Digital Marketing

Panduan Dasar Cara Menggunakan Google Ads

panduan menggunakan google ads
Written by Techfor Id

Menjalankan bisnis online bukanlah hal yang mudah, disini anda harus bersaing dengan platform bisnis online besar seperti Amazon, Ebay, Atau Alibaba. Mereka saling berlomba agar selalu tampil pada halaman pertama hasil mesin pencari (SERPs).

Bahkan meskipun website anda memiliki struktur SEO yang sangat baik, dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan untuk tampil di halaman pertama Google.

Nah, Google Adwords hadir untuk membantu bisnis online anda. Website atau Iklan yang menggunakan Adwords akan tampil dibagian atas atau bawah pada hasil pencarian Google (SERPs). Salah satu metode populer yang ditawarkan Google Adwords adalah Pay-per-Click atau yang lebih dikenal PPC.

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa website yang menggunakan Google Ads akan tampil di halaman teratas hasil pencarian. Setiap orang yang mengklik iklan tersebut, anda harus membayar sejumlah biaya kepada google.

Baca Juga : Cara Beriklan dan Mengembangkan Bisnis Anda dengan Google Adwords

1. Sign Up akun Google Anda

Sebelum anda mulai beriklan di google ads, anda diharuskan memiliki akun google terlebih dahulu. Jika sudah, ketik https://ads.google.com/ pada URL browser anda.

Setelah Login, anda akan dialihkan kehalaman dashboard  google ads untuk mulai membuat iklan.

Klik icon bisnis baru dan berikan nama untuk bisnis anda serta website toko online anda.

2. Tentukan Target Audience Anda

Pada tahap ini, anda harus menentukan sendiri secara spesifik lokasi target audience anda. Fitur ini memastikan bahwa iklan anda hanya akan tampil kepada pengguna yang melakukan pencarian pada lokasi yang anda tentukan saja. Ada 2 jenis fitur penargetan yang ditawarkan google yaitu :

  • Penargetan Berdasarkan Radius di sekitar Bisnis Anda

Fitur ini menayangkan iklan berdasarkan alamat dari bisnis anda dan radius yang anda input. Ini berarti iklan anda hanya terpusat pada orang-orang yang berada di sekitar anda. Metode ini cukup efektif dan efisien, namun jangkauan audience anda jadi sangat terbatas hanya pada radius wilayah tersebut.

Baca Juga : 7 Alasan Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis Anda

Contoh, saya menargetkan secara spesifik hanya pada radius 30 KM dari Toko saya yang beralamat di wilayah Jakarta Utara. Maka, Iklan saya mayoritas hanya muncul pada audience di wilayah Jakarta, dan tampil sebagian di wilayah Tangerang, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

  • Penargetan Berdasarkan Area Spesifik

Untuk metode ini, Google melakukan penayangan iklan berdasarkan Area yang anda tentukan.

Contoh lainnya, Saya menargetkan secara spesifik hanya untuk area Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Maka iklan saya, hanya muncul di area tersebut.

3. Menentukan Keyword (Kata Kunci) Iklan Anda

Keyword adalah istilah kata atau frasa pencarian yang diinput audience anda dalam melakukan pencarian informasi pada mesin pencarian. Google memberikan anda opsi menentukan keyword antara 15-20 jenis. Namun jangan khawatir, anda bisa mengedit, menambah, atau menghapus kata kunci yang anda inginkan

Karena pada contoh saya menjual Jaket jeans, maka pastinya saya menggunakan keyword hanya yang berhubungan dengan produk tersebut seperti Jaket Levis, Jual jaket jeans murah, Model Jaket levis, dan lain-lain. Google akan memberikan beberapa opsi Keyword Relevan kepada anda, Jadi tidak perlu bingung jika anda sulit menentukan kata kunci yang sesuai.

Dibawah ini adalah 4  tipe keyword yang menentukan bagaimana iklan anda ditampilkan :

Broad match : Broad match merupakan pengaturan default dari google yang disediakan untuk anda. Tipe ini memungkinkan iklan anda agar tampil pada pencarian dengan keyword serupa dan relevan seperti sinonim, bentuk tunggal &  jamak, Kesalahaan pengejaan, dan Stemming

Broad match memberikan jangkauan audience yang luas namun memiliki kelemahan seperti munculnya iklan anda pada hasil pencarian yang tidak relevan dengan bisnis anda.

Baca Juga : 8 Strategi Digital Marketing terkini utuk Meningkatkan Profit Anda

Broad match Modifier : Broad Match modifier sama halnya seperti Broad Match namun dengan sedikit modifikasi. Dengan menambahkan simbol “ + ” sebelum keyword,  jadi iklan anda hanya muncul jika audience mengetik keyword setelah

“ + ”.

Contoh apabila saya menginput keyword “ +Jaket Jeans di Bandung”, iklan saya tidak akan muncul apabila audience mencari “Makanan di Bandung”.

Phrase Match : Phrase Match memungkin google untuk menampilkan iklan dengan keyword  pilihan anda yang memiliki urutan sama. Contohnya jika saya memilih keyword “ Jaket Jeans Murah” maka iklan saya tidak akan tampil apabila audience menginput keyword “ Jeans jaket murah”.

Untuk menentukan jenis keyword ini anda hanya perlu memasukan Keyword diantara kutipan / tanda kutip (“ ”)

Exact Match : Seperti namanya, opsi ini akan memastikan iklan Anda hanya muncul ketika seseorang mencari dengan istilah pencarian yang identik dan mirip dengan keyword pilihan anda. Jika saya menggunakan keyword “Jaket Jeans Bandung”, maka iklan saya tidak akan muncul di hasil pencarian “Jaket Jeans Termurah di Bandung”.

Anda hanya perlu meletakan tanda kurung pada keyword yg ditentukan. Contoh [Jaket Jeans Bandung]. Exact match bisa menjadi cara yang aman guna menghemat kantong anda, namun sangat lambat dalam mempromosikan iklan anda.

Negativ Keyword : Istilah yang membantu Anda memastikan iklan Anda tidak ditampilkan kepada audiens yang tidak relevan dengan produk anda. Fitur ini cocok jika produk anda memiliki kata kunci dengan makna dan istilah lebih dari satu. Contoh “Bisa Ular” dengan “Bisa melakukan”.

4.    Tentukan isi dari iklan anda

Inilah bagian terpenting dari iklan anda, Saya sarankan untuk memikirkan dengan serius isi dari iklan anda. Isi dari iklan anda haruslah singkat, padat, dan jelas.

Judul (Headline): Google Adword memberikan anda limit hingga 3 judul dan max 30 huruf per judulnya. Pastikan anda menggunakan fitur terbatas ini sebaik-baiknya, sangat direkomendasikan untuk mencantumkan Keyword pilihan anda pada judul iklan.

Baca Juga : 7 Keuntungan Menggunakan Google Ads Untuk Bisnismu!

Deskripsi: Google memberikan 2 kolom deksripsi untuk iklan anda dengan maksimal 90 huruf per kolom nya. Jika bisa, gunakan kata-kata yang mengandung penawaran menarik agar audience anda mau mengunjungi website anda.

Jangan lupa untuk mengecek kembali Judul dan isi dari iklan anda agar kesalahan yang ada dapat diminimalisir.

5.    Tentukan Anggaran Iklan Anda

Seperti yang anda ketahui, menentukan budget iklan bukan perkara yang mudah. Iklan dengan budget yang tinggi membuat iklan anda terus tampil dihalaman utama hasil pencarian, namun bisakah anda terus menerus melakukan hal itu ? Pastikan keuntungan yang anda dapat bisa mengcover biaya iklan yang anda keluarkan.

Google akan memberikan beberapa rekomendasi anggaran iklan untuk anda. Tapi tenang saja, anda bisa menentukan sendiri dengan bebas berapa besar biaya per harinya.

Namun perlu diingat, semakin rendah biaya yang anda keluarkan, semakin kecil pula peluang iklan anda mampu bersaing dengan iklan lain yang serupa. Lakukan analisa terhadap kompetitor anda terlebih dahulu sebelum menentukan dengan pasti anggaran yang bisa anda keluarkan.

6. Lakukan Pembayaran & Iklan anda Siap Tayang

Setelah anda selesai membuat iklan, simpan iklan tersebut dan anda akan dialihkan ke halaman pembayaran. Pada Section ini, Google akan menanyakan perihal bisnis dan Informasi pembayaran anda. Iklan anda akan berhenti tayang apabila anggaran anda sudah habis.

Setelah anda melakukan pembayaran, iklan anda akan siap tayang dan bisa anda cek sendiri pada mesin pencari google dengan Keyword yang sudah anda tentukan untuk melihat hasilnya.

Berikutnya Baca : 4 Cara Cerdas Memaksimalkan Kampanye Google Ads-mu

About the author

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu