Ini Tahap Awal Belajar SEO untuk Pemula

10

SEO adalah kata yang sering digunakan di dunia internet. SEO bukan hal baru. Misalkan kamu adalah seorang awam yang ingin menjadi profesional di bidang ini, apa bisa? Apa ada cara belajar SEO untuk pemula?

Ada. Apakah mudah? Bisa dibilang cukup mudah tapi harus rutin dilakukan.

Pertama-tama, kamu harus tahu dasar-dasar SEO dan setidaknya tahu cara kerja SEO.

Cara kerja SEO, bisa menjadi hal penting yang sebaiknya kamu tahu jika ingin membuat website (situs web) kamu terkenal. Tapi, jika kamu awam dalam hal SEO maka sebaiknya kamu tahu dahulu apa itu SEO.

Tapi yang pasti, jika kamu belum punya situs web maka buatlah terlebih dahulu.

Tanpa adanya website maka tak ada yang bisa dilakukan dengan SEO.

Kini membuat website tak sulit lagi. Tak seperti sekitar dua dekade lalu dimana jika ingin membuat website maka kamu harus “berhubungan” langsung dengan source code atau dengan kata lain mengerti bahasa pemrograman.

Kini sudah cukup banyak platform untuk mendirikan website, salah satunya WordPress.

Tapi jika kamu ingin menjadi seorang Webmaster maka penggunaan bahasa pemrograman tak bisa dihindari.

Kamu bisa belajar sendiri, belajar di perguruan tinggi jurusan IT atau belajar di suatu tempat kursus seperti Babastudio. Ya, Babastudio adalah salah satu tempat yang bisa kamu andalkan dalam mempelajari cara membuat website dari level pemula hingga mahir.

Jika kamu benar-benar ingin menjadi seorang webmaster maka kamu tak perlu takut akan bahasa pemrograman. Kejar impianmu!

Kembali ke soal SEO…

Jika membuat website ada kalanya berbayar tapi apakah melakukan SEO juga berbayar?

Bisa iya tapi bisa juga gratis. Berbayar jika kamu menyerahkannya kepada digital agency, gratis jika kamu melakukannya sendiri.

Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkadang sedikit berinvestasi pun bisa dijadikan pilihan. Investasi ini bisa berupa tools yang bisa dimanfaatkan dalam penerapan SEO. Jika kamu punya bisnis yang mengandalkan SEO maka investasi di bidang ini kadang tak bisa dihindari.

Apalagi bisnis yang punya banyak pesaing.

Pemasaran via internet semakin menjamur dan jika punya kemahiran dalam SEO maka akan bisa membantu penjualan.

Siapapun bisa mempelajari SEO karena untuk mempelajarinya tak sulit namun butuh ketekunan agar bisa mencapai hasil yang diinginkan. Jika kamu seorang pemula dalam hal SEO maka kamu bisa membaca tulisan ini agar punya gambaran tentang SEO.

Di tulisan ini, Babastudio akan memberikan pengetahuan sedikit tentang SEO. Bagaimana sih cara kerja SEO itu? Tak perlu mendalam namun setidaknya bisa menambah wawasan kamu.

Sebelum kamu tahu cara kerja SEO, ada baiknya kamu tahu “definisi” dari SEO.

SEO, Apa Itu?

Inilah hal yang pertama kamu harus tahu tentang SEO. Anggaplah tahapan pertama belajar SEO untuk pemula.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, SEO bisa kamu lakukan jika ada website yang perlu ditingkatkan peringkatnya. Sebentar… tapi apa kepanjangan dari SEO?

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization. Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan optimisasi mesin pencari.

Kembali ke soal peringkat.

Peringkat? Ya, peringkat atau ranking. Semua orang pastinya pernah browsing atau dalam Bahasa Indonesia, berselancar, di internet. Hampir segala informasi kini tersedia di dunia maya ini. Tak hanya mencari informasi, kini berbelanja pun tak perlu datang langsung ke toko/ outlet.

Misalnya, kamu ingin beli baju. Kamu bisa mencarinya di internet. Setelah menemukan baju apa yang cocok, kamu bisa memesannya dan baju pilihanmu akan diantarkan ke rumahmu. Tentunya setelah menyelesaikan pembayarannya dahulu.

Nah, omong-omong soal mencari informasi di internet, setelah memasukkan kata yang kamu cari di kotak pencarian, apa yang dilihat pertama kali di layar monitor atau smartphone kamu?

Yakni daftar website-website yang paling relevan dengan apa yang sedang kamu cari.

Di bawah daftar itu kamu bisa temukan deretan angka yang merujuk ke halaman berikutnya di search engine (mesin pencari) itu.

Apa yang kamu lakukan jika setelah melihat-lihat website di halaman pertama tapi kamu tak menemukan apa yang dicari? Apa kamu akan melihat-lihat di halaman berikutnya sampai ketemu? Pastinya malas.

Semakin tinggi angkanya, hasil pencariannya akan semakin tidak relevan dengan apa yang kamu cari.

Karena itu, jika sebuah website bisa “nangkring” di halaman pertama biasanya akan banyak dikunjungi user (pengguna).

Banyak jika melihatnya dari “kacamata” pembuat website?

Bayangkan jika kamu adalah seorang pebisnis yang menjalankan E-commerce, pastinya kamu mengharapkan website kamu selalu ramai pengunjung. Pasti kamu akan senang bukan?

Kamu berbisnis e-commerce tujuannya sudah pasti untuk menghasilkan uang dari sana. Bayangkan kalau website kamu masih belum dikenal di dunia maya, siapa yang akan beli barang yang kamu jual?

Istilahnya, bukan untung yang didapat malah buntung.

Nah, supaya website bisa tampil di halaman pertama search engine maka kamu harus lakukan sesuatu. Apa itu? Ya… melakukan SEO. Agar bisa sukses menerapkan SEO maka setidaknya kamu perlu tahu cara kerja SEO.

Search engine atau mesin pencari itu ada banyak. Bing, Yahoo, dan Google adalah mesin pencari yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Tapi ada satu yang penggunanya paling banyak. Siapa lagi kalau bukan Google.

Kehadiran Operating System (OS) Android bisa dibilang juga turut andil dalam membuat Google menjadi nomor satu dalam urusan cari-mencari di internet.

Halaman pencarian Google terdiri atas jutaan halaman dan setiap pemilik situs berharap situs web mereka tampil di halaman pertama Google atau yang lebih baik, peringkat pertama di halaman pencarian.

Itulah pengetahuan umum dalam belajar SEO untuk pemula.

Lalu bagaimana caranya agar bisa berada di halaman pertama? Penasaran?

Ini dia yang perlu kamu tahu.

5 Prinsip Fundamental SEO

Sebelum masuk ke uraian berikut, ada hal yang mesti kamu perhatikan.

SEO itu sifatnya bisa dikatakan fluid, artinya dalam jangka waktu tertentu teknik penerapannya akan berbeda. Ya, pengoptimalan pada mesin pencari itu berevolusi dan berubah dari waktu ke waktu.

Dalam SEO ada algoritma komputer yang terlibat. Google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia melakukan penyempurnaan algoritma ini dari waktu ke waktu. Dan komunitas SEO di dunia merasa taktik ini harus dimiliki jika website mereka tak ingin jatuh ke jurang karena adanya pembaruan algoritma Google.

Bisa dianggap SEO adalah sebagai medan pertempuran antara mesin pencari dan para profesional SEO yang terus mencari cara untuk memecahkan pembaruan agar bisa mendapatkan lebih banyak “lalu lintas” yang masuk ke website dan meningkatkan visibilitas SERP.

Apa itu SERP?

Jika kamu ingin menjadi seorang profesional SEO maka ada banyak istilah yang perlu kamu tahu dan salah satunya SERP.

SERP itu kepanjangan dari Search Engine Results Pages. SERP adalah halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari sebagai jawaban atas permintaan oleh pencari.

Saat ini, itu saja dulu yang perlu kamu ketahui dahulu tentang SERP jika kamu baru mulai menjalankan SEO.

Sudah dikatakan di atas kalau SEO itu terus berubah dan para profesional SEO harus beradaptasi dengannya. Jika kamu pengguna setia Google maka kamu akan menyadari satu hal pada tampilan mesin pencari dibandingkan, katakanlah, 10 tahun lalu.

Apa itu?

Iklan. Ya, kalau kita perhatikan ada banyak iklan pada hasil pencarian daripada hasil organik saat kita mencari sesuatu di sana. Oh ya, SEO itu merupakan hasil pencarian organik dan gratis. Sementara iklan itu berbayar.

Itulah yang terjadi saat ini. Tak hanya Google, mesin pencari lainnya juga menekan hasil organik dari pencarian.

Meski Google masih menampilkan sekitar 10 hasil organik per halaman tapi mereka merancang agar perhatian pengguna tertuju ke iklan.

Dan tampaknya, hal ini akan mengalami kenaikan di masa depan. Inilah mengapa SEO itu bagaikan medan peperangan yang harus dimenangi.

Di tahun 2018 ini pun kompetisi untuk berada di papan atas daftar peringkat organik pun terus memanas. Para profesional SEO harus bisa meningkatkan skill mereka agar dapat terus bertahan di peringkat tinggi.

Jika kamu memang ingin menjadi profesional SEO maka kamu perlu tahu beberapa prinsip yang bisa bermanfaat untuk kelangsungan hidup website kamu di mesin pencari.

Prinsip-prinsip ini bisa kamu pegang dalam proses belajar SEO untuk pemula.

Ini bukan teknis yang mendalam tentang cara kerja SEO tapi gambaran besarnya ada pada prinsip-prinsip berikut ini.

5 prinsip mendasar dari SEO menurut situs Search Engine Journal yang bisa dilakukan di tahun 2018.

  1. Link Still Rule
    Link atau tautan masih menjadi bagian penting dari SEO sejak awal dan tetap saja menjadi salah satu indikator kinerja sebuah website. Semakin tinggi kualitas tautan relevan yang didapat, semakin tinggi pula SERP website tersebut. Pada dasarnya, tautan masih berlaku di dunia SEO. Jadi masuk akal jika ada yang berinvestasi dalam membangun tautan sebagai bagian dari penerapan SEO. Lalu bagaimana caranya mendapatkan link atau tautan berkualitas? Anda bisa membaca artikel-artikel Babastudio berikutnya.
  1. Konten Yang Relevan dan Dioptimasi Adalah Pemenangnya
    Ada sebuah pertanyaan. Yang mana dulu yang hadir, ayam atau telur? Tanpa telur ayam tak ada dan tanpa ayam telur tak ada. Sama seperti ungkapan di atas, tanpa konten tak ada yang bisa diberikan tautan. Tanpa tautan, konten yang dibuat tak akan ada yang tahu. Jadi pada akhirnya, tautan dan konten adalah kedua hal yang tak terpisahkan. Keduanya menjadi tulang punggung dari SEO. Sebuah website berisi konten yang relevan dan mempunyai tautan berkualitas akan berada pada posisi tinggi di mesin pencari. Ada beberapa hal penting dalam menyusun dan mengoptimalkan konten yang kamu buat dalam proses belajar SEO untuk pemula.

     

    • Keyword relevan
      Keyword atau kata kunci yang dipilih untuk konten harus sesuai dengan tema konten yang dibuat. Jika sesuai, ini akan memudahkan mesin pencari menampilkan website kita saat pengguna mencari informasi yang sesuai dengan konten kita.
    • Judul, meta descriptions, atribut ALT, tag H1, dan URL tetap penting
      Sertakan kata kunci yang ditargetkan dan relevan dalam elemen-elemen ini. Bingung dengan istilah-istilah di atas? Tak perlu khawatir, ini akan dijelaskan di artikel-artikel selanjutnya.
    • Konten Buatan Manusia
      Yang pasti ini menjadi bagian penting dalam membuat konten dan jangan dilupakan dalam belajar SEO untuk pemula. Pastikan pula semua konten ditulis oleh manusia agar tak terkesan kaku saat dibaca.
  2. Tampilan Itu Penting
    Sama seperti kamu melihat orang lain, apa yang kamu perhatikan pertama kali dari orang tersebut? Penampilan. Website juga begitu. Jika sebuah website tak menarik dipandang dan sulit untuk ditelusuri “kamar-kamar”-nya maka kamu pasti akan keluar dari website itu. User Experience (UX) atau pengalaman pengguna memainkan peran penting dalam cara kerja situs web Anda dengan mesin telusur. Cara kerja SEO sebetulnya cukup sederhana dan pengalaman pengguna menjadi salah satu penilaiannya.
  1. Mobile Friendly
    Bisa diartikan bersahabat saat ditampilkan pada smartphone. Kini pengguna smartphone ada jutaan di dunia dan terus bertambah. Penggunaan desktop PC semakin ditinggalkan. Dengan smartphone kamu bisa mencari informasi di mana saja dan kapan saja. Dalam membuat website, kamu harus bisa mengakomodasikan hal ini. Pastikan tampilan website yang dibuat tak akan hancur saat tampil pada smartphone. Dengan kata lain website yang dibuat harus responsif dan lancar. Intinya: optimalkan konten kamu untuk pengguna seluler, percepat kecepatan tampilan halaman kamu, tingkatkan kesesuaian untuk seluler. Sesuaikan dengan keinginan Google atau website kamu akan mendapatkan peringkat yang buruk di Google.
  1. Voice Search Menjadi Tren
    SEO terus berevolusi dan voice search (pencarian dengan suara) akan menjadi sesuatu yang penting. Kenapa? Karena menurut laporan situs Search Engine Journal bahwa berdasarkan laporan Northstar Research ada sekitar  55 persen remaja Amerika Serikat (AS) dan 41 persen orang dewasa AS menggunakan penelusuran suara. Dan menurut Google ada lebih dari 20% penelusuran seluler adalah penelusuran suara. Jadi sudah saatnya untuk mulai mengoptimalkan voice search atau pencarian suara. Bagaimana caranya? Sederhananya seperti ini.
  • Optimalkan konten dengan cara menggunakan bahasa alami.
  • Optimalkan untuk featured snippets. Untuk arti snippets ini akan dijelaskan lebih lanjut.
  • Buat dan markup halaman FAQ (gunakan skema Tanya dan Jawab). Pada intinya, meski voice search ini tak harus digunakan sekarang tapi jika kamu menanamkannya sejak dini, manfaat yang didapat bisa kamu rasakan di masa depan.

Itulah 5 prinsip fundamental SEO yang perlu diketahui oleh siapa saja yang ingin mulai belajar SEO. Cara belajar SEO untuk pemula bisa dimulai dengan melakukan praktik. Sehingga bisa diketahui letak kesalahannya dan coba diperbaiki.

Aturan SEO itu tidak fix atau kaku. Aturan dan taktik terus berubah dan berevolusi sepanjang waktu.

Saat kamu sudah tahu cara kerja SEO, kamu bisa secara bertahap meningkatkan peringkat website yang dimiliki agar bisa berada di urutan teratas di mesin pencari.

Tak perlu takut untuk mencoba. Jika sudah yakin, jalankan, dan rasakan sendiri hasilnya.

Jika kamu masih ragu menilai tingkat keberhasilan penerapan SEO, kamu bisa belajar di tempat pelatihan atau kursus yang memiliki mentor-mentor berpengalaman di bidang ini.

Salah satu tempat tersebut adalah Babastudio. Tempat ini adalah tempat kursus yang telah berdiri cukup lama dan telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi. Di sini kamu bisa mendapatkan pelatihan SEO dengan mantap hingga pada akhirnya kamu mahir di bidang ini.

Mau meningkatkan pengetahuan komputer? Belajarlah di Babastudio.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Share.

About Author

Techfor Id

10 Komentar

  1. dodit554 on

    mengapa ada banyak iklan pada hasil pencarian dari pada hasil organik saat kita mencari sesuatu di sana

  2. Mengapa 55 persen remaja Amerika Serikat (AS) dan 41 persen orang dewasa AS menggunakan penelusuran suara ?

  3. khusnul jiwar on

    Kenapa aturan SEO itu tidak fix atau kaku ? Dan menapa aturan dan taktik terus berubah dan berevolusi sepanjang waktu ?

  4. Pingback: Gandeng Pakar Luar, SEOCON 2020 Siap Bekali Digital Marketer! |

  5. Pingback: Cara Meningkatkan Traffict Pada Website yang Eksplosif di Tahun 2020! |

  6. Pingback: 8 Strategi Digital Marketing terkini utuk Meningkatkan Profit Anda | TechForID

  7. Pingback: Perbedaan Search Engine Optimizer dan Search Engine Marketing |

Leave A Reply