Cara Optimasi SEO pada Keyword dan Konten

6

Para blogger pasti berhubungan dengan SEO. Mereka terus belajar bagaimana cara optimasi SEO agar situs web yang mereka miliki bisa ramai pengunjung.

Tak hanya blogger, para pebisnis yang punya saluran e-commerce tentu menginginkan produk-produk yang mereka jual akan laku dan mencoba agar situsnya berada di puncak pencarian serta ramai pengunjung.

Situs-situs e-commerce pastinya tak hanya mengandalkan SEO tapi dipadukan dengan saluran lain, misalnya iklan. Tentu saja tetap tidak menganggap SEO sebelah mata.

SEO, Search Engine Optimization (optimasi mesin pencari), tetap dilakukan di dunia internet karena sifatnya yang organik dan gratis. Bisa dibilang ini proses untuk menampilkan hasil pencarian “alami” di mesin pencari.

Semua mesin pencari utama seperti Google, Bing, dan Yahoo memiliki hasil pencarian utama, di mana halaman web dan konten lain seperti video atau daftar lokal ditampilkan dan diberi peringkat berdasarkan apa yang dianggap paling relevan bagi pengguna oleh mesin pencari.

Apa yang dilakukan pengguna saat akan mencari informasi di internet?

Mereka membuka halaman mesin pencari dan mengetikkan kata-kata yang sedang dicari pada sebuah kotak kecil.

Lalu mesin pencari menampilkan situs-situs yang relevan dengan apa yang dicari pengguna. Setelah itu, mereka memilih mana yang dirasa cocok dengan apa yang dicari. Jika cocok maka mereka bisa betah berlama-lama di sebuah situs web, jika tidak mereka akan keluar lagi dan mencari yang lain.

Jadi ada 2 hal sederhana yang penting, keyword (kata kunci) pada search box (kotak pencarian) dan konten pada situs web.

Nah, kali ini Babastudio akan mencoba menjelaskan yang berkaitan dengan kedua hal itu tentang bagaimana cara optimasi SEO pada keyword dan konten.

Yang pertama keyword atau kata kunci.

CARA OPTIMASI SEO PADA KEYWORD

Ya… Semuanya dimulai dengan kata-kata yang diketik ke dalam kotak pencarian.

Agar informasi yang ada pada situs web bisa menonjol di mesin pencari maka melakukan riset kata kunci bisa memberikan keuntungan.

Sebelum kamu memulai membuat konten, ada baiknya untuk melakukan riset kata kunci dahulu. Apalagi jika terjun dalam bisnis penjualan.

Riset kata kunci adalah salah satu aktivitas paling penting, berharga, dan bernilai di bidang search marketing (pemasaran pencarian). Peringkat untuk kata kunci yang tepat dapat meningkatkan situs kamu, begitupun sebaliknya.

Dengan meneliti permintaan kata kunci pasar, kamu tidak hanya dapat mempelajari istilah dan frasa yang ditargetkan dengan SEO, tetapi juga mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan kamu secara keseluruhan.

Ini tidak selalu tentang mendapatkan pengunjung ke situs kamu, tetapi tentang mendapatkan pengunjung yang tepat.

Dengan melakukan riset kata kunci, kamu dapat memprediksi pergeseran permintaan, menanggapi kondisi pasar yang berubah, dan menghasilkan produk, layanan, dan konten yang dicari oleh pengguna secara aktif.

Bagaimana cara riset kata kunci?

Berikut beberapa langkah yang dianjurkan oleh situs Moz untuk riset kata kunci.

Menilai Kata Kunci

Seberapa besar pengaruh kata kunci untuk sebuah situs?

Contoh, kamu punya toko sepatu online. Saat pengguna menelusuri “sepatu bot hitam” atau “sepatu coklat”, apakah kamu akan lancar menjual sepatu-sepatu itu? Bagaimana jika sepatu yang kamu jual tidak sama dengan apa yang sedang mereka cari?

Memang, jenis kata kunci yang digunakan pengunjung dalam mesin pencari sering tersedia untuk webmaster, dan keyword research tools memungkinkan kita untuk menemukan informasi ini.

Namun, alat-alat tersebut tidak dapat menunjukkan kepada kita secara langsung betapa berharganya menerima lalu lintas dari penelusuran tersebut.

Untuk memahami nilai kata kunci, kamu perlu memahami situs web kamu sendiri, membuat beberapa hipotesis, menguji, dan mengulangi — rumus pemasaran web klasik.

Coba ikuti proses di bawah ini.

  • Bertanya pada diri sendiri… Apakah kata kunci relevan dengan konten situs web kamu? Akankah pencari menemukan apa yang mereka cari di situs kamu ketika mereka mencari menggunakan kata kunci ini? Apakah mereka akan senang dengan apa yang mereka temukan? Akankah lalu lintas ini menghasilkan imbalan keuangan atau tujuan lainnya?Jika jawaban untuk semua pertanyaan itu adalah “Ya!” maka lanjutkan …
  • Cari istilah/ frasa di mesin pencari utama Memahami situs web mana yang sudah di peringkat baik untuk kata kunci yang kamu targetkan akan memberi wawasan yang berharga untuk berkompetisi. Ini juga berarti betapa sulitnya memperoleh peringkat untuk istilah itu. Adakah iklan pencarian yang berjalan di sepanjang sisi atas dan kanan dari hasil organik? Banyak iklan pencarian berarti kata kunci yang ditargetkan bernilai tinggi dan beberapa iklan pencarian di atas hasil organik sering berarti kata kunci yang sangat rentan konversi namun juga sangat menguntungkan.
  • Buat contoh campaign untuk kata kunci di Google AdWords dan / atau Bing Adcenter Cobalah di Google Adwords, pilih “exact match” dan arahkan lalu lintas ke halaman yang relevan di situs web kamu. Lacak impressions (tayangan) dan conversion rate (rasio konversi) selama setidaknya 200-300 klik. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang Google Adwords, kamu bisa mengikutinya di artikel-artikel Babastudio selanjutnya.
  • Dengan menggunakan data yang telah dikumpulkan, tentukan nilai pasti dari setiap kata kunci Misalnya, asumsikan iklan pencarian kamu menghasilkan 5.000 tayangan dalam satu hari, di mana 100 pengunjung telah datang ke situs kamu, dan tiga telah dikonversi untuk mendapatkan laba total (bukan pendapatan)! sebesar $ 300. Dalam hal ini, satu pengunjung untuk kata kunci tersebut bernilai $ 3 untuk bisnis Anda. 5.000 tayangan tersebut dalam 24 jam dapat menghasilkan rasio klik-tayang antara 18-36% dengan peringkat # 1, yang berarti 900-1800 kunjungan per hari, di $ 3 masing-masing, atau antara 1 dan 2 juta dolar per tahun. Tidak heran banyak yang menyukai model bisnis ini. Kamu tak paham perhitungan di atas? Tak perlu dipikirkan. Pada intinya, jika kata kunci yang kamu gunakan tepat untuk situs kamu maka akan ada potensi kamu bisa meraih keuntungan dari sana.

Memahami Long Tail Keyword

Kembali ke contoh sepatu toko online. Kamu memilih kata kunci “sepatu”, apakah itu sudah cukup bagus?

Kata “sepatu” mungkin akan ada ribuan pencarian setiap hari dan mungkin dengan kata kunci itu saja kamu mungkin akan mendapatkan banyak pesaing yang lebih baik. Dan mungkin saja hanya dengan kata kunci itu, situs kamu tak tampil di halaman pertama SERPs.

Jika demikian kamu perlu menambahkan kata untuk “menemani” kata kunci target.

Ini yang dinamakan Long Tail Keyword.

Para pemasar online yang sudah berpengalaman menganggap bahwa long tail keyword akan lebih baik dalam hal konversi.

Seseorang yang hanya mengetikkan kata “sepatu” saja belum tentu akan membeli sepatu. Lain halnya jika ia mencari “sepatu pria murah”, ada kemungkinan dia mencari sepatu berharga murah lalu melakukan pembelian.

Oleh karena itu, sangat penting agar kamu tahu pemanfaatan long tail keyword.

Keyword Research (Riset Kata Kunci)

Setelah kamu paham kedua hal di atas maka pemilihan kata kunci bisa dimulai.

Lalu di mana kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang keyword demand, seberapa banyak permintaan kata kunci, dan keyword referrals, rujukan kata kunci?

Kamu bisa mendapatkannya di sini.

  • Moz Keyword Explorer
  • Google AdWords Keyword Planner Tool
  • Google Trends
  • Microsoft Bing Ads Intelligence
  • Wordtracker’s Free Basic Keyword Demand

Yang mana adalah yang terbaik? Sama saja. Setiap tool pasti ada kelebihan dan kekurangan.

Namun menurut Babastudio, kamu bisa menggunakan Google AdWords Keyword Planner Tool sebagai permulaan karena cukup mudah dan gratis.

Tool ini tidak hanya menyarankan kata kunci dan memberikan perkiraan volume pencarian, tetapi juga memprediksi biaya saat kamu akan menjalankan campaign yang berbayar untuk istilah-istilah itu.

Jika kamu menargetkan kata kunci tertentu, pastikan atur campaign dengan tepat agar biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

Setelah memperoleh kata kunci, hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah content (konten).

CARA OPTIMASI SEO PADA CONTENT

Jika kamu bertanya kepada para praktisi SEO, hal penting apa yang dibutuhkan dalam membangun situs web?

Tentunya mereka akan menjawab content (konten).

Karena yang membaca situs kita adalah manusia maka konten dibutuhkan agar mereka bisa memecahkan masalah mereka.

Dengan adanya yang mengunjungi situs itu maka traffic (lalu lintas) ke situs itu ada potensi untuk meningkat. Traffic dan content, kedua hal yang saling berkaitan untuk perkembangan situs web.

Konten harus benar-benar istimewa agar bisa menarik lebih banyak pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung, peringkat situs web bisa berada di papan atas.

Semua orang bisa mengeluarkan ide, tapi tak semua orang bisa menuangkan ide tersebut menjadi sebuah tulisan yang bagus.

Di dunia maya sudah banyak konten yang bagus. Tapi jika kamu benar-benar bisa menampilkan konten yang istimewa maka konten selanjutnya akan semakin ditunggu-tunggu pengguna.

Lalu bagaimana menulis konten yang luar biasa?

Inilah tips-tipsnya yang dirangkum dari situs Moz.

Ini yang bisa kamu lakukan jika ingin menulis konten yang hebat.

  1. Pilih topik yang sesuai Ini bisa jadi merupakan hal yang sulit. Ide tak muncul setiap saat, kadang juga tak terduga. Namun, jika kamu memang agak kesulitan mengeluarkan ide, kenapa tidak menggunakan sistem? Saat ide muncul dibenakmu, tulislah ke dalam sebuah daftar yang terorganisir. Lalu bagaimana jika kamu seperti sedang kehabisan ide? Ada beberapa cara bagus untuk membuat ide baru dari ide lama.
    • Gabungkan dua gagasan yang tampaknya tidak berhubungan
    • Tambahkan negatif, jadi “Cara” menjadi “Bagaimana tidak”
    • Langkah berikutnya; tulis ide posting yang belum sempat kamu tulis

    Apa poin penting tentang membuat ide?

    Untuk itu, kamu sebaiknya memiliki pikiran terbuka untuk ide-ide. Kamu bisa mendapatkan ide-ide baru dengan membaca tulisan orang lain.

    Tapi kamu tak perlu takut jika memang sedang kesulitan mendapatkan ide karena memang inovasi itu datang perlahan dan kadang kita bisa mendapatkan ide dari orang lain.

  2. Meneliti posting-an sendiri Jangan menulis saat kamu tak punya semangat untuk itu. Karena bila dipaksakan yang keluar hanya akan berupa tulisan buruk. Mulailah menulis jika inspirasi sudah muncul. Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan apa yang akan ditulis, dan untuk itu kamu perlu melakukan penelitian tentang apa yang sudah ada dan apa yang belum dilakukan dengan baik. Kamu juga bisa memperbaiki posting-an sendiri dengan menambahkan atau mengembangkan hal-hal baru. Kamu juga bisa mendapatkan ide-ide baru dari kolom komentar jika memang tersedia di situs web kamu.
  3. Menulis posting Saat kamu sudah selesai melakukan penelitian maka kamu siap untuk menulis atau kamu bisa merencanakannya dahulu kemudian baru menulis. Itu terserah kamu. Karena kamu akan menulis di situs web dan berusaha agar bisa mendapatkan banyak pengunjung, maka kamu harus menuliskannya mengikuti “aturan” SEO. Tak ada template untuk penulisan yang bisa menjamin tulisan kita akan selalu disukai dan situs web kita mendapat banyak kunjungan. Tapi setidaknya, ada cara agar tulisanmu lebih sedap dipandang. Penggunaan huruf tebal, huruf miring, dan variasi lain untuk penekanan poin penting akan memudahkan pembaca memahami tulisanmu. Lalu mengenai panjang tulisan, tak ada yang benar atau salah meskipun tulisan yang panjang cenderung mendapat peringkat yang baik. Tapi jangan menulis panjang hanya untuk mengoceh tanpa maksud yang jelas karena itu hanya membuat pengunjung keluar dari situs kamu.
  4. Promosikan posting-an kamu Kamu pernah mendengar istilah pemasaran konten? Setelah kamu selesai menulis konten lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Apa yang harus dilakukan agar orang-orang bisa tahu dan membaca tulisanmu? Tentu saja, dipromosikan. Sama seperti menjual barang/ produk. Bagaimana bisa dibeli orang jika suatu produk tak diiklankan? Kamu bisa memulai menempatkan tulisanmu pada suatu blog populer. Jika memang disukai maka tulisanmu akan punya banyak pengikut. Tapi yang perlu disadari, memasarkan posting akan membutuhkan usaha lebih besar daripada menulis. Sangat direkomendasikan agar kamu memulai memasarkan konten dengan posting tamu pada blog yang relevan. Jika konten kamu bagus maka akan ada pembaca yang menautkan konten kamu ke situs mereka.

    Mintalah setiap blogger yang kamu posting tahu apakah mereka akan keberatan menge-Tweet tentang posting blog kamu. Dan mungkin kamu akan terkejut oleh seberapa besar keinginan mereka untuk mempromosikan konten yang berharga.

    Lalu menggunakan media sosial kamu sendiri adalah juga ide yang bagus, meskipun itu tergantung pada seberapa banyak pengikut kamu. Jika kamu memiliki teman dengan niche sama, mungkin juga bisa meminta mereka untuk membantu kamu.

    Jika kamu tak punya teman di niche yang sama maka lakukan pencarian di berbagai jaringan.

Itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan konten agar situs kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Semoga tulisan ini bisa memberi kamu beberapa ide tentang cara membuat konten yang lebih baik untuk kamu sendiri. Hanya perlu diingat bahwa prosesnya cukup sederhana, tetapi perlu sedikit usaha, yakni:

  • Jaga pikiran kamu tetap terbuka
  • Mulailah dengan ide dan lihat apa yang sudah ada di luar sana
  • Cari tahu bagaimana memperbaiki apa yang sudah ditulis
  • Rencanakan konten kamu dan tulis dengan gaya untuk audience kamu
  • Pikirkan tentang bagaimana kamu akan mendapatkan lalu lintas ke posting kamu
  • Dan satu lagi, tambahkan ajakan bertindak pada konten kamu, misalnya “belilah produk ini”.

Nah, setelah kamu mengetahui cara-cara optimasi SEO, mungkin kamu sudah punya gambaran bagaimana cara meningkatkan peringkat situs web kamu.

Dan jika kamu masih belum paham tentang ini mungkin kamu bisa meminta bantuan dari orang yang telah berpengalaman di bidang SEO.

Atau kamu bisa mengikuti kursus yang menyediakan materi tentang ini. Babastudio adalah salah satu tempat kursus terbaik yang menyediakan materi tentang SEO. Di tempat kursus ini kamu bisa memperlajari cara optimasi SEO sehingga bisa kamu terapkan di situs kamu.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Share.

About Author

Techfor Id

6 Komentar

  1. Elizabeth Margaretha on

    Kenapa konten yang kualitasnya sudah bagus tapi untuk peringkatnya tidak naik ?

  2. Pingback: 6 Hal Yang Dapat Meningkatkan CTR Adwords Kamu Saat Ini | TechForID

  3. Pingback: Cara Meningkatkan Traffict Pada Website yang Eksplosif di Tahun 2020! |

  4. Pingback: Gandeng Pakar Luar, SEOCON 2020 Siap Bekali Digital Marketer! |

  5. Pingback: 8 Strategi Digital Marketing terkini utuk Meningkatkan Profit Anda | TechForID

  6. Pingback: Perbedaan SEO dan SEM! |

Leave A Reply