Digital Marketing

Facebook Ads : Pengertian dari Facebook Marketing

facebook marketing
Avatar photo
Written by Techfor Id

Facebook merupakan platform sosial media terbesar didunia. Facebook marketing sudah menjadi salah satu channel marketing terbesar dalam hal melebarkan bisnis yang anda.

Apa itu Facebook Ads ?

Facebook ads adalah metode digital marketing yang disediakan facebook untuk mengiklankan bisnis anda. Facebook ads tampil pada 2 tempat di halaman utama facebook. Yang pertama, Facebook ads tampil pada beranda (Home) pengguna. Iklan tersebut menampilkan Foto anda, brand produk, dan beberapa baris konten serta link menuju website anda.

Baca Juga : 8 Cara Mudah Membuat Page Bisnis di Facebook

Iklan yang tampil pada beranda user facebook

Yang kedua yakni iklan tampil pada bagian kanan beranda pengguna. Iklan ini ditampilkan dalam format yang sedikit lebih simpel.

Iklan yag tampil pada bagian kanan beranda user

Apa Algortima yang digunakan Facebook ?

Pada bulan Januari tahun 2018, Facebook mengumumkan perubahan besar terhadap algoritma yang mereka gunakan. Karena banyaknya iklan yang tidak relevan tampil di beranda penggunanya, Facebook kini menerapkan standar iklan yang relevan. Jadi, sekarang Facebook hanya menampilkan suatu iklan kepada penggunanya berdasarkan minat mereka dan komentar yang berkaitan dengan iklan tersebut.

Baca Juga : Facebook Ads : Cara Membuat kampanye iklan di Facebook Yang Efektif

Bagaimana Cara menggunakan facebook untuk mempromosikan Bisnis ?

1. Buat iklan yang berbeda untuk Desktop dan Mobile Facebook

User yang menggunakan Facebook via smartphone sering kali memiliki niat dan kebiasaan yang berbeda dengan yang menggunakan PC atau laptop.Kenali apa yang ingin mereka lihat diantara keduanya, dan rencanakan iklan anda berdasarkan minat mereka

2. Lakukan Test secara konsisten

Test yang dimaksud seperti Gambar apa yang cocok, kata-kata yang di gunakan, serta target audience anda. Contoh jika produk anda menargetkan audience berusia remaja, maka anda diharuskan menggunakan gambar yang penuh warna, serta bahasa anak remaja atau kekinian.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

3. Targetkan dengan tepat Customer anda

Biasanya banyak marketer menargetkan audience di Facebook berdasarkan ketertarikan mereka atau data demografis, seperti Musik yang mereka sukai, hobi, atau karakter audience ketika belanja online.

Baca Juga Artikel Terkait :

Lalu bagaimana cara agar saya tahu Facebook ads saya sukses ?

Berikut ini adalah daftar metrik untuk mengetahui hal tersebut :

  • Lihat apa yang audience anda lakukan setelah melihat iklan anda ? berapa banyak yang mengklik iklan tersebut ? Berapa banyak yang menyukai atau mengshare iklan anda ?
  • Berapa besar biaya untuk setiap Konversi nya ? Biaya yang anda keluarkan setiap harinya serta biaya setiap kali audience yang mengklik iklan anda di Facebook
  • Bagaimana Score yang relevan bagi anda ? Informasi seperti ini sangat berguna untuk facebook dalam menentukan audience, mahalnya biaya iklan anda, dan seberapa sering atau diprioritaskannya iklan anda.

Facebook ads bisa menjadi cara terbaik untuk menarik banyak customer baru di Facebook, meningkatkan jangkauan produk, membuat mereka tertarik membeli produk anda. Tunggu apa lagi, mulailah bereksperimen dengan Facebook Ads untuk mengembangkan bisnis anda.

Membangun Brand Produk di Facebook

1. Cara membangun Brand Awareness di Facebook

Sayangnya, masih banyak pebisnis yang berasumsi bahwa situs sosial media seperti facebook hanya sebagai peluang untuk mengenalkan brand atau produk mereka ke banyak penggunanya. Namun ketika tidak berjalan dengan baik, banyak dari mereka langsung beranggapan bahwa facebook kurang efektif dalam mengembagkan bisnis.

Masalah seperti ini bukan sepenuhnya salah facebook. Karena orang-orang yang menggunakan facebook cenderung lebih ingin bersosialisasi dengan teman mereka daripada melihat promosi penjualan. Jaman sekarang, mereka lebih suka jika suatu brand yang bertujuan untuk mengenal mereka secara personal daripada hanya mencari keuntungan semata.

Baca Juga : Kisah Sukses yang Inspiratif menggunakan Facebook Ads

Facebook dapat membantu anda dalam membangun brand dengan berperan sebagai platform yang menarik calon audience anda, menjawab pertanyaan mereka, dan mencari tau apa yang mereka butuhkan.

2. Bagaimana Cara membangun Komunitas di Facebook ?

  • Ajak orang-orang untuk Follow anda di facebook – Iklankan produk anda kemanapun anda pergi (Fanspage atau Group), dan buat mereka tertarik agar menyukai produk anda.Sebagai awal, anda bisa lakukan hal ini kepada teman-teman terdekat anda di facebook.

Iklankan produk anda kemanapun anda pergi (Fanspage atau Group), dan buat mereka tertarik agar menyukai produk anda.Sebagai awal, anda bisa lakukan hal ini kepada teman-teman terdekat anda di facebook.

  • Buat Follower anda tertarik dengan konten anda – Saat follower anda menyukai atau mengshare konten anda, secara langsung mereka membagikan konten tersebut kepada teman-teman mereka di Facebook. Dengan demikian jangkauan brand anda menjadi lebih luas lagi dari sebelumnya.
  • Kenali follower anda lebih dekat – Inilah yang dimaksud dengan pendekatan lebih personal. Dengan menjawab komentar mereka secara langsung membuktikan bahwa anda peduli dengan mereka. Jika anda peduli, mereka pun akan lebih tertarik untuk mengenal dan membeli produk anda

3. Bagaimana cara membangun brand di Komunitas yang ada ?

Begitu anda berhasil membuat komunitas di Facebook, maka inilah waktunya untuk mempromosikan brand atau produk anda. Dibawah ini adalah tips-tips yang bisa anda terapkan di Iklan facebook anda.

1. Adakan suatu Event pemberian kupon atau diskon kepada customer untuk menceritkan pengalaman mereka terhadap produk anda atau memposting foto mereka dengan produk anda. Dengan begini anda mendorong mereka agar membeli lagi produk anda.

Baca Juga : Perbedaan Search Engine Optimizer dan Search Engine Marketing

2. Tawarkan Kode Unik atau Giveaway secara eksklusif kepada follower setia anda. Memberikan sesuatu secara gratis akan secara signifikan meningkatkan loyalitas follower anda

3. Berikan Tips atau alasan mengapa mereka harus membeli produk anda. Buat Page komunitas anda bukan hanya sebagai ajang promosi, melainkan sumber informasi berharga untuk follower anda.Berikut contohnya jika anda bergerak pada bidang kesehatan atau Pharmacy.

Berikutnya Baca 5 Cara Mempromosikan Produk Anda Lewat Facebook

SUmber : https://www.brightedge.com/glossary/facebook-marketing

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu