9 Tips Jitu Buat Toko Onlinemu Sukses dan Menghasilkan Profit Besar

4

1. Desain Web yang Unik dan Menarik

Untuk membuat toko online yang menguntungkan, kamu dapat membayar sedikit untuk desainer web atau menggunakannya untuk belajar Coding. Atau, kamu bisa mendapatkan template yang sudah jadi dan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Untungnya, ada ribuan templat E-commerce yang bagus di web yang disediakan oleh situs-situs seperti TemplateMonster , TonyTemplates , Apollotheme , dan lainnya yang memiliki desain bersih, tata letak yang intuitif, dan mengikuti tren desain web terbaru.

Baca Artikel Terkait : Teori Hooked Dalam UI/UX Menurut Web Designer Ternama

2. Beriklan Di Media Sosial

Beriklan di platform media sosial adalah cara yang ampuh untuk terhubung dengan banyak pelanggan potensial dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Iklan media sosial bisa berupa apa saja, mulai dari Feedback Post Facebook yang  sederhana hingga konten gambar di Instagram

Baca Juga : Jualan Online: di Market Place atau di Media Sosial?

Berikut adalah beberapa kiat yang dapat ditindaklanjuti untuk beriklan di media sosial :

  • Sosial Media Marketing memungkinkan banyak kreativitas, jadi cobalah menerapkan kepribadian pembeli utama kamu ke dalam iklanmu.
  • Gunakan Social Media Analytic untuk melacak keberhasilan iklan kamu dan membentuk strategi tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan promosi di masa mendatang.

3. Buat Blog bermanfaat dengan SEO yang Baik

Menjalankan blog adalah peluang untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas toko. Posting yang berisi kata kunci SEO dan berisi informasi bermanfaat bagi konsumen cenderung mendapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari. Postingan blog yang berperingkat baik dan mendorong orang untuk mengunjungi situs kamu adalah batu loncatan bagi orang yang mengunjungi halaman produkmu dan menyelesaikan pembelian.

Baca Artikel Serupa : Cara Optimasi SEO Website Kamu dengan Mudah

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat blog toko online:

  • Gunakan alat SEO untuk mengukur volume pencarian bulanan dan tingkat kesulitan kata kunci. Persyaratan dengan volume pencarian bulanan tinggi dan peringkat kesulitan tinggi akan lebih sulit untuk diperingkat.
  • Gunakan Google Analytics untuk melacak tampilan halaman dari postingan blog Anda. Pertimbangkan postingan sebelumnya yang menerima banyak penayangan saat merencanakan konten di masa depan.

4. Bangun Kepercayaan Terhadap Customer dengan Ulasan yg Baik

Ulasan dan peringkat produk kamu meningkatkan kepercayaan kamu. Pembeli Online  tidak dapat bertemu penjual secara langsung, sehingga mereka mengandalkan Ulasan / Review pembeli lain untuk menilai si pedagang / barang dagangannya. Peringkat pada halaman produk menghemat waktu konsumen dengan menunjukkan dengan cepat apa pendapat pelanggan lain tentang produk tersebut.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Ulasan produk lebih meyakinkan ketika banyak. Untuk mendorong lebih banyak umpan balik, jangan malu meminta pelanggan kamu untuk meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditindaklanjuti untuk menggunakan ulasan produk:

  • Tunjukkan peringkat rata-rata dan jumlah ulasan di bagian atas setiap halaman produk dan di bagian bawah di mana kamu menampilkan konten ulasan untuk meningkatkan visibilitas umpan balik.
  • Beri insentif meninggalkan ulasan dengan menawarkan kepada pembeli diskon kecil setelah mereka melakukan pembelian jika mereka meninggalkan umpan balik yang positif.

5. Buat Toko Online yang Ramah SEO

Toko online kamu harus menerima traffic agar pembelian dapat terjadi. Namun apa Kunci untuk menghasilkan traffic ? Search Engine Optimizer (SEO). Dengan memasukkan kata kunci SEO ke dalam judul dan deskripsi produkmu, situs kamu lebih cenderung mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Peningkatan visibilitas adalah unsur utama untuk kunjungan situs yang lebih besar dan lebih banyak konversi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat situs kamu ramah SEO:

  • Gunakan Tool SEO untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian bulanan cukup tinggi.
  • Ketikkan kata kunci SEO yang kamu pertimbangkan untuk ditambahkan ke halaman produkmu.

Baca Juga : Ini Tahap Awal Belajar SEO untuk Pemula

6. Jadikan Website Tokomu, Mobile Responsive

Dengan meningkatnya penggunaan telepon seluler untuk belanja online, kamu harus memastikan bahwa desain situsnya Mobile Responsive untuk memastikan pembeli dapat melakukan pembelian, apa pun perangkat yang mereka gunakan. Kamu dapat menggunakan templat desain toko online yang sudah diatur agar responsif seluler untuk membuat situs mereka Mobile Responsive.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditindaklanjuti untuk memastikan situs kamu responsif seluler.

  • Pilih desain vertikal daripada desain horizontal untuk lebih mudah Scrolling dan melihat konten kamu di layar ponsel.
  • Uji respons seluler toko kamu dengan mengunjunginya Via Smartphone kamu dan coba jelajahi untuk memeriksa kesalahan yang mungkin timbul.

7. Mengawasi Kompetitormu

Pelanggan menelusuri toko online tentunya dengan tujuan mencari harga terendah dan pengalaman berbelanja terbaik secara keseluruhan. Untuk membuat pembeli tertarik pada toko kamu, kamu harus mengidentifikasi toko yang mirip dengan bisnis kamu sendiri yang dapat mereka bandingkan.

Apakah toko-toko mereka menawarkan kebijakan pengembalian pruduk ? Apakah mereka menawarkan pengiriman gratis atau hanya opsi berbayar? Mencari tahu apa yang membuat Kompetitor kamu lebih unggul memungkinkan kamu untuk menentukan apa yang kamu perlu ubah tentang bisnis kamu untuk menarik pelanggan yang loyal dan menarik pembeli baru.

Baca Juga Artikel Terkait : Ketahui faktor- faktor penting dalam dunia Marketplace

Berikut adalah beberapa cara untuk menilai pesaing kamu :

  • Cari produk seperti milikmu di pencarian google, tidak hanya di toko online lainnya. Tempat-tempat seperti Amazon dan eBay adalah indikator hebat dari tingkat harga kompetitif untuk produk dan industri kamu. Gunakan tarif mereka sebagai patokan untuk harga kamu sendiri untuk menarik lebih banyak pembeli.
  • Pertimbangkan desain Web pesaing, bukan hanya penawaran produk menarik, lihat juga desain web mereka. Seberapa menarik desain tersebut dalam menarik pelanggan, dan jadikan hal tersebut sebagai referensi untuk mengembangkan Toko online kamu

8. Gunakan Foto Produk Dengan Resolusi Tinggi

Manusia adalah makhluk visual. Mereka memproses gambar dalam 1/10 detik dan memahami informasi visual 60.000 kali lebih cepat daripada kata-kata. Dengan kecenderungan alami ini terhadap visual, gambar produk membuat kesan yang kuat dan langsung pada pembeli. Sangat penting untuk menggunakan foto yang jelas dan beresolusi tinggi yang menyoroti detail produk untuk menarik pembeli dengan cepat tanpa kehilangan perhatian mereka.

Tampilkan beberapa sudut produk kamu dengan foto sehingga pembeli dapat sepenuhnya membayangkan item dan mengetahui semua detailnya. Tidak dapat melihat produk secara langsung, pembeli akan merasa lebih aman dengan pembelian online mereka jika mereka memiliki pemahaman visual yang lengkap tentang barang tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan foto produk beresolusi tinggi:

  • Aktifkan Tool foto 360 derajat pada halaman produk sehingga pembeli dapat melihat seluruh tampilan produk.
  • Berikan fitur zoom pada foto produk sehingga pembeli dapat memeriksa barang-barang Anda dengan lebih detail.

9. Lakukan Tracking & Analytic Terhadap Perkembangan Toko kamu

Pemilik toko online tidak dapat meningkatkan strategi pertumbuhan mereka tanpa memantau kemajuan mereka. Cara terbaik untuk melacak aktivitas penjualan kamu dan perilaku pelanggan adalah dengan menggunakan Tool seperti Google Analytics. Program ini memberi penjual metrik yang jelas tentang toko mereka, seperti persentase penjualan produk, jumlah kunjungan halaman situs, dan jumlah Shopping Cart (Keranjang Belanja) yang ditinggalkan.

Lacak terus metrik penjualan kamu dengan Analytics sehingga kamu dapat membentuk wawasan jangka panjang tentang cara melibatkan pelanggan secara lebih efektif dan mendorong lebih banyak pembelian.

Berikut adalah beberapa cara untuk melacak dan mengulangi aktivitas penjual dengan Google Analytics:

  • Saat kamu menyiapkan Analytics dengan tokomu, aktifkan fitur ” pelacakan E-Commerce yang ditingkatkan ” untuk beragam wawasan tentang aktivitas penjual kamu.
  • Buat Segmen di Google Analytics untuk membentuk wawasan berbasis data pada grup pembeli utama kamu. Petunjuk untuk menyiapkan Segmen ada di sini .

Sumber : Sellbrite

Share.

About Author

Techfor Id