambil foto selfie dan KTP, dan tunggu hingga verifikasi tersebut disetujui oleh pihak exchange.

Jika ada seseorang yang ingin melakukan pembelian pada Bitcoin exchange, maka pembeli tersebut harus memasukkan dana pada akun mereka yang dikenal sebagai dompet.

Pembeli bisa menggunakan mata uang lokal salah satunya Rupiah atau aset kripto lainnya. Pembelian dengan menggunakan deposit rupiah, bisa dilakukan dala 24/7 antara anggota exchange.

Pembeli kemudian nantinya akan melakukan perintah ‘buy ’ pada Bitcoin exchange yang merupakan permintaan untuk membeli Bitcoin dengan harga yang telah penjual tetapkan dan si pembeli pilih.

 Bagi seseorang yang telah berhasil membeli Bitcoin, nantinya Bitcoin tersebut akan disimpan di dompet atau wallet, dan bisa pula untuk dikelola sendiri.

Bagi seseorang yang berniat menjual Bitcoin miliknya di Bitcoin exchange, tentu saja ia harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

  1. Penjual tidak boleh melakukan transaksi di sembarang tempat. Penjual harus cermat dalam melihat dan menghitung besaran biaya penarikan dan biaya transaksi. Pilihlah tempat yang memiliki biaya yang tergolong kecil, untuk memaksimalkan potensi profitnya.
  2. Sebelum menjual Bitcoin, tentu saja penjual harus menerapkan strategi jual yang baik dan benar. Apalagi Bitcoin memiliki harga yang fluktuatif atau sering mengalami kenaikan dan  penurunan.

Beberapa Exchange Bitcoin Indonesia

Di Indonesia sendiri, sudah tersedia juga beberapa exchange yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), diantaranya :

1. Indodax

Indodax adalah platform jual dan beli aset kripto pertama di Indonesia. Platform yang diprediksi akan menjadi yang terbesar di Indonesia ini, hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 1,9 juta member yang terverifikasi.

Jika Anda berencana melakukan transaksi pada platform ini, Adapun setoran minimum yakni sebesar Rp500.000.

Indodax menerima deposit dengan cara transfer bank (rekening & virtual aacount), e-wallet (OVO, Gopay, ShopeePay), setor tunai,  dan melalui ritel seperti Alfamart.

2. Rekeningku

Rekeningku.com juga merupakan salah satu platform marketplace cryptocurrency di Indonesia yang mempertemukan antara penjual dan pembeli aset digital sesame member Rekeningku. Adapun setoran minimum pada Rekeningku adalah Rp50.000, dan menerika deposit dengan berbagai cara seperti transfer bank, virtual account (Mandiri, Permata), dan e-wallet (Dana, LinkAja, OVO).

3. Luno

Luno adalah exchange asal Inggris yang menyediakan transaksi jual, beli, simpan dan transfer aset kripto. Luno sendiri sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2004 dan sudah resmi terdaftar di Bappebti.

Untuk keamanannya, Luno telah menerapkan 2FA (Two Factor Authentication) yang merupakan fitur kemanan online, dimana user akan melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

4. TokoCrypto

Berdiri sejak Juni 2017, TokoCrypto menjadia salah satu exchange kripto terbesar di dunia saat ini. TokoCrypto juga telah menerika investasi dari Binance, dan telah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Untuk setoran minimun di TokoCrypto adalah Rp50.000 dan menerima deposit dengan cara transfer bank dan lewat OVO.

Diluar sana, masih banyak lagi platform-platform yang menyediakan exchange Bitcoin. Bagi Anda yang ingin melakukan transaksi baik jual, beli, simpan, maupun transfer, diharapkan dapat memilih platform dengan sebaik-bainya.

Baca Techformation Sebelumnya,

5 Dompet Bitcoin Terbaik

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu