Ketahui faktor- faktor penting dalam dunia Marketplace

3


Aktivitas jual beli secara online memang sedang pada puncaknya, sebelum membahas lebih lanjut tentang faktor – faktor bagaimana berjualan online di marketplace, ketahui dulu apa itu marketplace.

Marketplace berbeda halnya dengan online shop, marketplace adalah situs yang bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi jual beli online dengan menyediakan tempat dan fasilitas pembayaran, kalau online shop adalah platform tanpa pihak ketiga, yaitu melalui toko secara online.

Ada dua jenis kerja sama di situs Marketplace Indonesia:

  1. Marketplace Murni
  2. Marketplace Konsinyasi

Jenis situs marketplace murni itu hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran, diberikan keleluasaan lebih banyak.

Sedangkan jenis situs Konsinyasi jenis kerjasama seperti titip barang, jadi penjual melakukan konsinyasi dengan situs e-commerce. Jadi perbedaan yang mendasar terdapat pada tanggung jawab penjual dan alur transaksinya.

Banyaknya peluang yang diciptakan menjadikan orang untuk segera masuk ke marketplace, adapun beberapa poin yang dapat dirangkum tentang faktor penentu dalam berjualan online di Marketplace yaitu:

Yang pertama page one, yang kedua adalah tampilan toko, ketiga pelayanan, keempat harga dan kualitas, dan kelima promo dan diskon.

  1. Page one

Faktor ini yang paling penting dan menjadi penentu, kenapa page one itu penting? Page one adalah halaman pertama, jadi ketika membuka salah satu marketplace.

Contohnya seperti Shopee, tujuan login ke dalam situs pasti untuk mencari sesuatu barang, beda halnya seperti melakukan login ke dalam aplikasi instagram, tujuannya pasti upload foto atau bersosial.

Ketika meng-install aplikasi Shopee yang menjadi tujuan positif hanya ada 2 kemungkinan, kalau tidak membeli pasti akan berjualan, kalau untuk  buyer atau pembeli begitu masuk ke aplikasi Shopee pasti sudah langsung terlihat promo atau presale yang ditampilkan.

Tampilannya sudah terlihat produk-produk yang ingin ditampilkan dan di promosikan oleh Shopee, itu yang saya sebut dengan page one, halaman pertama.

Jadi ketika login kedalam aplikasi, dan ingin membeli barang, langkah yang dilakukan adalah mencari barang tersebut di pencarian, contohnya jilbab, “aku butuh jilbab”, kata yang di pencarian itu pasti seperti “jilbab wanita” atau “jilbab instan” atau ada kata lainnya.

Produk-produk yang muncul di halaman pertama itu yang disebut page one, halaman pertama, karena ada halaman berikutnya, kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.

Jika misalnya produk yang dijual berhasil muncul di page one itu berarti sudah ada kemungkinan besar pembeli akan memilih produk tersebut,

Karena biasanya sifat konsumen itu kalau tidak menemukan produk di page one maka akan mengganti kata kunci, yang sebelumnya jilbab instan, berganti menjadi hijab instan, itu sudah beda kata kunci.

  • Tampilan toko

Tampilan toko juga sangat berperan penting dalam hal marketplace, Setelah berhasil masuk ke page one terus bisa memikat pelanggan untuk klik produk yang dijual, setelah itu pembeli akan melihat ke toko tersebut, mencari tau toko tersebut menjual apa saja dan barang barang apa saja yang tersedia.

Itulah mengapa tampilan yang menarik sangat menentukan pembeli agar tetap nyaman dan mudah melakukan aktivitas tersebut.

  • Pelayanan

Selanjutnya dalam hal pelayanan, kalau pembeli mempunyai uang, pasti pembeli tidak hanya sekedar melihat lihat barang, langkah yang akan dilakukan adalah bertanya berapa biaya pengiriman.

Contoh nya pengiriman ke luar dan dalam kota apakah mendapatkan biaya sama atau berbeda, selanjutnya bertanya tentang proses transfer atau pengiriman bagaimana, melaui apa dan lain-lain.

Peran tersebut sangat berpengaruh dengan feedback yang didapatkan konsumen tentang apakah merasa senang atau sebaliknya.

  • Harga dan Kualitas

Keempat ada harga dan kualitas, harga itu bisa masuk ke tampilan juga di page one dan dengan kualitas, kualitas itu dapat diartikan seperti di online ini tidak menjual barang tetapi yang dijual disini adalah foto.

Jadi yang harus dilakukan adalah menggunakan foto dengan resolusi terbaik, dan seterang mungkin serta yang paling penting harus terlihat seperti aslinya dengan kondisi barang yang ada, jadi jangan membuat hal yang aneh, seperti halnya menjual jilbab akan tetapi  memasang foto kaos, itu akan sangat tidak relevan.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

  • Promosi dan Diskon

Promosi dan diskon, jadi ketika konsumen ingin berbelanja 1 barang, penjual memberikan diskon seperti “beli dua gratis satu” dan sesuai dengan uang yang dimiliki pelanggan, maka konsumen akan menambah 1 lagi.

Oleh karena itu, hal tersebut akan sangat membantu menyempurnakan keempat hal di atas yang sudah di bahas.

Jadi kesimpulannya adalah 1 sampai 5 faktor ini saling berkaitan satu dengan lainnya, jika tidak ada salah satu pasti akan sangat rugi,

Contoh misalkan pengguna memliki tampilan yang sangat bagus, pelayanan yang sangat baik dan nyaman, memiliki harga yang baik, promo dan diskon ada, akan tetapi tidak tampil pada page one,

Artinya tidak ada yang lihat, begitu juga dengan salah satu misalnya pelayanan yang buruk, seperti merespon konsumen dengan jangka waktu yang lama, maka hal tersebut mengakibatkan konsumen tidak jadi membeli barang.

Share.

About Author

3 Komentar

  1. Azkadina on

    bagaimana memilah online shop yang jujur dan yang tidak? temanku ada yang beli barang di olshop dan ngeliat respon customernya bagus tapi pas dia beli barang nya ngga dateng2 🙁

  2. Pingback: 9 Tips Jitu Buat Toko Onlinemu Sukses dan Menghasilkan Profit Besar |

  3. Pingback: 7 Alasan Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis Anda | TechForID

Leave A Reply