Cara Optimasi SEO Website Kamu dengan Mudah

5


Dunia maya berkaitan langsung dengan SEO dan bila kamu mempunyai bisnis di dunia itu, ada baiknya kamu tahu cara optimasi SEO website yang kamu miliki. Kenapa?

Tentu saja agar website yang kamu miliki mendapatkan banyak pengunjung.

Misalnya, kamu ingin menjual suatu produk baru buatan sendiri yang masih belum dikenal di masyarakat dan penjualannya khusus secara online.

Agar mereka tahu, kamu bisa menyebar brosur, mengiklankannya di media radio atau televisi lokal, dan cara-cara “tradisional” lainnya.

Tapi apakah website kamu bisa menjangkau masyarakat luas. Mungkin saja, jika kamu tinggal di kota besar. Tapi belum ada jaminan bahwa website kamu akan selalu ramai pengunjung.

Jika memang website kamu masih sepi pengunjung mungkin itu karena kamu belum melakukan SEO dengan benar atau memang belum sama sekali.

SEO, Search Engine Optimization, adalah istilah umum untuk semua metode yang dapat kamu gunakan untuk memastikan visibilitas website atau situs web beserta semua kontennya di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Ada beragam cara untuk mendapatkan hasil SEO terbaik. Melakukannya dengan rutin dan website kamu memperoleh cukup banyak pengunjung.

Di tulisan ini, Babastudio tak akan menjelaskan sejarah awal mulanya SEO. Dalam tulisan ini, Babastudio akan memberikan tips cara optimasi website yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Dengan melakukan SEO, kamu bisa mempromosikan apapun dengan gratis namun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Ada dua cara agar website kamu bisa menonjol, dengan SEO atau dengan iklan. Cara kedua tentu saja berbayar tapi hasilnya lebih cepat dirasakan. Bagaimana cara beriklan? Nanti akan dijelaskan di tulisan-tulisan berikutnya dari Babastudio.

Tanpa panjang lebar lagi, ayo kita lihat bagaimana caranya mengoptimasi website dengan mudah.

Tapi sebelumnya…

Mengapa Anda butuh SEO?

Mengapa kita membutuhkan jalan raya dari satu kota ke kota lainnya?

Itu untuk memperlancar kita bepergian menuju tujuan yang kita inginkan dengan lancar. Ditambah dengan adanya petunjuk jalan akan lebih memudahkan orang asing untuk menuju suatu tempat yang ia tuju.

Sama seperti gambaran di atas, sebuah situs yang dibangun dengan arsitektur kuat dan menyediakan navigasi yang jelas akan membantu mesin telusur mengindeks situs itu dengan cepat dan mudah.

Ini juga akan, lebih penting lagi, memberi pengunjung pengalaman yang baik dalam menggunakan situs itu dan berpeluang mendorong kunjungan berulang.

Ini sudah seharusnya dipertimbangkan karena search engine (mesin pencari) Google semakin memperhatikan pengalaman pengguna. Tulisan ini lebih merujuk ke mesin pencari Google karena mesin pencari yang satu ini memiliki banyak pengguna.

Menurut situs Search Engine Watch, bahwa di tahun 2014 ada sekitar 64% dari semua lalu lintas web berasa dari pencarian organik. 2% dari media sosial, 6% dari iklan, 12% direct link, dan 15% dari sumber rujukan lain.

Ini menggambarkan betapa bergunanya SEO di dunia mesin pencari.

Lebih lanjut menurut situs Search Engine Watch bahwa berdasarkan penelitian Advanced Web Ranking menunjukkan bahwa pada SERP pertama, hasil lima teratas menghasilkan 67,60% dari semua klik dan hasil dari enam hingga 10 hanya 3,73%.

Artinya situs web yang berada di peringkat lima teratas berpotensi mendapatkan pengunjung lebih banyak. Karena itu penting bahwa sebuah situs web untuk muncul di lima hasil teratas.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu ingin agar website-mu berada di peringkat lima teratas?

Agar bisa berhasil kamu bisa mencoba 22 tips cara optimasi SEO berikut ini sebagaimana dirangkum dari situs Search Engine Watch.

22 Tips Cara Optimasi SEO

Situs web kamu masih sepi pengunjung? Mungkin website kamu belum optimal jika dilihat dari sisi mesin pencari. Jadi apa yang dicari oleh mesin telusur?

  1. Relevansi. Mesin pencari mencoba untuk memberikan hasil yang paling relevan untuk permintaan pencarian, apakah itu jawaban sederhana untuk pertanyaan “Apa itu laptop?”. Jawaban pertanyaan itu kemungkinan bisa diberikan Google tanpa harus meninggalkan SERP. Atau pertanyaan lebih rumit, seperti “apa restoran steak terbaik terdekat?”Bagaimana mesin telusur memberikan hasil ini adalah ke algoritma internal mereka sendiri, yang mungkin tidak akan pernah benar-benar bisa diteliti oleh masyarakat luas, tetapi ada beberapa faktor yang dapat kamu yakini akan memengaruhi hasil ini dan semuanya didasarkan pada relevansi … Misalnya: penelusur lokasi, riwayat pencarian, waktu hari/ tahun, dll.
  1. Kualitas konten. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini? Apakah kamu secara teratur mempublikasikan artikel bermanfaat, berguna, video, atau jenis media lain yang populer dan diproduksi dengan baik?Apakah kamu menulis untuk manusia sebenarnya daripada mesin pencari itu sendiri?Jika belum, lakukanlah.

    Penelitian terbaru dari Searchmetrics tentang faktor peringkat menunjukkan bahwa Google lebih suka menuju konten berdurasi panjang dan mudah dipahami daripada hanya menggunakan kata kunci berdasarkan query penelusuran populer untuk membuat konten.

    Pada intinya, berhenti mengkhawatirkan kata kunci dan fokus pada pengalaman pengguna.

  1. Pengalaman pengguna. Ada banyak manfaat SEO untuk memberikan pengalaman pengguna. Kamu haru membuat situs yang mudah dinavigasi dan dapat ditelusuri dengan jelas disertai tautan internal dan konten terkait yang relevan.Semua hal yang bisa membuat pengunjung di halaman web kamu lapar untuk mengeksplorasi lebih lanjut.
  1. Kecepatan situs. Seberapa cepat loading halaman web kamu akan dinilai oleh mesin pencari. Semakin lambat halaman web kamu tampil maka semakin turun peringkat situs web kamu di SERPs. Begitu pula sebaliknya.
  2. Kompatibilitas lintas-perangkat. Apakah situs web kamu dan kontennya sama-sama dioptimalkan untuk ukuran atau perangkat mobile? Perlu diingat bahwa Google telah menyatakan bahwa desain responsif lebih disukai Google.
  1. Internal Linking. Di atas Babastudio telah menjelaskan tentang manfaat memastikan situs kamu memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan, tetapi ada tips lain yang bisa bermanfaat. Kamu bisa memublikasikan artikel untuk membantu mendorong lalu lintas di sekitar situs dan yang dapat mengarah pada kepercayaan yang lebih tinggi kepada Google, yakni internal linking (penautan internal). Apa manfaat internal linking?• Ini memberikan audience kamu opsi membaca lebih lanjut.

    Selama konten relevan dan kamu menggunakan anchor text (kata yang disorot yang dapat diklik) yang jelas. Ini dapat membantu mengurangi rasio bounce rate.

    Ini membantu meningkatkan peringkat Anda untuk kata kunci tertentu.

    Gunakan ini agar suatu konten (misal, konten A) yang menggunakan keyword (kata kunci) tertentu yang muncul di konten lain (misal, konten B) bisa membantu meningkatkan pengunjung ke konten itu (konten A).

    Ini membantu Google merayapi dan mengindeks situs kamu.

    Googlebot kecil yang dikirim untuk mengambil informasi baru di situs Anda akan paham tentang seberapa berguna dan dapat dipercaya konten Anda.

  1. Authority (Otoritas).  Authority website adalah situs yang dipercaya oleh pengguna, situs web lain, dan mesin telusur. Biasanya tautan dari authority website sangat berharga, karena ini dilihat sebagai mosi percaya. Semakin banyak yang kamu miliki, semakin tinggi pula kualitas konten yang kamu hasilkan, semakin besar kemungkinan situs kamu sendiri akan menjadi authority website juga.
  1. Meta descriptions dan title tags. Memiliki meta description tidak akan serta merta meningkatkan peringkat Anda di SERP, tetapi itu adalah sesuatu yang pasti harus kamu gunakan sebelum mempublikasikan artikel karena dapat membantu meningkatkan peluang penelusur mengeklik. Meta description adalah paragraf pendek dari teks yang muncul di bawah URL halaman website dalam hasil pencarian. Tulis secara singkat (di bawah 156 karakter itu bagus), jelas, dan pastikan itu relevan dengan judul dan konten artikel itu sendiri.Title tag digunakan untuk memberi tahu mesin telusur dan pengunjung tentang situs kamu dengan cara yang paling ringkas dan akurat.

    Kamu dapat menulis title tag dalam area <head> dari kode HTML situs kamu.

    <head>

    <title> Contoh Judul </ title>

    </head>

    Kamu harus gunakan beberapa kata kunci akurat yang menjelaskan halaman website yang dimiliki. Hanya gunakan kata kunci yang relevan, dan hal yang terpenting untuk dipertimbangkan adalah bahwa kamu harus menulis judul yang mudah dipahami oleh manusia.

  1. Schema markup. Kamu bisa membuat hasil pencarian kamu tampak lebih menarik dengan menambahkan schema markup ke HTML halaman Anda. Apa itu schema markup?Schema, ditemukan oleh Schema.org, adalah kumpulan tag HTML berbeda yang dapat ditambahkan ke halaman web. Tag ini membuat deskripsi yang disempurnakan yang muncul dalam hasil pencarian (umumnya dikenal sebagai rich snippets).Schema.org adalah hasil kolaborasi antar search engine terkemuka, termasuk Google, Yahoo, Bing, dan Yandex pada tahun 2011.


    Ini dapat membantu mengubah hasil pencarian kamu menjadi taman bermain multimedia, menambah peringkat bintang, peringkat pelanggan, gambar, dan berbagai informasi berguna lainnya.

    Schema juga merupakan metode markup yang disukai oleh sebagian besar mesin telusur termasuk Google, dan itu cukup mudah digunakan.

  1. Gambar yang diberi tag dengan benar. Banyak orang lupa untuk menyertakan atribut alt ketika mereka mengunggah gambar ke konten mereka, tetapi ini pasti sesuatu yang tidak boleh diabaikan karena Google tidak dapat ‘melihat’ gambar itu, tetapi dapat ‘membaca’ teks alt-nya. Dengan mendeskripsikan gambar di teks alt seakurat mungkin, itu akan meningkatkan peluang munculnya gambar itu di Google Image search. Ini juga akan meningkatkan aksesibilitas situs web bagi orang-orang yang menggunakan perangkat lunak ‘screen reader’.
  1. Evergreen content. Daripada terburu-buru membumbui internet dengan kisah berita yang dianggap bisa menang cepat namun hanya memberi sedikit wawasan, mengapa tidak mempublikasikan lebih banyak evergreen content atau konten abadi. Artikel yang lebih bijaksana, bermanfaat, dan berdasarkan saran praktis dapat menghasilkan kemenangan jangka panjang yang besar dalam hal mengarahkan lalu lintas dan menempati posisi yang sangat terlihat di SERPs.
  1. Nama domain. Gunakan sub-direktori domain root (searchenginewatch.com/category/seo) daripada sub-domain (searchenginewatch.category.seo.com) karena ini lebih baik untuk keseluruhan arsitektur situs kamu.

    Jauhi tanda hubung (search-engine-watch.com) dan nama Top-level domain alternatif (.biz .name .info) karena ini dianggap sebagai spam. Memiliki nama domain ‘kata kunci kaya’ dapat mengarah ke pengawasan yang lebih ketat dari Google. Menurut Moz, Google sudah tak memprioritaskan situs dengan domain kaya kata kunci yang tidak berkualitas tinggi.

    Memiliki kata kunci di domain masih dapat bermanfaat, tetapi juga dapat mengarah pada pengawasan yang lebih ketat dan kemungkinan efek peringkat negatif dari mesin telusur — jadi berhati-hatilah dalam memilih nama domain.

    Anda juga harus memastikan bahwa jika Anda mengoperasikan situs tanpa www. Awalan, seseorang yang mengetik di www.example.com akan tetap dialihkan ke situs Anda. Jika ini tidak terjadi, Google dapat menganggap ini adalah dua situs berbeda dan visibilitas Anda dapat dikompromikan.

  1. Judul dan permalinks. Judul pada artikel sebaiknya di bawah 55 karakter untuk memastikan visibilitas lengkap mereka di SERPs. Buatlah judul yang menarik dan se-deskriptif. Jangan membuat judul yang menipu alias tak relevan dengan isi konten. Permalink (atau URL), yang biasanya dapat kamu ubah dalam CMS (Content Management System), seperti WordPress, bahkan bisa diatur secara otomatis, tidak harus selalu sesuai dengan judul. Google telah menyatakan bahwa kamu dapat menggunakan tiga hingga empat kata kunci dimana kata kunci yang paling penting dipasang terlebih dahulu.
  1. Komentar. Jangan matikan sistem komentar pada situs kamu. Memiliki komunitas komentator reguler yang terlibat dalam dialog di bawah posting menunjukkan bahwa pengunjung cukup peduli tentang konten kamu. Namun, sebaiknya tambahkan nilai nofollow ke bagian komentar sehingga Google mengabaikan tautan salah yang mungkin muncul.
  1. Local SEO (SEO Lokal). Pencarian yang real-time, personal dan lokal. Ini berarti hasil penelusuran akan ditayangkan berdasarkan tepat di mana lokasi seseorang berada. Ada preferensi dan bisnis penelusuran sebelumnya. Ini sangat penting bagi bisnis di luar sana di dunia nyata yang ingin menangkap perhatian pemirsa pada saat yang tepat. Kamu harus mendaftar ke Google My Business dan pastikan bahwa semua informasi yang diberikan akurat dan terbaru, seperti jam buka, informasi kontak, ulasan pelanggan, dan lain-lain.
  1. Media Sosial. Cara paling jelas yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan visibilitas situs web melalui sarana SEO non-teknis, yakni media sosial. Pastikan bahwa kamu hadir di semua saluran media sosial yang relevan (di mana pun audience Anda berada), dan tidak hanya menyiarkan konten kamu, tetapi dengan menggunakannya sebagai saluran layanan pelanggan dan benar-benar berinteraksi dengan orang-orang. Itulah 16 hal yang patut diperhatikan saat melakukan SEO. Lalu apa yang tak disukai oleh search engine?Ada banyak praktik black hat yang dapat menurunkan peringkat situs di Google. Ada 6 hal yang sebaiknya dihindari saat melakukan SEO.
  1. Keyword stuffing. Praktik menjejalkan keyword (kata kunci) ke dalam konten. Terlalu sering menggunakan kata kunci pada halaman kamu, terutama ketika dengan jelas mempengaruhi cara membaca konten di situs web akan membuat Google curiga dan pada akhirnya bisa mempengaruhi peringkat.
  1. Link buying atau pertukaran tautan yang berlebihan. Berpikir untuk membuat sebuah link farm? Jangan lakukan itu. Itu bahkan tidak sepadan. Tautan yang paling berharga ke situs kamu adalah situs yang berasal dari authority site (situs otoritas) dalam niche kamu sendiri.
  1. Iklan yang mengganggu. Sesuatu yang terlalu mengganggu bisa menghancurkan kesenangan. Termasuk gangguan iklan. Terlalu banyak iklan akan mengganggu pengguna saat membaca konten kamu dan dapat memperlambat kecepatan situs web.
  1. Mobile app interstitials. Jika kamu menyajikan pengunjung pengguna seluler dengan iklan layar penuh berisi ajakan untuk mengunduh aplikasi kamu maka Google akan menganggap situs web kamu tidak lagi ramah seluler.
  1. Konten duplikat. Jika Google menemukan dua bagian konten yang identik, baik di situs kamu sendiri, atau di situs lain maka itu akan merugikan karena Google hanya akan mengindeks salah satu laman tersebut. Kamu harus menyadari adanya scraper sites yang bisa mencuri konten kamu secara otomatis dan menerbitkan ulang sebagai milik kamu.
  1. Teks dan tautan tersembunyi. Ada cara untuk memanipulasi peringkat yang mungkin tidak pernah dilihat oleh pengguna, tetapi Google mungkin akan mencari dan menghukum kamu bila melakukannya. Hindari penggunaan teks putih pada latar belakang putih, meletakkan teks di luar layar, pengaturan ukuran huruf menjadi nol atau menyembunyikan tautan dalam satu karakter seperti koma atau titik.

Nah, itulah 6 hal yang sebaiknya tak dilakukan saat melakukan SEO. Jika kamu sudah tahu cara optimasi SEO maka jangan lakukan hal-hal yang dilarang atau terima konsekuensinya.

Kamu bisa mempelajari SEO sendiri atau dengan mengikuti kursus. Carilah tempat kursus yang sudah dikenal luas dan memiliki mentor-mentor berpengalaman di bidangnya. Babastudio salah satunya.

Kamu bisa belajar SEO di sini dengan pendampingan mentor-mentor yang sudah berpengalaman. Ayo tingkatkan pengetahuan IT kamu bersama Babastudio.

Share.

About Author

Techfor Id

5 Komentar

  1. Tips optimasi SEO ini sangat membantu untuk meningkatkan situs web yang masih sepi pengunjung

Leave A Reply