Perbedaan SEO dan SEM!

3

Apa itu SEO dan SEM ?

Perbedaan antara SEO dan SEM yang sudah dikenal secara luas di dunia digital marketing. Keduanya sama-sama bertujuan meningkatkan visibilitas website pada search engine (mesin pencari)

Berbicara tentang SEO tentunya tidak asing dengan mengoptimalisasi website untuk mendapatkan peringkat web pada hasil pencarian organik, sementara SEM melebihi SEO secara fungsional. SEM memiliki metode khusus pada suatu mesin pencari seperti iklan  Pay per Click.

Baca Juga : Ini Tahap Awal Belajar SEO untuk Pemula

Search Engine Optimazation (SEO)

Untuk membandingkan antara SEO dan SEM sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu definisi SEO. Sehingga menjadi lebih jelas perbedaan antara keduanya.

Apa itu SEO ?

SEO adalah proses optimisasi website dengan tujuan mendapatkan traffic secara gratis pada mesin pencari seperti Google atau Bing.

SEO sangat penting karena web yang optimal sangat mudah dikenali oleh Search Engine Crawler dan meningkatkan peluang mendapatkan peringkat yang tinggi pada Search Engine Result Pages (SERPs)

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Apa komponen utama dalam SEO ?

Ada tiga komponen utama dari SEO yakni Technical SEO, On-Site SEO, dan Offsite SEO.

Technical SEO mengacu pada proses mengoptimalisasi website agar mesin pencari lebih mudah mengenali website anda dan index website. Dengan Technical SEO anda sudah memastikan bahwa mesin pencari paham mengenai Profil dan misi website anda tanpa masalah.

On-Site SEO adalah beberapa metode yang bisa anda terapkan pada page website serta konten-konten yang ada pada website tersebut agar teroptimasi untuk jenis kata kunci spesifik.

Baca Juga : Seberapa Penting Link Building untuk SEO?

Contohnya, anda perlu mengoptimalisasi judul pada website, memberikan isi atau deskripsi yang baik, URL dengan format yang baik, menyisipkan Alt text pada gambar yang ada, dan masih banyak lagi.

Off-Site SEO Mengacu pada beberapa proses mendapatkan referensi (Backlink) dari beberapa website untuk tujuan meningkatkan kepercayaan website anda dimata Mesin Pencari (Search Engine)

Untuk pemula, mungkin ini terdengan membingunkan namun coba renungkan selayaknya sebuah sistem dengan peringkat dimana website yang memiliki banyak referensi akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencari.

Referensi, dalam hal ini adalah link bisa anda hubungkan dari website lain menuju website anda. Inilah mengapa Offsite SEO merujuk pada membangun link.

Untuk menghindari kesalahpahaman, bukan hanya tentang berapa banyak link website yang diarahkan menuju website anda tapi juga dari mana link tersebut berasal (dan beberapa faktor lainnya).

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing tidak hanya berada diatas SEO namun juga berperan sebagai mindset dalam menyusun strategi digital marketing.

Diagram dibawah menunjukan hubungan antara digital marketing, Search engine marketing, dan SEO

Seperti yang anda bisa lihat pada gambar diatas, ada banyak cara meningkatkan traffic pada website anda selain menggunakan SEO dan SEM.

Apa itu SEM ?

SEM adalah proses digital marketing dengan tujuan meningkatkan visibilitas pada mesin pencari baik dengan cara mendapatkan traffic organic melalui SEO atau traffic berbayar (Paid Traffic) melalui iklan PPC atau Pay per click

Melalui traffic berbayar atau Paid Traffic intinya membeli lapak iklan pada hasil mesin pencari. Jadi, daripada mencoba untuk mendapatkan peringkat tinggi dengan metode SEO organik dan Traffic secara gratis, anda hanya perlu membayar agar tampil di halaman teratas mesin pencari.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO pada Keyword dan Konten

Hal umum perihal periklanan yang banyak di ketahui untuk Public Service Ads (PSA) ialah google Ads atau lebih dikenal sebagai Google Adwords. Dengan Google Ads, anda bisa mendapatkan iklan anda agar tampil dimesin pencari google dan anda hanya perlu membayar per klik dari iklan yang anda pasang.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa seluruh proses yang disebut pay per click atau PPC. Bing dan Yahoo juga memiliki sistem yang sama namun tidak begitu efektif dan yang dikenal seperti google ads.

Mana yang lebih baik, SEO atau SEM ?

Meskipun nyatanya bahwa SEO adalah salah satu dari dua komponen Search Engine Marketing, banyak marketer yang merujuk kepada SEM maksudnya iklan dengan metode Pay per klik

Pada dasarnya mereka menganggap Iklan Pencarian berbayar satu-satunya komponen SEM. Dengan demikian anda dapat membandingkan antara keduanya.

SEO Vs SEM

SEO organic secara umum strategi terbaik bagi para pengiklan untuk mendapatkan hasil baik yang bertahan lama. Bagi Website yang memiliki peringkat tinggi pada hasil pencarian organik atas kata kunci yang dimaksud, bisa mendapatkan traffic secara Cuma-Cuma dalam setiap hari, dan dapat menikmati semua keuntungan dari menggunakan Search Engine Optimizer.

Website yang menggunakan metode PPC tetap mendapatkan traffic dari mesin pencari tetapi tidak secara gratis (berbayar). begitu pembayaran berhenti, maka traffic tersebut akan hilang.

Perbedaan besar lainnya antara SEO dan SEM yaitu membutuhkan banyak waktu agar SEO bisa bekerja dengan baik, sedangkan SEM tidak.

Jadi, yang mana yang lebih baik tergantung dari penilaian anda. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang cepat, maka SEM menjadi pilihan terbaik, sedangkan jika anda ingin membangun bisnis online yang bertahan lama tanpa bergantung pada pencarian berbayar, maka SEO solusinya.

Apakah SEM mempengaruhi SEO ?

SEM tidak mempengaruhi SEO, jika anda menggunakan PPC untuk menargetkan kata kunci spesifik dan mendapatkan hasil dari mesin pencari yang tidak memiliki dampak positif maupun negative dari usaha SEO anda.

Peringkat SEO ditentukan dari banyak factor, sedangkan SEM tidak.

sumber : https://www.reliablesoft.net/what-is-the-difference-between-seo-and-sem/

Share.

About Author

Techfor Id

3 Komentar

  1. Pingback: Apa Perbedaan SEO dan SEM? – Asosiasi Digital Marketing

  2. Pingback: Facebook Ads : Pengertian dari Facebook Marketing | TechForID

  3. Pingback: Sosial Media yang Akan Meledak di Tahun 2020! | TechForID

Leave A Reply