6 Cara Mengoptimalisasi Sosial Media

5

Kebanyakan para pebisnis online tentunya mengenal apa itu SEO. Memanfaatkan mesin pencari seperti Google atau Bing menjadi tren sebagai media untuk mengkampanye kan agenda marketing. Namun seiring berkembangnya social media sebagai salah satu platform favorit untuk menggapai para customer anda.

Hal ini menjadikan sosial media marketing sebagai cara yang efektif untuk bisnis online untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Apa yang dimaksud Social Media Optimization ?

Socal media optimalization atau Mengoptimalisasi sosial media yakni menggunakan sosial media sebagai penghubung untuk mengembangkan bisnis yang anda kelola secara online. Dimana anda hanya perlu membuat akun pada salah satu platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter dimana para customer anda berada.

Keuntungan dari Social Media Optimalization antara lain :

  • Memperkenalkan Produk atau jasa anda
  • Menghubungkan anda dengan para customer
  • Meningkatkan keuntungan dari bisnis yang dikelola

Berikut adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalisasi media sosial yang telah anda buat.

1. Tentukan strategi Sosial Media anda

Kurangnya pengetahuan perihal sosial media menjadi tantangan bagi sebagian perusahaan atau bisnis online. Hal ini dikarenakan trend di sosial media cenderung berubah-ubah setiap tahunnya. Banyak hadirnya pesaing yang tentunya mempengaruhi keuntungan anda. Maka dari itu anda harus benar-benar menentukan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menyusun strategi marketing sosial media anda :

  1. Buat Konten yang menarik minat audience
  2. Mencari peluang dari hal yang sedang trending di sosial media
  3. Lakukan pendekatan kepada para audience anda
  4. Jalin hubungan relasi yang bisa menguntungkan bisnis anda

2. Lakukan riset kata kunci

Salah satu dari komponen penting bagi SEO yakni melakukan riset kata kunci. Kata kunci melambangkan target yang audience atau customer anda tuju, sehingga anda bisa membuat konten yang relevan bagi mereka. Hal yang sama berlaku juga bagi Optimalisasi Sosial Media

Anda wajib tau mengenai topik, hashtag, maupun kata kunci dari target audience anda sehingga anda bisa membuat konten yang relevan dan sesuai dengan minat mereka. Riset kata kunci juga mengajarkan anda untuk menentukan hastag atau kalimat apa yang bisa meningkatkan peluang ditemukannya bisnis anda oleh para customer anda.

3. Optimalisasi Profil Media Sosial

Untuk SEO, mengoptimalisasi suatu website adalah hal yang penting. Konten yang ada disetiap halamannya membantu mesin pencari (Search Engine) memahami apa yang ada pada website anda. Jadi, ketika customer mencari topik yang berhubungan atau relevan dengan situs anda, mesin pencari akan merekomendasikan konten anda.

Optimalisasi sosial media memiliki hal yang sama, namun untuk mengoptimalisasi media sosial anda tentunya harus mengoptimalisasi profil anda terlebih dahulu.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Berikut adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan pada profi media sosial anda :

  • Foto Profil : Foto profil yang digunakan wajib menggunakan logo atau merk brand anda.
  • Username : Gunakan Merk brand anda sebagai Username dalam suatu platform sosial media. Hal ini menjadi factor penting, karena memudahkan customer untuk mencari anda di platform sosial media.
  • Bio : Jelaskan dengan detail mengenai bisnis apa yang sedang anda jalankan. Jika memungkinkan, letakan link yang menuju langsung ke website anda untuk menarik lebih banyak traffic. Menggunakan kata kunci relevan pada bio anda juga mempengaruhi visibilitas website anda pada mesin pencari.

Hal yang tidak kalah penting adalah melengkapi profil anda secara keseluruhan. Termasuk seperti page facebook, profil Instagram, bahkan LinkedIn. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan hal ini karena mereka terlalu terburu-buru. Semakin lengkap profil anda, semakin besar pula peluang anda.

4. Optimalisasi Konten

Mungkin anda pernah mendengar pepatah “Konten adalah Raja” ketika membahas tentang SEO. Hal yang sama juga berlaku bagi Social Media Optimization atau Optimalisasi Sosial media. Sosial media anda tentunya butuh konten agar tetap berjalan, tanpanya dunia marketing anda tentunya tidak akan berjalan dengan baik.

Ada dua jenis tipe konten yang bisa anda publish pada sosial media anda.

  1. Konten Original
  2. Curated Content : Konten yang dibuat dengan mengumpulkan, mengorganisasi, dan menampilkan suatu informasi yang relevan dengan bisnis anda dari sumber lain

     Akan lebih baik lagi jika konten di sosial media anda menggabungkan keduanya.

5. Optimalisasi Jadwal Posting

Waktu yang anda tentukan untuk memposting sama pentingnya dengan isi postingannya. Apa gunanya membagikan foto yang bagus di instagram jika tidak ada orang yang melihatnya ? Berikut ini ada beberapa tips untuk mengoptimalkan jadwal postingan sosial media anda

Waktu yang tepat untuk Memposting di sosial media

Waktu yang optimal untuk memposting tergantung dari audience dan platform media sosial yang anda gunakan. Namun untungnya, Tools atau software seperti Sprout Social mampu membuat proses ini menjadi jauh lebih mudah dengan cara mengkalkulasi waktu terbaik berdasarkan akun sosial media guna mendapatkan audience yang banyak.

Seberapa banyak postingan di akun sosial media

Bagian kedua dalam menentukan timing postingan di sosial media yakni dengan menentukan dengan tepat jumlah postingan per hari / minggunya. Jika anda ingin sebanyak mungkin orang melihat postingan anda tanpa spam, dibawah ini ialah jumlah postingan yang optimal menurut riset dari Constant Contact

  • Facebook : 3-10 postingan per minggu
  • Twitter : 5-10 postingan per hari
  • LinkedIn : 2-5 Postingan per minggu
  • Pinterest : 5-10 Postingan per hari

6. Tracking & Improve dengan Social Media Analytic

Sama halnya seperti SEO, anda perlu melakukan tracking terhadap usaha Social Media Optimization dengan Social Media Analytic. Hal ini bisa dilakukan melalui Code UTM pada Google Analytic. Code UTM dan URL memberikan informasi data mengenai traffic yang didapat website anda melalui sosial media. Dengan demikian anda dapat gambaran penuh seberapa besar dampak dari Social Media Marketing yang anda lakukan.

Share.

About Author

Techfor Id