cryptocurrency LIBRARY (BELAJAR CRYPTO)

Penentu Harga dan Nilai Bitcoin

Written by Techfor Id

Saat ini harga Bitcoin jika kita bandingkan dengan rupiah akan memiliki rentang yang sangat jauh. Pernah hingga menyentuh angka 700 juta rupiah untuk 1 BTC. tetapi faktor apa yang menjadi penentu harga dan nilai Bitcoin?

Berbagai Faktor Penentu Harga dan Nilai Bitcoin

Melakukan investasi menggunakan Bitcoin akan berbeda saat kita berinvestasi dalam mata uang pada umumnya atau pada saham. Karena sifat Bitcoin yang tidak terdesentralisasi, atau tidak ada campur tangan pemerintahan dalam produksi dan penyebaran. Juga tidak ada neraca perkembangan laba rugi saat kita berinvestasi saham.

Tentu saja harga dan nilai Bitcoin tidak muncul secara ajaib begitu saja. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi secara aktif.

Baca Artikel Bitcoin Lainnya :

Pasokan dan Permintaan akan Bitcoin

Sudah menjadi lazim dalam hukum ekonomi, jika semakin rendah pasokan dan permintaan tinggi, secara otomatis nilai barang tersebut akan naik. Hal tersebut juga berlaku untuk Bitcoin.

Secara sistem, Bitcoin memiliki batasan produksi tertentu dan tidak bisa memberikan produksi baru setelah batas limit tersebut. Batasan produksi untuk Bitcoin hanya 21 juta Bitcoin saja, setelah melewati batas tersebut, mining tidak akan menghasilkan Bitcoin.

Kemudian secara protokol, semakin banyak Bitcoin yang beredar akan memperlambat pertumbuhan Bitcoin. Dengan kedua hal tersebut, bisa menjadikan nilai Bitcoin mengalami perubahan pada tiap waktunya.

Persaingan Juga Mempengaruhi Nilai dan Harga Bitcoin

Sama seperti dalam produk apapun persaingan dapat mempengaruhi nilai suatu barang. Dunia cryptocurrency terus berkembang, bisa jadi tahun ini akan muncul mata uang crypto yang lebih menarik dan populer dari Bitcoin. Walaupun hingga saat ini, masih Bitcoin yang merajai popularitas mata uang crypto.

Biaya Produksi Bitcoin

Mining atau penambangan Bitcoin adalah cara untuk memproduksi Bitcoin, dengan cara memecahkan kode blok dari matematika kriptografi. Penambangan ini juga membutuhkan sumber daya khusus. Seperti sumber daya listrik, tentu saja dengan komputer dengan spesifikasi tertentu.

Uniknya, dalam sistem kerja penambangan Bitcoin. Semakin banyak penambang yang mengerjakan satu blok, akan meningkatkan kerumitan dalam penambangan itu sendiri. Oleh karena hal tersebut semakin lama nilai Bitcoin bisa semakin meningkat.

Ketersediaan Bitcoin Pada Bursa Cryptocurrency

Beredarnya Bitcoin pada bursa pertukaran cryptocurrency juga secara aktif mempengaruhi nilai dan harga Bitcoin. Selayaknya pertukaran mata uang tradisional ataupun pada saham, saat semakin banyak melepaskan Bitcoin pada pasar, nilainya akan semakin turun.

Hanya saja, ada kondisi tertentu para investor Bitcoin dengan kuantitas besar menahan beredarnya Bitcoin. Mungkin dengan alasan harga Bitcoin saat itu tidak menguntungkan bagi mereka.

Nilai dan Harga Bitcoin Terpengaruh Sentimen dan Peraturan Pemerintah

Peraturan pemerintah selalu memberikan sentimen tertentu terhadap kepercayaan investor terhadap suatu produk, termasuk Bitcoin dan cryptocurrency lain. Penetapan peraturan atas beredarnya Bitcoin sebagai mata uang yang diakui negara sebagai alat transaksi memiliki dampak besar.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah akan mempermudah segala akses terhadap transaksi Bitcoin. Termasuk dalam hal penambangan, penyimpanan, investasi serta terbentuknya perusahaan kustodian. Secara otomatis akan meningkatkan permintaan dan kepercayaan kepada cryptocurrency.

Kesepakatan Bersama Atas Bitcoin

Karena tidak adanya otoritas pusat, perkembangan Bitcoin sangat bergantung kepada kesepakatan komunitas yang menggunakan Bitcoin. Hal ini mencakup banyak hal sekaligus, seperti penggunaan perangkat lunak, sistem produksi dan lain sebagainya. Pastinya akan mempengaruhi penyelesaian setiap transaksi Bitcoin.

Cepat atau tidaknya transaksi yang bisa terselesaikan dalam satuan waktu tertentu, bisa jadi alasan investor mengalihkan modalnya pada crypto lain yang lebih cepat. Untuk saat ini, rata-rata dalam 1 detik, hanya 3 transaksi yang bisa selesai. Tidak menjadi masalah jika transaksinya hanya sedikit, tetapi dalam jumlah tertentu, hal ini bisa jadi sangat mengganggu.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penentu harga dan nilai Bitcoin. Tinggi atau rendahnya bisa sangat bergantung kepada komunitas dan pengembang pengguna Bitcoin.

Baca Techformation Sebelumnya :

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin Exchange ?

Dis : TechforID bukanlah penasehat keuangan dan artikel ini tidak dapat di jadikan panduan untuk Anda ber investasi. Perlu disadari bahwa investasi crypto memiliki resiko yang tinggi!

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]