TechforID – Perusahaan otomotif Jepang Nissan dan Toyota jadi perusahaan global terbaru yang berminat gabung ke dunia virtual metaverse. Hal ini dinyatakan pada laporan mereka yang meluncurkan ruang pameran mobil virtual.
Tak hanya itu, konon pihak Toyota bahkan menciptakan kantor cabang juga di dunia ini dengan harapan memperkuat kehadirannya di metaverse.
Bergabungnya Nissan dan Toyota membuat keduanya terhubung dengan rekan-rekan Eropa mereka seperti Volkswagen dan Marcedes Benz dalam memanfaatkan teknologi dan trend metaverse.
Mengutip dari Nikkei Asia, pihak Nissan membuat ruang pameran virtual tersebut mirip dengan galeri Tokyo Nissan Crossing versi dunia fisik. Ruangan ini nantinya bisa dipakai untuk peluncuran kendaraan baru dan acara lainnya.
Baca juga : Toyota Pamerkan Konsep Innova EV di Ajang IMMS Indonesia
Di situs webnya, Nissan Motor Corporation menyatakan bahwa melalui metaverse, menciptakan kemungkinan tak terbatas untuk layanan dan komunikasi.
Di sisi lain, Toyota dilaporkan membuat cabang ruang kerja virtual untuk beberapa departemen dan anak perusahaannya.
Lewat penggunaan avatar, karyawan dikantor itu ikut ambil bagian dalam rapat perusahaan dan mengobrol satu sama lain.
Tim pengembangan teknis dan HRD di Toyota sendiri sudah memanfaatkan ruang kerja virtual dan ada rencana untuk memperluas ke divisi lain.
Sementara itu, perwakilan Toyota menyatakan pandemi Covid-19 dan pembatasan terkait pergerakan manusia telah mengilhami keputusan pembuat mobil untuk meluncurkan ruang kerja virtual di metaverse.
“Dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah / virtual karena virus corona, kami menyediakan karyawan muda dan opsi komunikasi lainnya di dalam perusahaan,” kata perwakilan produsen mobil yang tidak disebutkan namanya.
Baca artikel selanjutnya :