IOT

Bocoran Fitur & Hasil Beta Test Sistem Android 12

Written by Techfor Id

Sejak tahun 2010an, Kehadiran perangkat Android mulai booming dan mengikiskan namanya mengalahkan Blackberry dengan pengguna aktif lebih dari 3 Milliar perangkat di seluruh dunia.

Sejak itu Android kiat meningkatkan personalisasi perangkat mereka dan mulai menyusun perangkat, layanan, dan pengalaman seluler yang cocok untuk penggunanya.

Guna memenuhi tujuan itu, bulan Mei 2021 Google merilis versi beta pertama mereka tentang sistem Android 12.

Adapun beberapa fitur yang mereka fokuskan di sistem tersebut diantaranya :

Personalisasi Pengalaman Seluler yang Lebih Menyenangkan

Foto : Blog Google

Diawali dengan perangkat Pixelnya, di Android 12 pengguna bisa sepenuhnya mengkustom ponsel mereka dengan pilah palet warna dan widget yang sudah didesain ulang.

Google menyebut kalau mereka menggunakan ekstraksi warna sehingga pengguna bisa memilih wallpaper, dan sistem secara otomatis menentukan warna mana yang paling mendominasi.

Foto : Blog Google

Nantinya warna ini akan diimplementasikan pada bayangan notifikasi, layar kunci, kontrol volume, widget baru, dan masih banyak lagi.

Fluid Motion dan Peningkatan Animasi

Foto : Blog Google

Google Berkata kalau di Android 12 ini, baik itu Gerakan dan animasinya sudah lebih diperhalus dan bisa dengan cepat merespon sentuhan pengguna.

Misalnya saja, ketika kamu menutup notifikasi pesan WA yang muncul,

maka nanti tampilan jam di layar akan tampak lebih besar seolah-olah meninggalkan kesan kalau kamu sudah membaca pesan tersebut.

Google juga sudah lebih menyederhanakan sistem interaksi supaya lancer dan efisien.

Mereka katanya sudah melakukan update tersembunyi termasuk mengurangi waktu yang CPU perlukan untuk layanan sistem ini sampai 22% dan mengurangi penggunaan penggunaan sistem inti terhadap sistem server hingga 15%.

Re-Design Tata Letak Sistem

Foto : Blog Google

Seringkali kita mendengarkan musik sambil membaca buku dalam bentuk pdf atau sekedar browsing berita di perangkat smartphone.

Nah Google sudah mendesain ulang sistem Android 12 ini supaya di bagian Quick Setting di bagian atas layar kita bisa lebih mudah mengganti musik atau layanan lainnya tanpa perlu menuju tab atau aplikasinya.

Bayangan notifikasi yang muncul di Quick Setting atau bagian top bar sudah dibuat supaya pengguna secara praktis bisa mengkontrol apa yang sedang mereka lakukan dengan swipe atau satu ketukan saja.

Desain Privasi Yang Lebih Transparansi Kepada Pengguna

Menyusul apa yang dilakukan Iphone terhadap sistem terbarunya,

Android 12 juga menyertakan fitur yang sama supaya kamu memiliki lebih banyak transparansi tentang aplikasi apa saja yang mengakses data kamu.

Disini pun pengguna diberikan lebih banyak kontrol sehingga mereka bisa menentukan sendiri mana informasi yang boleh dibagikan dan mana yang tidak.

Foto : Blog Google

Dashboard privasi baru ini menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin perangkat kamu serta data apa saja yang sedang diakses, seberapa sering, dan oleh aplikasi mana.

Ia juga memungkinkan kamu untuk dengan segera mencabut izin aplikasi langsung dari Dashboard tanpa perlu ke pengaturan aplikasinya.

Diluar Fitur privasi Android 12, Google juga telah membangun perlindungan privasi langsung ke dalam OS dengan fitur Android Private Compute Core.

Fitur ini memungkinkan Google untuk memperkenalkan teknologi baru dengan tetap menjaga informasi pribadi pengguna tetap aman di perangkat mereka.

Baca Artikel Berikutnya,

Bitcoin Crash Vs. Bitcoin Correction

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]