Link Building: Cara Memulai Kampanye Membangun Tautan (2)

6

Mari kita lanjutkan bagaimana cara memulai kampanye link building.

Sekarang Babastudio akan membahas mengenai cara melakukan link building yang berada di luar jangkauan. Di tulisan sebelumnya, Babastudio memberikan cara-cara membangun tautan, yang sebagian besar, melalui blogger.

Kini kami akan memberikan tips bagaimana caranya membangun tautan dimana berada di luar jangkauan kamu.

Sekarang kamu harus benar-benar mengambil risiko dan mulai memberi tahu orang-orang tentang konten atau kampanye yang kamu kerjakan.

Kamu harus mulai dengan target tingkat tinggi karena mereka tidak hanya dapat memberi kamu hasil yang baik jika mereka merespons dengan baik, tetapi kamu dapat menggunakannya sebagai bukti di kemudian hari ketika kamu menjangkau situs web yang lebih kecil.

Jika situs web yang lebih kecil melihat bahwa influencer menyukai sepotong konten dan membagikannya, mereka akan jauh lebih terbuka kepada kamu ketika sedang menghubungi mereka.

Ada beberapa poin penting.

Link Building: Beberapa Hal Penting Dalam Melakukan OutReach (Penjangkauan)

 

Anda sedang menghubungi orang sungguhan

Tidak ada mesin di belakang situs web yang kamu hubungi, yang memilih untuk menjawab atau tidak. Ini adalah orang sungguhan yang, pada kenyataannya, mungkin mendapatkan banyak e-mail yang bisa dijangkau jika mereka memiliki blog yang populer.

Mereka adalah orang sungguhan dan mereka pantas memiliki sedikit waktu kamu untuk membuat mereka sadar bahwa kamu bukan sekadar spammer atau program e-mail otomatis.

Tanyakan kepada diri sendiri bagaimana kamu akan berbicara dengan orang ini jika kamu bertemu dengan mereka di kehidupan nyata. Kamu akan memiliki percakapan nyata dengan mereka, bukan percakapan yang sama dengan orang lain yang kamu temui hari itu.

Juga, jangan berpikir bahwa seorang blogger bangun di pagi hari dengan pemikiran, “Hmm, siapa yang harus saya tautkan hari ini?” Mereka tidak pernah berencana untuk menautkan situs kamu; mereka memiliki hal-hal lain untuk dikerjakan yang kemungkinan menjadi prioritas di atas apa yang kamu tawarkan kepada mereka.

Karena alasan ini, kamu tidak boleh berasumsi bahwa seorang blogger berhutang apa pun kepada kamu; itu adalah tugas kamu untuk memberi tahu mereka mengapa kamu pantas mendapatkan waktu, perhatian, dan bantuan mereka.

Jika gagasan menghubungi orang sungguhan dan memberi tahu mereka tentang konten kamu membuat kamu sedikit gugup, maka lakukan pengecekan isi situs dan pastikan bahwa konten kamu dapat dibagikan dan memang berharga seperti yang kamu pikirkan.

Meskipun terlalu percaya diri bisa menjadi kesalahan, kamu harus merasa cukup percaya diri dalam mencurahkan ide. Percayalah bahwa orang sungguhan akan bereaksi dengan baik.

Jika kamu berjalan ke arah seseorang di jalan dan menunjukkan kepada mereka apa yang telah kamu kerjakan, apakah mereka akan bereaksi dengan baik?

Jika tidak mencapai target, kamu mungkin harus melakukan lebih banyak pekerjaan sebelum melakukan banyak penjangkauan.

Cara menyusun pesan

Ingat bahwa blogger yang kamu hubungi mungkin adalah orang-orang yang sangat sibuk, terlebih lagi jika mereka menjalankan blog populer dengan banyak pengikut.

Pesan kamu harus cukup rinci untuk menjelaskan mengapa mereka harus peduli, juga cukup singkat bagi mereka untuk membaca semuanya sehingga tidak membosankan atau membuat mereka menghapus pesan kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat untuk menyusun pesan Anda:

  • Beri tahu mereka mengapa mereka harus peduli dengan kamu
  • Beri tahu mereka tindakan apa yang kamu inginkan dari mereka
  • Tunjukkan bahwa kamu adalah orang asli dan bukan spammer

Tindakan Follow Up (Menindaklanjuti)

Para blogger profesional mungkin telah membangun banyak tautan sebagai hasil dari tindak lanjuti dengan orang-orang. Blogger populer akan mendapatkan banyak e-mail. Berbeda dengan blogger biasa-biasa saja dimana e-mail mereka mungkin terkubur dengan cepat dan dilupakan.

Untuk alasan ini saja, ada baiknya memastikan bahwa kamu perlu menindaklanjuti semua penjangkauan jika kamu tidak mendapatkan balasan pertama kali. Manfaat tambahan di sini adalah kamu juga memperkuat fakta bahwa kamu adalah orang asli dan bukan perangkat lunak otomatis yang mengenai banyak situs web sekaligus.

Untuk menindaklanjuti dengan benar, kamu perlu menjaga penjangkauan dengan terorganisir mungkin dan mencatat balasan yang kamu dapatkan. Hal sangat penting yang harus kamu lakukan adalah menindaklanjuti dengan seseorang yang telah terhubung dengan kamu!

Ada beberapa cara untuk tetap terorganisir dengan penjangkauan, mulai dari spreadsheet Excel yang sangat sederhana hingga Customer Relationship Management system (CRM), sistem manajemen hubungan pelanggan, yang sepenuhnya terintegrasi.

Mari kita lihat beberapa diantaranya.

Excel spreadsheet (Lembar kerja Excel)

Saat pertama kali memulai dengan link building (pembuatan tautan), spreadsheet sederhana akan berguna sekali. Bahkan pada tingkat menengah, masih bisa melakukan pekerjaan, tetapi itu bisa menjadi agak besar dan rumit jika kamu bekerja pada beberapa kampanye pada saat yang bersamaan.

Lembar Excel sederhana dapat mulai terlihat seperti ini:

Benar-benar bisa sesederhana itu. Kamu dapat menambahkan kolom tambahan untuk data atau metrik spesifik apa pun yang dianggap perlu, tetapi ini tentu akan membantu kamu.

Namun, setelah kamu menggunakan ini beberapa waktu, mungkin akan menjadi sedikit sulit untuk dikerjakan lebih lanjut.

Misalnya, apa yang terjadi ketika kamu menjalankan kampanye kedua dan kamu ingin terhubung dengan kontak kamu lagi? Meskipun, hal ini dimungkinkan dengan sistem Excel yang cukup canggih, tetapi bisa sedikit berantakan.

Alat spesialis untuk manajemen penjangkauan

Jika menggunakan sistem di atas tak memungkinkan lagi, kamu mungkin perlu berinvestasi dalam sistem yang lebih kuat dan fokus untuk mengelola penjangkauan kamu. Ada beberapa opsi untuk melakukan itu, seperti BuzzStream, mungkin salah satu yang paling populer untuk tugas semacam ini.

Atau menggunakan tool berikut ini.

Boomerang

Boomerang adalah plugin gratis untuk Gmail dengan fitur kecil yang bagus yang dapat digunakan untuk menindaklanjuti target penjangkauan. Saat mengirim e-mail, kamu dapat memberitahu Boomerang untuk mengirim e-mail kembali kepada kamu jika tidak mendapatkan balasan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Ini terlihat seperti ini:

Dalam hal ini, jika orang yang dikirimi e-mail tidak membalas dalam dua hari, Boomerang akan mengirim email kembali kepada saya. Pada titik ini kamu dapat segera menindaklanjuti dengan mereka dan yakinlah bahwa kamu tidak mengirim e-mail kepada orang yang salah.

Cara menindaklanjuti

Bagaimana menindaklanjuti tanggapan orang?

Saran Babastudio adalah dengan mengirim e-mail yang singkat namun to the point. Andaikan, kamu sudah mengirim e-mail kepada mereka sekali dan menguraikan semua detail yang mereka butuhkan maka kamu tidak perlu mengulanginya lagi.

Jika kamu membalas e-mail yang sama dengan yang sebelumnya maka bukan tak mungkin mereka akan merasa bahwa mesin yang membalas tanggapan mereka.

Sebagian besar program e-mail sebenarnya akan menyertakan e-mail asli, sehingga orang tersebut dapat menggulir ke bawah dan menemukannya dengan sangat mudah jika mereka mau.

Kamu bisa mengatakan sesuatu yang sederhana, misalnya seperti berikut ini:

Hai John,

Saya hanya ingin menindaklanjuti email yang saya kirim beberapa hari yang lalu (ditempelkan di bawah) mengenai panduan utama untuk backpacking yang telah saya kumpulkan.

Akan sangat bagus untuk mendapatkan tanggapan Anda, jika mungkin, dan melihat apakah ini adalah sesuatu yang Anda tertarik untuk berbagi dengan pembaca blog Anda.

Saya berharap mendengar kabar dari kamu.

Terima kasih!

Rice

(Di sini kamu dapat memasukkan email asli sehingga mereka dapat merujuknya jika mereka tidak dapat mengingatnya.)

Ini bagus dan singkat, mengatakan apa yang kamu butuhkan, dan ini cenderung sopan.

Biasakan untuk menindaklanjuti sekali. Jika pengguna masih tidak mendapat balasan, pengguna akan pindah dan tidak menghubungi lagi untuk kampanye khusus ini. Namun, jika kamu menindaklanjuti berulang kali, kamu berisiko mengganggu mereka dan benar-benar merusak peluang kamu untuk membangun hubungan dengan mereka.

Berurusan dengan balasan negatif

Pada titik tertentu, kamu mungkin akan mendapatkan balasan negatif untuk penjangkauan kamu. Ini normal dan sesuatu yang tidak perlu kamu khawatirkan. Bahkan, ini bisa menjadi peluang bagus untuk terlibat dengan blogger dan mendapatkan umpan balik lebih lanjut dari mereka.

Di bagian ini ada beberapa prinsip yang harus diingat ketika berhadapan dengan balasan negatif.

Selalu balas; jangan abaikan emailnya

Kamu mungkin tergoda untuk mengabaikan e-mail dan terus melanjutkan ke e-mail selanjutnya, terutama jika kamu telah menaruh hati dan jiwa kamu ke dalam konten yang tidak disukai seseorang.

Tetapi, mengabaikan jawaban berarti kamu merusak peluang untuk membangun hubungan yang baik dengan orang itu. Mereka mungkin tidak menyukai pekerjaan yang kamu lakukan saat ini, tetapi bagaimana dengan karya selanjutnya yang kamu kerjakan?

Hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah mengasingkan siapa pun sehingga mereka bahkan tidak repot-repot melihat pekerjaan kamu di masa depan.

Dapatkan informasi dan umpan balik sebanyak mungkin

Saat membalas seseorang, cobalah untuk mendapatkan umpan balik tentang mengapa mereka tidak tertarik untuk menautkannya dengan kamu. Jika kamu mempromosikan konten, minta pendapat mereka tentang apa yang membuat konten lebih baik.

Apakah ada cara yang lebih baik untuk menyajikan informasi?

Apakah ada fakta atau statistik tambahan yang membuatnya lebih berharga atau efektif?

Terkadang masalahnya mungkin bukan kontennya sendiri. Sebaliknya, blogger mungkin tidak punya waktu untuk menulis posting blog dan menautkannya kepada kamu. Dalam hal ini, kamu mungkin ingin menawarkan bantuan kepada blogger dengan menulis posting sehingga mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk itu.

Pada saat yang sama, kamu dapat meminta pendapat orang tersebut tentang konten apa yang sangat dibutuhkan dalam industri mereka.

Apakah mereka ada permintaan akan sesuatu, tetapi tidak punya waktu untuk membuatnya sendiri? Ada peluang besar di sini jika kamu mencarinya.

Misalnya, kamu mungkin dapat mencapai kesepakatan dimana kamu bermitra dengan blogger untuk membuat konten. Kamu memasukkan karya ke dalam konten yang ingin mereka buat dan mereka menggunakan kontak mereka untuk membantu mempromosikannya.

Bersama-sama, kamu telah menciptakan sesuatu yang berharga untuk industri ini

Juga, bayangkan kamu mendapatkan ide bagus untuk sebuah konten dari mereka. Kemudian kamu membuatnya, mengirim e-mail lagi dan menunjukkannya. Mereka mungkin akan jauh lebih reseptif kali ini!

Terlebih lagi jika kamu, entah bagaimana, bisa memberi mereka penghargaan untuk ide itu, mungkin sedikit menyebutkan atau tautan pada konten yang mengakui jasa mereka.

Penjangkauan yang harus dihindari

Ada beberapa kesalahan umum yang bisa terjadi ketika kamu melakukan link building atau membangun tautan. Kesalahan bisa terjadi dan ini bagus selama kamu belajar dari sana.

Ada beberapa hal yang perlu kamu hindari dalam melakukan outreach atau penjangkauan.

Menggunakan perangkat lunak e-mail massal

Ada banyak penyedia perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk mengirim e-mail banyak dan banyak orang sekaligus. Ini adalah praktik yang sah selama orang-orang memilih untuk mendengar dari kamu dan mengharapkan e-mail.

Banyak perusahaan melakukan ini sepanjang waktu dengan milis mereka. Namun, dalam hal link building (membangun tautan), ini bisa jadi merupakan ide buruk untuk menggunakan semua jenis perangkat lunak seperti ini.

Kenapa?

Berikut ini beberapa alasannya:

  • Jauh lebih sulit untuk mempersonalisasi e-mail massal seperti ini
  • Jika kamu membuat kesalahan, bukan hanya satu penerima yang melihatnya tapi semua penerima
  • Kamu dapat masuk dalam blacklist (daftar hitam) jika orang-orang mulai melaporkan kamu sebagai spam
  • Kamu mungkin melanggar hukum jika kamu mengirim e-mail massal kepada orang yang belum memilih untuk di-e-mail dengan cara ini.

Sebagai tambahan, dengan menggunakan perangkat lunak ini, kamu juga membahayakan situs web yang kamu wakili selain reputasi kamu sendiri. Selain itu, juga bisa merusak peluang pemilik situs web yang bekerja dengan penerima e-mail di masa depan.

Jika kamu sudah tahu akan hal-hal di atas maka sudah waktunya kamu hindari menggunakan perangkat lunak semacam itu.

Kembali lagi ke link building.

Berapa lama untuk membangun tautan untuk meningkatkan peringkat situs?

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya tentang menetapkan tujuan, dibutuhkan waktu untuk membuat tautan yang memiliki efek positif pada peringkat situs web kamu. Lamanya waktu dapat sangat bervariasi dan tergantung pada sejumlah faktor, diantaranya:

  • Daya saing industri kamu secara keseluruhan
  • Seberapa kompetitif kata kunci yang ditargetkan
  • Aktivitas pesaing kamu, yaitu jika mereka juga secara aktif membangun tautan
  • Jenis tautan yang kamu bangun
  • Sejarah dan kekuatan domain kamu

Semua faktor di atas bisa memakan waktu dari beberapa hari hingga beberapa bulan sebelum peningkatan peringkat tercapai. Ini harus diperhitungkan dalam tujuan dan harapan kamu dan semua pihak harus dibuat sadar bahwa peningkatan instan tidak mungkin terjadi.

Sebelum kamu mulai, ada baiknya mencatat di mana peringkat kamu saat ini untuk kata kunci yang menjadi target, serta bagaimana peringkat tersebut berubah setelah pekerjaan membangun tautan kamu benar-benar dilakukan.

Tergantung pada berapa banyak kata kunci yang kamu lacak dan melintasi jangka waktu seberapa lama. Dengan menggunakan tool seperti Moz Pro mungkin membuat segalanya lebih mudah, tetapi kamu selalu dapat melacak hal-hal sendiri menggunakan spreadsheet sederhana dan mengklik SERP untuk melihat di mana peringkat kamu saat ini .

Berharap realistis. Kamu akan melihat peningkatan lalu lintas jika kamu terus berupaya meningkatkan situs web, bisnis, dan aktivitas online kamu.

Kamu harus mencoba untuk tidak menganggap link building (membangun tautan) sebagai kegiatan satu kali saja, karena kamu mungkin kecewa dengan hasilnya.

Membangun tautan harus menjadi arus aktivitas konstan yang digabungkan dengan inisiatif lain seperti pembuatan konten, pemberian layanan pelanggan yang hebat, dan pemanfaatan media sosial.

Jika digabungkan, semua aktivitas ini dapat meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan pendapatan bisnis kamu. Ini adalah kombinasi dan dorongan yang konsisten menuju tujuan yang ditargetkan.

Nah, setelah kamu membaca kedua bagian tulisan dari cara memulai kampanye link building maka kini kamu sudah punya cukup wawasan mengenai hal itu.

Link building merupakan salah satu bagian proses dari SEO.

Pelajarilah SEO secara mendalam jika kamu ingin meraih kesuksesan dalam berbisnis online. Kamu bisa belajar sendiri atau dengan mengikuti kursus SEO.

Pilihlah tempat kursus yang bisa memberikan bantuan optimal kepada para muridnya dan tentu saja yang memiliki tenaga pengajar berpengalaman. Babastudio bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu.

Tempat kursus satu ini telah banyak mendapat penghargaan dan memiliki tenaga pengajar berpengalaman di bidangnya.

Kamu ingin belajar SEO? Jangan ragu lagi memilih Babastudio.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Share.

About Author

Techfor Id

6 Komentar

  1. Mengapa para blogger profesional harus membangun banyak tautan sebagai hasil dari tindak lanjuti dengan orang-orang ?

  2. putri diana on

    caa ini sangat membantu tapi benar-benar mengambil risiko dan mulai memberi tahu orang-orang tentang konten atau kampanye yang kamu kerjakan

  3. Butuh memakan waktu untuk membuat tautan yang memiliki efek positif pada peringkat situs web

Leave A Reply