Cara Beriklan dan Mengembangkan Bisnis Anda dengan Google Adwords

9

Mengiklankan bisnis anda dengan google adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnis, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan profit yang didapat. Google Ads atau yang dikenal luas sebagai Google Adwords merupakan platform advertising (periklanan) online terbesar dan terluas di dunia. Dan dengan beriklan di google, bisnis anda bisa meraih banyak customer-customer potensial.

Ada 2 jenis PPC yang ada pada google ads. Anda bisa membuat google adwords yang memberikan tempat bagi iklan anda untuk menempati urutan teratas dalam hasil pencarian google (SERPs) tergantung dari jenis keyword yang sudah anda optimalisasi dan bayar.

Cara lainnya ialah Product Listing pada Google shopping. Opsi yang bisa diatur dengan mudah yang menampilkan produk anda dalam format Thumbnail dan Call-to-Action yang terhubung ke website anda untuk membeli produk tersebut

Bagaimana Cara Kerja Google Ads?

Google ads berfungkis layaknya sebuah pelelangan, namun tidak seperti pelelangan pada umumnya dimana harga tertinggi lah yang memenangkan pelelangan. Google ads kualitas dan relevansi dalam prosesnya. Maksudnya Google adwords bukan hanya untuk kalangan tertentu dengan asset yang banyak, namun untuk semua orang.

Google Ads berfokus pada konsep Keywords (kata kunci). Anda sebagai pemilik bisnis tentunya harus mengidentifikasi jenis keyword apa yang tepat untuk bisnis anda dan kata kunci apa yang akan audience anda cari untuk menemukan produk atau jasa anda, serta meletakan bid (biaya yang dikeluarkan per kliknya). Hal ini lah yang menjadi asal muasal kata Pay Per Click.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Quality Score

Kualitas Iklan adword dipengaruhi oleh relevansi dan akurasi dari PPC anda dengan User Experience yang pengunjung website anda alami. Ketika kedua hal ini berjalan dengan baik, anda tanpa diragukan lagi menjadi Kompetitor dengan Kualitas tinggi. Dibutuhkan waktu yang lama untuk mencapai hal ini, namun jika berhasil tidak hanya iklan anda yang meningkat kualitasnya begitu pula SEO pada website anda

Cost Per Click

Cost Per clik atau Biaya per kliknya dihitung dari dari competitor anda berdasarkan Quality Score dan biaya yang dikeluarkan. Semakin tinggi Biaya yang di set atau bid setiap kliknya semakin besar pula peluang iklan anda tampil dihalaman teratas hasil pencarian dan mengalahkan competitor-kompetitor anda

Semakin besar bid yang anda tentukan per Clicknya, semakin besar pula peluang iklan anda tampil di halaman teratas google dan mengalahkan para pesaing anda. Inilah penyebab mengapa Google memliki dampak yang sangat besar dalam mengembangkan bisnis anda.

Bagaimana Cara Beriklan dengan Google Ads?

Menggunakan Google Ads sebagai platform mengiklankan produk anda, dibutuhkan akun google ads yang mana sangat mudah untuk dibuat. Begitu anda membuka akun tersebut, waktunya mencari tau bagaimana mengembangkan bisnis anda menggunakan google ads

Berikut adalah 10 langkah untuk beriklan di google ads

  1. Membuat akun Google Ads
  2. Tentukan Target Audience / Customer anda
  3. Lakukan Riset Kata kunci
  4. Siapkan modal untuk Bid kata kunci
  5. Bangun struktur yang optimal pada akun anda
  6. Ciptakan Iklan dengan perfoma yang baik
  7. Buat landing page yang efektif
  8. Lakukan tracking junlah audience
  9. Kembangkan Potensi Marketing anda
  10. Biasakan Mengoptimalisasi iklan yang sudah anda buat

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan Google Ads

Mengoptimalkan Struktur akun Google Ads

Langkah awal dalam menentukan struktur akun yang optimal. Meskipun ada banyak cara mengoptimalkan struktur google ads seperti mirroring pada website anda atau dengan megkategorikan produk, akun yang paling efektif dan sukses memberikan kualitas yang sama perihal hirarki organisasi. Gambar dibawah ini menunjukan seberapa optimal struktur akun google ads :

Akun itu sendiri menempati level teratas dalam hirarki tersebut. Setiap akun memiliki agenda marketing. Beberapa pengiklan hanya melakukan 1 agenda marketing di satu waktu, sedangkan yang lainnya melakukannya lebih dari 1 secara bersamaan. Setiap agenda memiliki grup yang bervariasi dimana didalamnya mengandung keyword yang unik, ad text, dan landing page.

Hirarki diatas tidak sepenuhnya merefleksikan struktur akun google ads anda, namun dengan cara tersebut dapat meminimalisir dampak buruk yang mempengaruhi kinerja iklan Google Adwords anda.

Beriklan di Google dengan Wordstream

Untuk memaksimalkan hasil dari google ads, perlu diketahui bagaimana cara kerja dan mengembangkan hal yang ada. Dan Wordstream hadir untuk membantu anda dalam mencapai hasil yang memuaskan

Adwords Performance Grader merupakan Tool dengan fitur yang paling komprehensif diantara tool gratis yang ada. Hanya dalam kurang dari 60 detik, adwords performance grader membuahkan hasil yang detail melalui audit akun adword anda, mengidentifikasi beberapa area yang bisa dikembangkan juga memberikan patokan yang perlu anda perhatikan untuk mengalahkan para pesaing anda.

Analisa secara berkala, optimalisasi, dan peka terhadap perubahan yang ada sangat dibutuhkan agar dapat meraih keuntungan sebanyak mungkin pada google ads. Namun, bagi banyak bisnis kecil dengan modal terbatas, kampanye marketing. Maka dari itu dikembangkannya Wordstream

Sistem Kerja Wordstream membuat anda secara langsung mengidentifikasi area-area yang dapat dikembangkan tanpa harus repot-repot. Wordstream memberikan anda fitur dimana anda dapat memanage Google Ads, Bing Ads, dan Facebook Ads secara responsif dengan 1 dashboard saja. Hanya dengan log in di Wordstream anda dapat mengatur Iklan online anda dari satu tempat.

Kustomisasi Wordstream memberikan rekomendasi berdasarkan kampanye marketing, history akun, dan akun adwords.

sumber : https://convertkit.com/how-to-advertise-on-google , https://www.wordstream.com/advertise-on-google

Share.

About Author

Techfor Id