Renewable Energy

Kapal Ferry Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Written by Techfor Id

Perusahaan Gas Industri Asal Norwegia, Linde, kabarnya mulai mendistribusikan pasokan Hidrogen Hijau Cair  (Liquid Green Hydro) beserta infrasturturnya ke beberapa Feri yang beroperasi di Norwegia.

Feri MF Hydra. Foto : Linde

Salah satunya dipakai oleh Feri MF Hydra, Hidrogen Cair tersebut berasal dari proton exchange membrane (PEM) sekuat 24MW menggunakan energi terbarukan untuk menghasilkan Hidrogen Hijau.

Pengiriman dijadwalkan akan dimulai tahun depan, di mana feri bertenaga sel bahan bakar akan mengurangi emisi karbon tahunan hingga 95%.

Baca Artikel Tentang Cryptocurrency :

Menggali Mata Uang Kripto hingga ke Akarnya

Hidrogen adalah pembawa energi yang kuat dengan potensi terbukti untuk mengurangi emisi karbon ketika digunakan dalam mobilitas,” kata Armando Botello, presiden Eropa Utara di Linde.

Bukan hanya mendistribusikan Hidrogen Hijau Cari saja, Linde juga nantinya akan membangun dan memasang peralatan penyimpanan, distribusi, dan keselamatan hydrogen baik di darat maupun di kapal itu sendiri.

Proyek ini dilandasi oleh Negara Norwegia yang mencoba untuk mendekarbonisasi transpostasi, khususnya di sektor pelayaran dan kapal besar.

Foto : Harvard group

Sistem integrator yang berbasis di Bergen, Norwegian Electrical Systems (NES) tahun lalu mengumumkan rencana untuk menanam sel bahan bakar hidrogen 3,2MW ke kapal besar yang saat ini sedang dirancang oleh Havyard Design untuk pemilik kapal Havila untuk berlayar di fjord Norwegia.

Kapal pesiar adalah salah satu penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di pesisir Norwegia.

Listrik untuk menggerakkan elektroliser di Leuna untuk menghasilkan hidrogen hijau akan berasal dari energi terbarukan bersertifikat di Jerman dan kemudian dari pembangkit listrik terbarukan yang belum dibangun di dekat pabrik Leuna.

Listrik terbarukan lebih murah dan lebih berlimpah di Norwegia, tetapi Jerman sudah memulai peningkatan besar-besaran sektor hidrogen hijau dan dengannya elektroliser. Dalam jangka panjang, Jerman berharap menjadi importir hidrogen hijau.

Baca Artikel Berikutnya,

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu